Bahaya Bulu Mata Keriting Yang Harus diwaspadai

KABARMEDANKU.com – Bahaya bulu mata keriting yang harus diwaspadai. Salah satu cara untuk mempercantik mata adalah dengan melakukan pengeritingan bulu mata yang cukup populer. Perawatan ini dapat dilakukan di penata rambut dan penata rambut.

Namun, Anda harus mengetahui dan mempertimbangkan kemungkinan efek samping sebelum mencoba pengeritingan bulu mata. Hal ini karena perawatan kosmetik ini dapat menyebabkan iritasi, alergi, dan kerontokan bulu mata.

Efek samping pengeritingan bulu mata

Selama proses pengeritingan, bulu mata dilapisi dengan perekat khusus dan kemudian digulung dengan roller mini atau klip yang dipanaskan. Hal ini dilakukan untuk menjaga bulu mata dalam posisi bengkok.

Selanjutnya, ahli kecantikan akan mengoleskan gel pengeriting bulu mata. Area di sekitar mata ditutup dengan bungkus plastik. Gel dioleskan ke setiap bulu mata menggunakan sikat kecil dan dibiarkan selama 5 menit.

Setelah mengeriting bulu mata, suntikkan cairan penetralisir dan keluarkan sisa bahan pengeriting. Proses pengeritingan bulu mata ini memakan waktu sekitar 45 menit dan berlangsung selama 1-3 bulan.

✅Baca Juga:  Kenali dan Rawat Ciri-ciri Kulit Sensitif Dengan Benar

Anda bisa mempercantik mata Anda, namun ada risiko efek samping dari bulu mata keriting yang harus Anda waspadai di sini.

Ruam kulit

Iritasi pada kulit di sekitar bulu mata merupakan faktor risiko terbesar untuk perawatan kecantikan ini. Masalah ini bisa disebabkan oleh bahan kimia dalam gel pengeriting bulu mata yang menempel di kulit.

Akibatnya, kulit di sekitar bulu mata menjadi gatal, merah, ruam, atau melepuh. Mata juga bisa menjadi kering, berair, dan meradang. Kulit sensitif rentan terhadap iritasi.

  • Iritasi mata

Salah satu risiko mata keriting yang bisa terjadi adalah iritasi mata. Jika bahan pengeriting masuk ke mata Anda, itu dapat menyebabkan lebih banyak iritasi, dan bahkan membakar atau membakar mata Anda.

Ada juga risiko lecet kornea karena menggosok atau secara tidak sengaja menggaruk mata yang teriritasi.

  • Alergi

Zat tertentu dalam perekat atau penjepit bulu mata juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengenali suatu zat sebagai benda asing yang berbahaya.

✅Baca Juga:  Pelajari Tentang Tindik Pipi dan Bahayanya

Alergi pada penjepit bulu mata biasanya ditandai dengan rasa gatal atau bengkak di sekitar kelopak mata.

  • kehilangan bulu mata

Menerapkan bahan kimia pada bulu mata Anda atau menggunakan teknik pengeritingan yang salah dapat membuat bulu mata yang kusut lebih rapuh. Hal ini dapat menyebabkan kerontokan bulu mata sementara, menghasilkan penampilan yang kurang optimal.

Memiliki bulu mata keriting memang terlihat unik, namun Anda juga harus mempertimbangkan risiko efek sampingnya.
Jika Anda tetap ingin mengeritingkan bulu mata, pilihlah klinik kecantikan yang terpercaya dengan staf yang profesional. Pastikan juga bahan yang digunakan aman dan teknologi yang digunakan benar untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Perawatan bulu mata lainnya

Selain mengeriting bulu mata, ada beragam perawatan yang bisa membuat bulu mata Anda terlihat cantik. Berikut adalah cara untuk membuat bulu mata Anda lebih tebal dan lebih panjang.

  • Menggunakan penjepit
✅Baca Juga:  Gatal karena Stres? Anda Mungkin Menderita Neurodermatitis

Anda bisa menggunakan penjepit untuk mempercantik bulu mata Anda. Alat ini bisa langsung menebalkan bulu mata Anda.
Namun, efeknya mungkin tidak tahan lama, sehingga perlu diulang beberapa kali.

  • Pakai maskara

Mengaplikasikan maskara juga bisa membuat bulu mata Anda terlihat lebih tebal dan panjang.

Pilih maskara tahan air yang tidak luntur. Selain itu, aplikator maskara harus mudah digunakan agar tidak rontok saat dipakai.

  • Perawatan bulu mata

Seperti halnya rambut, bulu mata juga membutuhkan perawatan. Sebelum tidur, bersihkan bulu mata Anda dengan riasan untuk mencegah debu menempel.

Anda juga harus menghindari menata bulu mata terlalu sering agar tidak merusaknya.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.