Berapa Jam Sehari Saya Harus Memakai Lensa Kontak?

Berapa jam sehari saya harus memakai lensa kontak? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh banyak pengguna. Pada dasarnya, lensa kontak atau batas keausan lensa kontak dapat bervariasi tergantung pada jenis lensa kontak yang Anda gunakan.

Beberapa jenis lensa kontak dibuat untuk penggunaan jangka panjang. Sementara itu, beberapa jenis lain mungkin perlu dilepas setelah beberapa jam penggunaan.

Lensa kontak dibagi menjadi penggunaan tunggal, penggunaan harian, dan penggunaan bulanan sesuai dengan masa pakainya. Jadi beberapa lensa kontak sebenarnya bisa digunakan terus menerus dalam waktu yang lama. Namun, penting untuk dipahami bahwa semakin lama Anda memakai lensa kontak, semakin tinggi risiko infeksi mata.

Pembatasan lensa kontak yang aman

Jadi berapa jam sehari saya harus memakai lensa kontak agar aman? Secara umum, batas aman dan nyaman memakai lensa kontak bagi kebanyakan orang adalah 14-16 jam per hari.

Mereka juga harus dibuka sebelum tidur untuk memungkinkan mata bernafas tanpa lensa buatan. Orang dengan masalah mata, terutama yang memiliki mata kering kronis, tidak dapat memakai lensa kontak untuk waktu yang lama.

✅Baca Juga:  Pelajari Tentang Kelenjar Sebaceous, bintik-bintik di Wajah Yang Sering Disalahartikan Sebagai Komedo

Jika Anda memiliki mata kering kronis, jumlah yang disarankan untuk memakai lensa kontak adalah beberapa jam sehari. Jika lensa kontak mulai tidak nyaman, mereka harus dilepas lebih awal.

Di sisi lain, lensa kontak yang bisa digunakan dalam waktu lama bisa digunakan hingga 30 hari. Anda tidak bisa memakai lebih dari itu. Sebaiknya lepas lensa kontak kapan pun Anda ingin tidur.

Bahaya menggunakan lensa kontak terlalu lama

Melebihi batas penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata. Ada risiko yang harus diperhatikan saat memakai lensa kontak terlalu lama.

Penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang menempatkan Anda pada risiko terkena ulkus kornea, yaitu ulkus terbuka di lapisan luar kornea.

Risiko memakai lensa kontak terlalu lama juga dapat menyebabkan hipoksia kornea. Ini adalah kondisi kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal ke dalam kornea.

✅Baca Juga:  Gatal karena Stres? Anda Mungkin Menderita Neurodermatitis

Ada juga kemungkinan kerusakan sel induk kornea. Sel-sel ini diperlukan untuk menjaga kornea tetap jernih dan dengan demikian penglihatan yang baik.

Bahaya lain dari lensa kontak adalah bahwa mereka menyebabkan peradangan kronis pada mata. Kondisi ini menempatkan Anda pada risiko mengembangkan hipersensitivitas lensa kontak.

Tips menggunakan lensa kontak dengan aman

Keamanan menggunakan lensa kontak tidak hanya bergantung pada lamanya Anda memakainya. Menurut CDC, antara 40 dan 90 persen pemakai lensa kontak tidak merawat lensa kontak mereka dengan baik. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko peradangan dan infeksi mata yang serius.

Masalahnya bukan pada lensa kontak itu sendiri atau pada keterbatasan hanya menggunakan lensa kontak. Pada dasarnya, lensa kontak bisa menjadi alternatif yang aman untuk meningkatkan penglihatan Anda. Asalkan digunakan dan dirawat dengan baik.

Untuk menjaga lensa kontak Anda tetap aman dan mengurangi risiko infeksi, Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini.
Selalu cuci tangan Anda dengan sabun sebelum memegang lensa kontak dan keringkan dengan handuk yang tidak berbulu.

✅Baca Juga:  Pelajari tentang Panthenol, Bahan kimia Yang Menghidrasi kulit Anda

Saat melepas lensa, bersihkan, bilas, dan desinfeksi lensa sesuai dengan petunjuk pada label produk. Hanya bersihkan lensa dengan larutan steril untuk lensa kontak. Jangan gunakan air biasa pada lensa karena dapat menyebabkan mikroba.

Jangan memakai lensa kontak semalaman kecuali dokter Anda meresepkannya untuk digunakan. Selalu bersihkan kotak lensa kontak Anda secara teratur. Ikuti instruksi dokter Anda mengenai masa simpan dan penyimpanan lensa kontak.

Jangan pernah memakai lensa kontak kedaluwarsa dan ikuti panduan untuk waktu penggunaan lensa kontak yang direkomendasikan.
Informasi tentang kapan dan bagaimana merawat lensa kontak.

Jika iritasi atau infeksi mata terjadi saat memakai lensa kontak, segera konsultasikan dengan dokter mata yang meresepkan.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.