5 Rekomendasi Emulator PS3 Terbaik untuk PC

KABARMEDANKU.com – Bagi pecinta PlayStation, rekomendasi emulator PS3 bisa menjadi solusi nostalgia mereka. Emulator memungkinkan Anda memainkan berbagai game PS3 di PC Anda.

Di tengah desas-desus tentang kemunculan Playstation 5, dapat dikatakan bahwa minat masyarakat terhadap Playstation 3 (PS3) masih cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya rental PS3. Anda masih bisa memainkan game PS3 di PC melalui emulator PS3.

Ya, sama seperti game konsol lainnya, akhirnya Anda dapat menikmati PS3 melalui PC. Sebelumnya, Anda mungkin sudah mengenal beberapa emulator yang akhirnya membawa konsol ke PC gaming.

Dari PCSX2 untuk PS1 dan PlayStation 2 dengan ePXSe hingga emulator PPSSPP hanya untuk game PSP.

Seiring waktu, PS3 akhirnya mendapatkan emulator sendiri. Pada awalnya, banyak orang yang skeptis tentang apakah konsol PS3 dapat dimainkan di PC, karena program mesin konsol PS3 cukup kompleks dan beberapa pengembang mengalami kesulitan bahkan untuk membawa game konsol ke dalamnya.

✅Baca Juga:  5 Game Open World Paling Banyak Di Mainkan Gamer Steam

PS3, seperti dikutip oleh DigitBin, adalah konsol pertama yang menggunakan Bluray Disc sebagai penyimpanan utamanya. Jadi, konsol ini adalah yang paling populer pada masanya.

Beberapa game PS3 sama populernya dengan konsol, termasuk Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots, COD4: Modern Warfare, Last of Us, Persona 5, Mass Effect 2, dan banyak lagi.

Apa itu Emulator PS3?

Emulator pengontrol PS3 ini adalah perangkat lunak gratis dengan akses multi-sistem SDL. Anda dapat menggunakan Mednapen dan bermain game melalui keyboard atau joystick. Maka pengalaman bermain game Anda akan lebih menyenangkan.

Jadi, kamu tetap bisa memainkan game PS3 menggunakan emulator untuk PC. Namun, emulator ini harus diunduh dari situs resminya. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

Rekomendasi Emulator PS3 untuk PC

Berikut beberapa rekomendasi dari Kabarmedanku untuk game emulator PS3 yang bisa kamu gunakan di PC Windows atau Mac kamu.

1. RPC3

RPCS3 adalah emulator game PS3 yang paling populer dan banyak diunduh. Anda dapat menggunakan emulator ini secara gratis dan tampilannya juga sederhana.

✅Baca Juga:  Guide dan Build Johnson Mobile Legends Terbaru Payah Mati

Emulator ini pertama kali dirilis pada tahun 2017. Saat ini, ada sekitar 1.337 game yang sudah berjalan di RPCS3. Emulator ini juga dapat berjalan di sistem operasi apa pun. Anda juga bisa menggunakan emulator RPCS3 di PC dengan RAM hanya 2GB.

2. PPSSPP

PPSSPP juga dapat berjalan di Windows, macOS dan Linux. Anda dapat mengunduh emulator PS3 untuk PC hanya dengan RAM 2GB. Menggunakan emulator PPSSPP juga sangat mudah dan user friendly.

3. Mednafen

Mednafen adalah emulator yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game PS3 dan Nintendo. Emulator pengontrol PS3 ini adalah perangkat lunak gratis dengan akses multi-sistem SDL.

Anda dapat menggunakan Mednapen dan bermain game melalui keyboard atau joystick. Maka pengalaman bermain game Anda akan lebih menyenangkan.

4. PSeMu3

✅Baca Juga:  Ayo Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Hero Odette Mobile Legends

Emulator PS3 online yang bisa kamu gunakan adalah PSeMu3. Emulator ini memiliki sejumlah fitur keren yang memudahkan dalam bermain game.

Anda hanya membutuhkan sedikit ruang untuk mengunduh emulator ini. Emulator juga dapat berjalan di PC dengan sistem prosesor kelas menengah.

5. ESX PS3

Selanjutnya kita memiliki pengontrol emulator PS3 yang disebut ESX PS3. Emulator ini mudah digunakan dan dapat dijalankan di banyak jenis game PS3.

Untuk bisa menggunakan emulator ESX PS3, hanya perlu mempersiapkan RAM yang berkapasitas 1GB dengan CPU minimal prosesor Intel sekitar 2.5GHz.

Itulah lima rekomendasi emulator PS3 yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game PS3 melalui PC. Buat kenangan indah dengan game klasik yang keren di PS3!

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.