Apakah Boleh Keramas Setiap Hari? Begini Penjelasannya

KABARMEDANKU.com – Apakah Boleh Keramas Setiap Hari? Begini Penjelasannya. Keramas merupakan salah satu kegiatan penting untuk menjaga rambut, apakah bisa keramas setiap hari? Sejauh ini, belum ada jawaban yang jelas dari para ahli tentang pertanyaan ini.

Itu semua tergantung pada kondisi rambut dan kulit kepala masing-masing individu. Berbeda dengan tubuh Anda yang perlu dibersihkan setiap hari, rambut dan kulit kepala tidak.

Sampo yang Anda gunakan saat keramas dirancang untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan minyak berlebih. Namun,

menggunakan sampo terlalu sering atau terlalu banyak dapat mempengaruhi keramas harian Anda dalam beberapa cara, merusak rambut Anda.

Simak berbagai efek keramas setiap hari dan frekuensi keramas yang disarankan dalam uraian berikut.

Efek sampo harian

Shampoo tidak hanya dapat membersihkan, tetapi juga menghilangkan minyak alami (sebum) yang dihasilkan oleh rambut. Sampo mengikat kelebihan minyak, kotoran, dan berbagai residu pada rambut Anda dan kemudian membilasnya.

Keramas yang dianjurkan

Keramas setiap hari dapat menghilangkan semua minyak alami dari kulit kepala Anda. Pada akhirnya, kondisi ini membuat rambut dan kulit kepala Anda terlalu kering dan rapuh.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rambut Anda menjadi terlalu kering. Pertama, Anda hanya boleh keramas sebanyak yang Anda butuhkan.

✅Baca Juga:  Beragam Cara Efektif Menebalkan Rambut Tanpa harus ke SaloN

Kedua, gunakan sampo hanya pada bagian akarnya. Saat membilas, ujung rambut juga dibersihkan. Jumlah sampo yang disarankan

Berapa kali saya harus mencuci jika keramas setiap hari tidak dianjurkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan seberapa sering Anda harus mencuci rambut.

1. Jenis Rambut

Jenis rambut Anda akan menentukan apakah Anda perlu mencuci rambut setiap hari. Rambut lurus lebih mudah dilapisi sebum dan terlihat lebih cepat berminyak.

Sebaliknya, rambut keriting atau bergelombang cenderung lebih kering dan membutuhkan minyak agar tetap lembab dan terlihat lembut.

Oleh karena itu, orang dengan rambut lurus perlu keramas lebih sering daripada orang dengan rambut keriting atau bergelombang.

Orang dengan rambut sangat keriting membutuhkan sampo minimal. Jika Anda keramas setiap hari, rambut ini akan mudah rontok.

Menurut American Academy of Dermatology, orang dengan rambut bertekstur hanya boleh mencuci rambut sekali atau dua kali seminggu.

2. Kondisi Kulit Kepala

Kondisi kulit kepala juga dapat mempengaruhi kebersihan rambut. Orang dengan kulit kepala yang sangat kering cenderung menghasilkan lebih sedikit sebum.

Jadi, untuk menjaga rambut tetap lembut dan berkilau, lebih baik jarang mencuci rambut.  Di sisi lain, orang dengan kulit kepala berminyak dapat mengambil manfaat dari mencuci rambut setiap hari.

✅Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Masker Arang aktif di Rumah

Kulit kepala yang berminyak membuat rambut Anda lebih kotor dan dapat menyebabkan jerawat, jadi ada baiknya Anda lebih sering mencuci rambut agar rambut Anda tetap bersih.

3. Minyak

Minyak seringkali menjadi penyebab rambut menjadi lembap atau kotor. Produksi minyak rambut dapat bervariasi berdasarkan jenis kelamin, usia, genetika dan lingkungan.

Beberapa orang mungkin membuat minyak berlebih yang mungkin mengharuskan mereka mencuci rambut setiap hari, tetapi ini tidak terjadi pada sebagian besar orang.

Di sisi lain, beberapa orang mungkin memiliki rambut kering yang sangat rapuh dan mudah rusak karena keramas. Maka Anda hanya perlu mencuci rambut sekali atau dua kali seminggu.

Kebanyakan orang menghasilkan minyak yang cukup dan hanya perlu keramas setiap beberapa hari sekali.

4. Keringat

Produksi keringat juga dapat sangat menentukan apakah Anda perlu mencuci rambut setiap hari atau tidak. Selain menyebarkan sebum, keringat juga bisa menyebabkan bau tidak sedap pada rambut Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencuci rambut setelah berolahraga atau melakukan apapun yang menyebabkan keringat berlebih. Hal yang sama berlaku jika Anda memakai topi atau helm untuk waktu yang lama.

✅Baca Juga:  Gatal karena Stres? Anda Mungkin Menderita Neurodermatitis

5. Produk Penata Rambut

Sering menggunakan produk penataan rambut seperti hairspray dapat menumpuk di rambut dan kulit kepala, menyebabkan iritasi dan kerusakan. Jika Anda menggunakan produk penataan rambut, terutama yang keras, lebih baik untuk mencucinya lebih sering.

6. Kotoran pada rambut

Selain minyak dan keringat, kotoran fisik seperti residu, debu, dan pencemaran lingkungan dapat menempel pada rambut dan membuatnya tampak kusam.

Jika Anda selalu berada di lingkungan ini, mencuci rambut setiap hari dapat membantu menjaga rambut Anda tetap bersih.

Ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai seberapa sering Anda harus mencuci rambut. Banyak orang tidak bisa mendapatkan manfaat dari sampo harian.

Mereka biasanya adalah orang-orang dengan rambut yang sangat halus, yang banyak berolahraga, banyak berkeringat dan tinggal di tempat yang sangat lembab.

Demikian juga, jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, keramas setiap hari dapat membantu.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.