4 Inilah Perbedaan Investasi Saham dan Trading Saham

KABARMEDANKU.com – Apakah investasi saham dan trading saham sama atau berbeda? Jawabannya pasti berbeda dari segi time frame, prinsip dan aktivitas saham. Namun demikian, beberapa orang sering berpikir dengan cara yang sama.

Meski keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencari keuntungan, ternyata berinvestasi saham berbeda dengan trading saham.

Perbedaan utama mereka adalah durasinya. Fokus investasi adalah waktu dalam tempo panjang dan trading adalah perdagangan jangka pendek.

Ini membentuk perbedaan antara strategi, prinsip, dan tindakan. Masing-masing kegiatan keuangan ini dibahas untuk perincian lebih lanjut.

Perbedaan Antara Investasi Saham dan Trading Saham

Berinvestasi adalah tindakan mengumpulkan aset dengan harapan akan menghasilkan keuntungan di masa depan. Secara khusus, dalam kasus investasi saham, ini mengacu pada tindakan membeli saham, menyimpannya, dan kemudian menjualnya kembali nanti.

Dalam berinvestasi saham, investor biasanya tidak terlalu fokus pada naik turunnya suatu harga saham, melainkan pada harga saham yang akan naik lagi nantinya.

Secara umum, trading saham dilakukan dalam dua arah penting: investasi saham dan trading saham. Mungkin ada dua orang yang membeli saham untuk investasi saham dan trading saham, tetapi arah yang berbeda memberikan keuntungan yang berbeda. Perbedaan investasi saham dan trading saham adalah sebagai berikut:

✅Baca Juga:  Begini Hasil Keuntungan Berinvestasi Reksadana

1. Dasar Pemilihan Saham

Investasi dan trading saham memiliki kriteria yang berbeda untuk pemilihan saham. Dalam investasi saham, keuntungan ini ditargetkan untuk jangka panjang.

Oleh karena itu, investor ekuitas sebaiknya memilih saham yang berkinerja baik atau masuk dalam kategori blue-chip atau LQ45. Namun demikian, analisis dasar yang terperinci diperlukan.

Dalam trading saham, pedagang tidak menganalisis masalah mendasar sebelumnya. Seorang trader secara teknis menganalisis pergerakan harga saham itu sendiri. Tujuannya agar trader bisa menentukan poin dan tujuan untuk profit yang optimal.

2. Target Investasi

Secara garis besar, berinvestasi dalam saham dan trading pada dasarnya adalah tentang menghasilkan keuntungan. Keuntungan dari trading saham disebut dividen dan capital gain. Kedua keuntungan ini dikenakan investasi saham.

Di sisi lain, jika tujuannya adalah trading saham, tujuannya hanya capital gain. Pasalnya, dividen dari trading saham dibagikan satu atau dua kali dalam setahun. Trader juga akan mencari saham-saham yang fluktuatif dan mengincar saham-saham lain yang fluktuatif dari waktu ke waktu.

✅Baca Juga:  Pahami Jenis Tanah untuk Investasi Properti

3. Zona Waktu yang Berbeda

Ada perbedaan antara saham dan trading saham. Berinvestasi dalam saham mengacu pada investasi dan target keuntungan jangka panjang adalah 5 hingga 10 tahun ke depan. Trading , di sisi lain, mengacu pada kegiatan yang menghasilkan uang dalam waktu singkat, dari satu tahun hingga beberapa hari.

4. Panggilan Pemain Lain

Yang dimaksud dengan call disini adalah orang yang berinvestasi saham atau memperdagangkan saham itu sendiri. Orang yang berinvestasi di saham disebut “investor”. Seseorang yang memperdagangkan saham disebut “pedagang”.

Pilih investasi saham atau trading saham?

Setelah mengetahui perbedaan antara saham dan trading saham, Anda akan ditanya mana yang lebih menguntungkan: berinvestasi saham atau trading saham. Sebaiknya hindari pertanyaan ini. Fokus pada jenis investasi yang lebih baik untuk Anda.

Dari perbedaan di atas, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

✅Baca Juga:  Pahami Aspek Penting Mengatur Strategi Sebelum Investasi

Jika arah Anda untuk saham adalah pada pengembalian jangka panjang, Anda lebih cocok untuk berinvestasi di saham. Kemudian Anda akan mempelajari teknik analisis dasar.

Jika arah Anda lebih dekat dengan hasil jangka pendek (untuk mata pencaharian utama Anda), maka trading saham adalah pilihan yang lebih baik. Kemudian Anda belajar analisis teknikal (technical analysis).

Baik berinvestasi saham maupun trading saham memiliki potensi keuntungan dan potensi kerugian. Yang terpenting, sebelum Anda memilih untuk berinvestasi atau berdagang saham, Anda harus terlebih dahulu mempelajari keduanya dan memahami perbedaan antara investasi saham dan trading saham sehingga Anda bisa mendapatkan investasi yang Anda inginkan.

Harap dicatat bahwa umat Islam harus berinvestasi di saham syariah. Karena trading tidak diperbolehkan dalam Islam.

Untuk Pembahasan Tentang Investasi Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.