10 Cara Yang Harus dipersiapkan Sebelum Mengontrak Rumah

KABARMEDANKU.com – Cara yang harus dipersiapkan sebelum mengontrak rumah. Tersedianya tempat kosong di beberapa kota besar semakin tipis, karena telah dibangun bangunan tempat tinggal dan beberapa gedung.

Ini membuat harga properti makin melambung tinggi. Mengontrak rumah ialah jalan keluar untuk memperoleh tempat tinggal pada harga yang dapat dijangkau walau tidak bisa punyai.

Mempunyai rumah sendiri ialah mimpi semua orang terutamanya yang barusan menikah. Namun harga rumah yang saat ini tinggi sekali, jadikan dana tidak dapat tutupi kemauan itu. Walau sebenarnya rumah ialah keperluan primer untuk saat ini sampai masa datang.

Nach, dengan mengontrak rumah, kelihatannya akan jadi jalan keluar yang terbaik. Ya walau banyak golongan menjelaskan mengontrak rumah benar-benar tidak bagus untuk keuangan keluarga, tetapi ya bagaimana kembali, ini jalan keluar paling akhir.

Kembali juga, harga sewa rumah kontrak bermacam, ada yang di bawah Rp 10 juta sampai beberapa puluh juta /tahun.

Sebelumnya kamu betul-betul mengontrak rumah, seharusnya siapkan ini.

1. Tanya Permasalahan Perpanjangan Sewa

Yang tidak kalah penting ialah permasalahan perpanjangan sewa. Terutamanya permasalahan waktu perpanjangannya bila kamu ingin tinggal kembali di dalam rumah itu.

Atau saat ingin menghentikan sewa, walau sebenarnya belum habis masa kontraknya. Beberapa proses masalah semacam ini perlu ditetapkan sejak awal.

2. Cek Keadaan Rumah

Bila kamu telah pas dan ingin tempati rumah itu, janganlah lupa cek keadaan tempat tinggalnya sekali lagi untuk terakhirnya dan yakinkan bersama pemilik rumah.

✅Baca Juga:  Mau Investasi Rumah Tapi Gaji Masih 2 Jutaan? Ikuti Cara Ini

Apa lagi bila rumah yang disewa telah ada perabotnya, perlu ditegaskan kehadirannya dan keadaannya bersama pemilik rumah.

Dokumenkan semua berbentuk video atau foto sebagai bukti bila kelak terjadi kerusakan atau persoalan. Apa lagi sisi bangunan yang sebetulnya telah rusak terlebih dulu.

3. Samakan harga dan lokasi

Poin utama dalam sewa rumah yang pertama kalinya ialah menelusurinya berdasar harga dan lokasi. Ke-2 factor ini menjadi pemasti untuk jadi pemikiran dalam sewa rumah.

Tidak boleh sekedar cari rumah yang penampilannya bagus saja, tetapi pada akhirannya menganiaya keuangan rumah tangga. Itu tidak arif.

4. Perjelasan Permasalahan Beberapa biaya

Dalam sewa rumah terkadang biaya tidak sekedar untuk kontraknya saja. Permasalahan beberapa biaya yang tersangkut rumah seperti pemakaian listrik, air, pembaruan, pajak rumah, dan lain-lain perlu dibicarakan.

Perjelas mana saja biaya yang bisa jadi tanggung-jawab kamu sebagai penyewa.

Ini perlu dipertegas supaya tidak ada persoalan di masa yang akan datang. Dan mempermudah kamu dalam mengalokasikan dana.

5. Yakinkan Kesepakatan Sewa Rumah Yang Sesuai

Dalam sewa rumah yakinkan harus ada kesepakatan kontraknya. Kesepakatan sewa ini harus berbentuk hitam di atas putih, bukan sekedar perkataan verbal saja.

Supaya saat ada beberapa hal yang di luar persetujuan awalnya, dapat dituntaskan sesuai persetujuan yang telah dibikin.

✅Baca Juga:  Begini Cara Angsuran KPR Lancar dan Mudah

Kamu perlu ketahui apa isi perjanjiannya, yakinkan jika isi perjanjiannya sama pas. Jika ada yang tidak, tanya. Tidak boleh takut bertanya ke yang sewa. Apa lagi bila tersangkut beberapa biaya.

6. Sadarilah Bila Kamu Kelak Akan Ada di Lingkungan Baru

Dengan mengontrak rumah, itu maknanya kamu akan berpindah di lingkungan yang baru. Etikanya jadi orang baru dalam suatu lingkungan pasti harus turut bercampur dan yang paling penting ialah ketahui ketentuan yang berada di lingkungan itu.

Tanya pada RT di tempat bagaimana tradisi istiadat atau ketentuan di lingkungan itu.

Ini penting, supaya kamu kelak dapat aman serta nyaman jadi sisi masyarakat baru di lingkungan itu. Untuk apa dapat memperoleh rumah yang murah harga kontraknya, tetapi kamu tidak berasa nyaman dengan keadaan lingkungannya.

7. Cek Ulang Kesepakatan dan Menjaga Rumah

Yang paling akhir ialah periksa kembali isi kesepakatan saat sebelum menandatanganinya, sampaikan koreksi bila ada yang berkeberatan.

Dan yakinkan sepanjang kamu tinggal di dalam rumah sewa itu betul-betul jaga rumah. Karenanya bukan rumah punya kamu, kamu perlu jaga kebersihannya dan keutuhan rumah.

8. Surat Kesepakatan Kontrak

Banyak pemilik tempat tinggal ada yang membuat surat kesepakatan kontrak yang perlu ditanda bereskan hitam di atas putih. Dengan tanda-tangani surat itu, Anda dipandang memahami dan menyepakati tiap pointnya.

✅Baca Juga:  Inilah 6 Kerugian Over Kredit KPR untuk Konsumen dan Penjual

Karena itu Anda harus membaca perlahan-lahan dan pahami didalamnya sebelum percaya untuk membubuhkan tanda-tangan.

9. Uang Deposit

Banyak pemilik tempat tinggal ada juga yang mengharuskan penyewa untuk menyerahkan uang deposit. Uang deposit ini mempunyai arah sebagai jaminan jika setiap saat penyewa merusak properti atau perabot didalamnya.

Karena memiliki sifat jaminan, karena itu uang deposit harus dibalikkan bila Anda usai mengontrak di unit tempat tinggal itu.

10. Inventori

Walau unit yang disewa tidak berisi perlengkapan, tetapi inventori sebuah properti harus tetap diuraikan secara mendalam. Triknya dengan memfoto keadaan interior sebelum serta sesudah dihuni.

Misalkan keadaan dinding atau lantai yang awalnya lembut dan bersih. Jika usai saat sewa ditemui bintik atau retakan pada properti interior karena itu pihak penyewa dapat dikenai biaya perbaikan.

Mencari lokasi yang vital, tidak begitu dekat-dekat dengan sarana khalayak tidak apa. Yang paling penting dapat dicapai dalam saat yang sesaat. Atau jika ingin tinggal di tepian itu justru lebih baik, harga tambah murah, tetapi resikonya jauh dari tempat khalayak.

Untuk Pembahasan Tentang Properti Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabafrmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.