5 Komponen Sepeda Motor yang Harus diperiksa Saat Musim Hujan

KABARMEDANKU.com – 5 Komponen Sepeda Motor yang Harus diperiksa Saat Musim Hujan. Banyak daerah yang saat ini sedang musim hujan, sehingga kita perlu lebih waspada. Selain itu, kondisi sepeda motor juga perlu lebih diperhatikan agar tetap optimal dan terawat.

Muslian, Service Manager PT Thamrin Brothers (main dealer Yamaha Sumsel & Bengkulu), mengatakan seharusnya tidak ada masalah saat menggunakan sepeda saat hujan.

“Karena kita menghadapi kondisi hujan, pengendara sepeda motor perlu lebih berhati-hati saat di jalan. Tidak hanya itu, tetapi juga di musim hujan untuk menghindari kondisi yang mengganggu fungsi sepeda yang digunakan untuk beraktivitas. Kita juga perlu melakukan perawatan pada sepedanya,” kata Musrian dalam keterangan resminya.

✅Baca Juga:  9 Tips Samarkan Cat Mobil Belang Dengan Mudah dan Cepat

Muslian kemudian menyatakan ada enam komponen yang harus diperhatikan pemilik sepeda motor.

1. Pembersihan sepeda motor

Disarankan untuk membilas motor setelah terkena hujan. Selain membuat kondisi menjadi lebih bersih dan enak dipandang, tujuan lainnya adalah untuk menghindari gangguan pasir dan kotoran yang dapat merusak komponen sepeda motor.

2. Busi

Jika motor terpaksa melewati genangan air yang cukup tinggi, Anda perlu memastikan mesin dalam keadaan mati. Namun, jika motor sudah melewati genangan air dan gagal, mungkin ada masalah dengan sistem pengapian.

Periksa busi, kepala busi, dan tutup busi. Jika terkena air, disarankan untuk melepas kepala busi, membersihkannya, membiarkannya kering, lalu memasangnya kembali. Juga, jika pengendara sepeda motor tidak tahu cara membuka busi, ada baiknya menghindari genangan air yang tinggi. Jika genangan air rusak, hubungi mekanik dealer resmi sehingga Anda dapat mengambilnya di sana.

✅Baca Juga:  CFMOTO Resmi Hadir Di Tanah Air Indonesia 2021

3. Ban

Periksa tekanan ban untuk memeriksa kondisi ban dan pola tapak. Disarankan untuk memastikan bahwa tekanan ban tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah dan ban tidak gundul untuk mencegah selip yang dapat membahayakan pengendara di musim hujan.

4. Knalpot

Motor bisa gagal jika melewati genangan air, terutama genangan air yang cukup tinggi untuk masuknya air ke ventilasi. Dianjurkan untuk tidak segera menghidupkan motor jika knalpot masuk dan tenggelam ke dalam air.

✅Baca Juga:  5 Tips Merawat Electrick Power Steering Agar Tahan Lama

Cara terbaik adalah menghubungi bengkel resmi setempat Anda untuk diproses. Selain itu, disarankan untuk menghindari atau mencari jalur dan jalan alternatif lain.

5. Rem

Saat kampas rem terkena hujan, mereka mengeluarkan suara, terutama dengan kekuatan yang cukup. Perawatan sangat mudah. Artinya, cukup lepaskan komponen, lalu keringkan dan bersihkan. Jika kampas rem sudah aus, maka harus diganti.

Informasi untuk pengecekan komponen saat hujan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang menyukai sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.