Begini Cara Cek Status E-KTP Secara Online Dengan Mudah?

KABARMEDANKU.com – Cek Status E-KTP (kartu tanda penduduk elektronik) adalah kartu tanda penduduk yang diterbitkan pemerintah yang terintegrasi langsung dengan database kependudukan Kementerian Dalam Negeri pusat dan didukung oleh sistem informasi yang lebih akurat, aman, dan tertib administrasi. kerja (Kemendagri).

Semua penduduk tidak boleh memiliki lebih dari satu KTP atau beberapa KTP, apalagi banyak rangkapnya. Kalaupun pindah tempat tinggal, NIK tetap sama, meskipun berada di luar Kabupaten/Kota, Provinsi, atau Pulau, dan jumlahnya 1.

Sistem ini dibuat oleh pemerintah untuk mengurangi kemungkinan seseorang memiliki lebih dari satu KTP untuk tujuan jahat atau kriminal, seperti menghindari penangkapan polisi karena terorisme dan korupsi.

Integrasi Data Kependudukan untuk Berbagai Layanan Publik

Pemerintah berencana untuk mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional yang terdapat dalam e-KTP dengan tanda pengenal lain untuk keperluan lain seperti pembuatan SIM, paspor atau tanda pengenal lainnya.

Sejak pemerintah Indonesia melakukan proses pembuatan e-KTP secara massal sejak tahun 2013, sebagian besar penduduk Indonesia telah memiliki e-KTP yang telah tersebar luas di berbagai daerah.

Namun Tahukah Anda Apakah NIK Pada e-KTP Terdaftar di Database Pusat Kependudukan?

Kebanyakan masyarakat awam tidak mengetahui dan mungkin tidak mengerti apakah e-KTP yang mereka miliki itu asli atau palsu.

Seiring dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi, maka perlu dilakukan pengecekan apakah NIK yang dicantumkan dalam e-KTP sudah tersimpan di database pusat kependudukan dengan menggunakan metode verifikasi e-KTP online.

Cara Cepat dan Mudah Cek e-KTP

Pengecekan status e-KTP online berguna untuk memverifikasi apakah data kependudukan seseorang sudah benar terdaftar di pusat data kependudukan nasional.

Cara cek e-KTP adalah sebagai berikut.

1. Langsung Cek NIK di Situs Resmi Kemendagri atau pemerintah daerah.

  • Anda bisa mengecek langsung NIK secara online melalui website resmi https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Caranya: Buka situs di browser Anda, lalu cari menu e-KTP dan masukkan NIK Anda (tekan Enter). Jika data KTP valid dan terhubung, pengguna disuguhkan tampilan dengan data lengkap, seperti KTP.

  • Periksa melalui situs web pemerintah daerah.

Contohnya: Jika Anda adalah seorang penduduk asli kota Medan, Anda langsung bisa mengecek e-KTP dengan membuka situs Disdukcapil di kota Medan.

✅Baca Juga:  Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL, Tahan Banting dan Praktis

Caranya: Masukkan nomor NIK yang terdapat pada e-KTP pada kolom yang tersedia, lalu klik OK. Setelah menunggu beberapa saat, status informasi pribadi yang terdaftar di sistem e-KTP muncul.

2. Verifikasi NIK melalui Disdukcapil

  • Verifikasi via SMS: Kirim SMS dalam format Cek#KTP#NIK. Kemudian kirimkan ke Disdukcapil Depdagri nomor [0815-3636-9999].
  • Verifikasi NIK via WhatsApp: Kirim pesan WA dengan format nama lengkap, NIK, kelurahan/kabupaten/kabupaten/kota sesuai KTP Anda. Kemudian kirimkan ke nomor WhatsApp Disdukcapil medan [0813-269-12-479].
  • Cek NIK melalui SNS (FB, Twitter Dukcapil) : Cek melalui akun SNS resmi Dukcapil. Akun Facebook resmi Disdukcapil adalah ‘Halo
  • Dukcapil’ dan akun Twitter resmi Disdukcapil adalah ‘@ccdukcapil’.
    Cara: Hubungi kami melalui obrolan pribadi atau kirim pesan alih-alih pos.
  • Format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Pengaduan.
  • Cek NIK Anda melalui call center Halo Dukcapil. Hubungi 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri.
  • Periksa NIK Anda melalui email. Gunakan format #NIK#Full_Name#Family_Card_Number#Telp_Number#Complaint. Kirim ke alamat email kami (callcenter.dukcapil@gmail.com).

3. Cek NIK Menggunakan e-KTP Card Reader

Cara ini lebih mudah dan praktis karena tidak memerlukan bantuan PC atau komputer. Card reader ini bisa sangar cepat membaca chip yang sudah tertanam di dalam e-KTP, sehingga dapat memudahkan untuk pengecekan data yang terdapat di dalam e-KTP.

Sayangnya, card reader ini hanya digunakan oleh organisasi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Dinas Kependudukan. Karena itu, untuk memeriksanya, Anda harus pergi ke kantor lembaga yang sesuai.

4. Cara Ketiga Sangat Praktis untuk Cek e-KTP Melalui Aplikasi Cek KTP, KTP dan NIK Online

Anda juga bisa mengunduhnya secara gratis dari Google Play/App Store.

Setelah mengunduh aplikasi untuk verifikasi ini, Anda dapat langsung memasukkan NIK Anda dan klik Cari/OK. Data identitas lengkap tersedia dalam hitungan detik.

Arti NIK (Nomor Induk Kependudukan) 16 digit di KTP

Setiap orang di dunia memiliki nomor identifikasi / nomor identifikasi tunggal / nomor identifikasi pribadi.

Dan di Indonesia, semua warga negara harus diwajibkan memiliki nomor identifikasi yang disebut NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sudah tercantum di dalam kartu keluarga dan KTP.

(NIK) Nomor Induk Kependudukan yang tercantum dalam e-KTP adalah nomor lampiran tunggal yang unik dan dapat diidentifikasi yang dikeluarkan oleh negara yang berlaku seumur hidup dan terdaftar sebagai penduduk Indonesia. warga negara.

✅Baca Juga:  Laptop ASUS VivoBook Max X441NA Dengan Harga 3 Jutaan

NIK ini diberikan pada semua orang pada saat melakukan pendaftaran sebagai penduduk warga negara Indonesia dan NIK ini tidak akan pernah berubah sampai orang tersebut meninggal dunia.

Anda dapat menanyakan/memverifikasi nomor pendaftaran kependudukan Anda di Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK individu sudah ditetapkan dan juga dikelola oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Penduduk (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

NIK terdiri dari 16 digit yang dapat digambarkan sebagai berikut, misalnya (ABCDEFDDMMYY9999):

AB 2 digit awal Kode Provinsi
CD 2 digit kedua Kode Kabupaten / Kotamadya
EF 2 digit ketiga Kode Kecamatan
DD 2 digit keempat Tanggal Lahir
MM 2 digit kelima Bulan Lahir
YY 2 digit keenam Tahun Lahir
9999 4 digit terakhir Nomor Register Kependudukan

Penjelasan:

Dari tabel yang ada di atas akan dijelaskan sebagai berikut:

6 digit pertama merupakan keterangan tempat penerbitan NIK e-KTP, 2 digit kode provinsi, 2 digit kode kota/provinsi, dan 2 digit kode kecamatan.

6 digit berikutnya merupakan tanggal lahir pemegang e-KTP, 2 digit adalah tanggal lahir, 2 digit adalah tanggal lahir, dan 2 digit adalah tanggal lahir.

4 digit terakhir menunjukkan nomor urut pendaftaran kependudukan, dan nomor urut pendaftaran ini sesuai dengan urutan tahun, bulan, hari, bulan, dan tahun kelahiran yang sama di satu wilayah, mulai dari 0001.

Catatan: Untuk jenis kelamin perempuan/perempuan, dari angka 40 ditambahkan pada tanggal lahir.

Berikut adalah contoh NIK berdasarkan jenis kelamin:

  • 1101011310780010 = laki-laki, lahir 13 hari
  • 9101015310710010 = jenis kelamin perempuan, lahir 13 hari

Contoh NIK: 1371011709860005, keterangan NIK:

  • 13 menunjukkan kode wilayah: Provinsi Sumatera Barat
  • 71 menunjukkan kode wilayah/kota: Kota Padang
  • 01 adalah singkatan dari kode sub-zona: Kecamatan Padang Selatan
  • 17 menunjukkan tanggal lahir kode: lahir pada tanggal 11. (Jika penduduknya perempuan, tambahkan 40 ke tanggal, jadi 17 + 40 menjadi 57)
  • 09 menunjukkan kode untuk bulan lahir: lahir pada 09/September
  • 86 mewakili tanggal lahir kode: Lahir 1986
  • 0005 menunjukkan kode nomor seri pendaftaran. Contoh menunjukkan bahwa urutannya adalah 5. Populasi artinya di suatu wilayah
  • kecamatan Padang Selatan menempati urutan kelima dari sekian banyak penduduk dengan tanggal lahir yang sama. Kota Padang, Sumatera Barat, tempat pembuatan KTP.
✅Baca Juga:  Laptop Macbook Pro MD101, dengan Konektifitas lengkap

Warga Dapat Cek status e-KTP dengan Mengirimkan SMS.

Misalnya, warga Kota Medan cukup mengirimkan SMS berformat NIK#NIK kemudian mengirimkannya ke layanan SMS Gateway Disdukcapil nomor 082111014433 untuk cek status e-KTP.

Warga Kota Medan selanjutnya akan menerima SMS balasan dengan informasi demografi sebagai berikut:

  • Tidak ada status = Artinya data biometrik Anda terdaftar di database SIAK Disdukcapil tetapi tidak mencatat data KTP elektronik.
  • Terima kasih sudah login e-KTP = berarti sudah login data e-KTP.
  • Data Identifikasi Ganda = Artinya data biometrik Anda tercatat ganda oleh data e-KTP dengan nomor identifikasi kependudukan yang berbeda.
  • Ready to Print = Artinya data dalam rekaman e-KTP akan tercetak setelah menyelesaikan langkah Ajudikasi.
  • Printed = berarti e-KTP sudah tercetak.

Sebaiknya warga Medan memperhatikan setiap langkah sebagai berikut agar bisa cek status e-KTP online lebih jelas.

  • Saya terdaftar sebagai penduduk di Medan dan memiliki E-KTP.
  • Tuliskan NIK pada e-KTP.
  • Masukkan SMS menggunakan format penulisan nomor NIK#NIK. Contoh : NIK#3276061312660003 Kemudian kirim ke 082-1101-4433.
  • Lalu Tidak. Anda akan menerima tanggapan dalam bentuk NIK Nomor KK TMP Nama/Tanggal Lahir Jenis Kelamin dan Status E-KTP.

Selain Kota Medan tersebut di atas, masih banyak kota di seluruh Indonesia yang memberikan informasi status e-KTP secara online, seperti Jakarta, Batam, Bandung, dan Surabaya.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi di Internet tentang cara menghubungi Anda dan nomor layanan Anda.

Masa Berlaku e-KTP Seumur Hidup

Kini e-KTP berlaku seumur hidup. Artinya jika tidak ada perubahan data yang signifikan, Anda tidak perlu lagi memperbarui KTP. Selain itu, pemeriksaan identifikasi elektronik ini dapat digunakan untuk tujuan memverifikasi identitas diri Anda atau orang lain.

Misalnya, jika Anda melakukan bisnis online, Anda dapat mengetahui apakah Anda memverifikasi identitas nomor KTP Anda secara online untuk menghindari penipuan, dll.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.