5 Cara Mencegah Kaki Luka dan Lecet Karena Sepatu

KABARMEDADNKU.com – Cara mencegah kaki luka dan lecet karena sepatu. Kaki tergores akibat penggunaan sepatu tentu sangat mengganggu. Lepuh ini bisa menyakitkan, terutama saat digosok atau terkena air.

Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mencegah lecet pada sepatu Anda. Lihat deskripsi lengkapnya di bawah ini.

5 Cara untuk mencegah lecet pada sepatu Anda

Salah satu penyebab kaki melepuh akibat sepatu yang paling umum adalah ukuran sepatu yang salah. Pasalnya, banyak orang yang masih membeli sepatu tanpa mempertimbangkan ukuran kakinya.

Keringat juga dapat menyebabkan gesekan antara sepatu dan kaki sehingga menyebabkan lecet.

Berikut beberapa cara mencegah kaki melepuh akibat sepatu yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan lakban kertas

Salah satu cara untuk mencegah lecet pada kaki Anda dari sepatu adalah dengan menggunakan pita kertas di belakang pergelangan kaki Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Journal of Sport Medicine menemukan bahwa pelari juga menggunakan pita kertas untuk mencegah lecet pada kaki mereka. Tempelkan selotip kertas di belakang tumit untuk menghindari goresan.

✅Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Masker Arang aktif di Rumah

2. Pakai kaus kaki

Jika ukuran sepatu Anda pas tetapi kaki Anda sering melepuh, coba kenakan kaus kaki. Kaus kaki yang terbuat dari bahan yang lembut dapat membantu mencegah gesekan pada kaki dan mencegah lecet.

Biasakan untuk selalu memakai kaus kaki saat memakai sepatu. Selain mencegah bau kaki, kaos kaki bisa mengurangi risiko kaki melepuh.

3. Belilah sepatu yang sesuai dengan ukuranmu

Ada baiknya Anda mencoba sepatu sebelum membelinya. Ini akan sesuai dengan ukuran sepatu Anda yang biasa, tetapi Anda harus menyesuaikannya agar pas dengan kaki Anda.

Kemudian kenakan sepatu ini dan berjalanlah. Jika nyaman dan bebas gesekan, Anda bisa membelinya.

4. Tekuk sepatu baru Anda

Terkadang sepatu baru masih memiliki bahan yang kaku. Jika Anda memakai sepatu sendiri untuk aktivitas, kaki Anda mungkin akan melepuh.

✅Baca Juga:  Bahaya Bulu Mata Keriting Yang Harus diwaspadai

Untuk menghindarinya, kenakan sepatu Anda terlebih dahulu di rumah dan lakukan aktivitas ringan selama beberapa hari. Jika bahannya mulai bengkok, Anda bisa menggunakannya untuk aktivitas berat di luar rumah.

5. Oleskan Vaseline

Sebelum memakai sepatu Anda, oleskan Vaseline ke area kaki Anda yang rentan terhadap lecet. Seperti dilansir eMediHealth, Vaseline dapat membantu mencegah lecet dengan melembutkan gesekan antara kaki dan sepatu.

Cara Mengobati Lecet Secara Alami di Sepatu Anda

Jika kaki Anda lecet karena memakai sepatu, berikut beberapa cara alami untuk mengobati kaki Anda:

Lidah buaya

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology menemukan bahwa lidah buaya mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat mengobati lecet pada kaki Anda.

Tanaman ini juga mengandung glukomanan, yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Untuk mencobanya, cukup oleskan gel lidah buaya alami pada kaki yang terluka.

✅Baca Juga:  Pelajari tentang Panthenol, Bahan kimia Yang Menghidrasi kulit Anda

Minyak zaitun

Berbagai bahan bioaktif dalam minyak zaitun dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi. Inilah sebabnya mengapa minyak zaitun dianggap meredakan peradangan di sekitar lepuh.

Jika ingin mencobanya, siapkan 2-3 tetes minyak zaitun dan 1-2 tetes minyak almond (sebagai carrier oil). Kemudian campur keduanya dan oleskan dengan lembut ke lepuh.

Madu

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Integrative Medicine Insights menemukan bahwa madu mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan di sekitar lepuh, sehingga mencegah risiko infeksi.

Gunakan kain kasa steril dan oleskan sedikit madu. Setelah itu, tempelkan pada blister.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk hasil pengobatan yang optimal. Kemudian, dokter Anda mungkin meresepkan obat-obatan untuk membantu mengobati lepuh.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.