Berbagai Cara untuk Secara Aman dan Efektif Menghilangkan Komedo di Hidung

KABARMEDANKU.com – Berbagai cara untuk secara aman dan efektif menghilangkan komedo di hidung. Komedo di hidung bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo di hidung Anda, jadi jika Anda kesulitan, jangan khawatir.

Ada dua jenis komedo di hidung: whiteheads (komedo putih) dan komedo hitam (blackheads). Penyebabnya sama. Dengan kata lain, sel-sel kulit mati menumpuk, menyumbat pori-pori kulit dan memproduksi sebum berlebih.

Pori-pori tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan hormonal, stres, penggunaan kosmetik yang tidak tepat, dan perawatan kulit.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung

Saat komedo muncul di sekitar hidung, seringkali ada keinginan untuk segera memencetnya. Alih-alih menghilangkan komedo, langkah ini justru berisiko memperburuk masalah kulit Anda.

Memencet komedo tanpa profesional terlatih dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan bahkan jaringan parut pada kulit. Jadi, di bawah ini Anda perlu tahu cara menghilangkan komedo di hidung secara tuntas.

1. Cuci muka secara teratur

Salah satu cara menghilangkan komedo di hidung adalah dengan mencuci muka secara rutin. Cuci muka dua kali sehari di pagi dan sore hari sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jika Anda berkeringat setelah berolahraga, cuci kembali wajah Anda untuk menghilangkan kuman dan debu. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka, karena dapat mengencerkan kulit.

Akibatnya, produksi minyak alami yang menyebabkan munculnya komedo semakin meningkat.

2. Eksfoliasi kulit dengan AHA/BHA

Cara menghilangkan komedo di hidung harus dibarengi dengan pengelupasan kulit. Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam alfa hidroksi atau asam beta hidroksi (AHA/BHA).

Kedua bahan ini dapat mengelupas dan membersihkan pori-pori kulit, sehingga produk perawatan kulit yang Anda gunakan dapat bekerja dengan efektif.

Asam glikolat dan asam laktat adalah AHA yang terbuat dari susu, buah atau gula. Di sisi lain, asam salisilat adalah kelompok BHA.
Namun, penggunaan AHA dan BHA dapat menipiskan lapisan kulit dan membuatnya rentan terhadap sinar UVA dan UVB.

Untuk mengatasinya, selalu gunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi, terutama saat akan keluar rumah.

3. Oleskan salep retinoid

Retinoid mengandung bahan aktif yang berasal dari vitamin A, yang sering diresepkan oleh dokter sebagai cara ampuh untuk menghilangkan komedo di hidung.

✅Baca Juga:  Apakah Boleh Keramas Setiap Hari? Begini Penjelasannya

Retinoid mencegah jerawat muncul dengan meregenerasi sel-sel kulit dan meningkatkan pertumbuhan kulit. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Dermatology and Therapy, penggunaan retinoid dapat mengurangi jumlah komedo sekaligus mengurangi produksi sebum berlebih. Dengan begitu kulit Anda akan terlihat lebih sehat.

Namun, wanita hamil harus menghindari penggunaan retinoid karena dapat berdampak negatif pada janin. Untuk mengatasi komedo di hidung, cobalah produk perawatan kulit yang mengandung bakuchiol atau minyak rosehip. Kedua jenis kandungan tersebut diyakini memiliki manfaat yang sama dengan retinoid.

4. Penggunaan Pengobatan Jerawat Asam Salisilat

Beberapa orang sering mengalami komedo di area hidung. Untuk mengatasinya secara efektif, Anda perlu menggunakan perawatan jerawat yang mengandung asam salisilat.

Asam salisilat dikatakan lebih ramah kulit daripada bahan lain dalam perawatan jerawat seperti benzoil peroksida. Selain perawatan jerawat, asam salisilat merupakan senyawa aktif yang biasa ditemukan pada produk pencuci muka.

Biasa digunakan sebagai cara cepat menghilangkan komedo di hidung, senyawa ini dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

5. Gunakan masker tanah liat

Masker tanah liat adalah produk perawatan kulit yang dianggap sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Masker jenis ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo putih, dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah dan menghilangkan kotoran penyebab pori-pori tersumbat.

Beberapa jenis masker tanah liat mengandung belerang, zat aktif yang biasa ditemukan dalam perawatan jerawat untuk membersihkan sel-sel kulit mati.

6. Gunakan masker arang

Selain masker tanah liat, masker arang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Diyakini dengan pemakaian rutin, manfaat masker arang dapat membantu menghilangkan komedo.

7. Kompresi Uap Air Hangat

Selain komedo, beberapa orang mungkin mengalami komedo putih. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan kompresi uap hangat.
Cara menghilangkan komedo putih di hidung ini sering digunakan oleh para ahli kosmetik saat facial untuk membuka pori-pori kulit.

Dengan begitu Anda bisa menghilangkan komedo dengan lebih mudah. Caranya adalah Anda bisa menyiapkan wadah atau baskom besar yang berisi air hangat. Kemudian letakkan wajah Anda di dekat wadah atau baskom besar selama 5-10 menit.

✅Baca Juga:  Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami, Mudah dan Cepat

Kepala harus ditutup dengan handuk agar uap panas hanya terkena wajah, terutama daerah hidung. Singkirkan komedo di hidung beberapa kali seminggu dengan metode ampuh ini untuk hasil yang maksimal.

8. Pertimbangkan bahan-bahan alami

Banyak orang mengandalkan pengobatan rumahan untuk menghilangkan komedo di hidung secara alami. Pasalnya, bahan-bahan alami mudah didapat dan murah.

Namun, cara alami menghilangkan komedo di hidung ini belum tentu efektif dan cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari risiko efek samping.

Ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Lulur Oatmeal. Gunakan masker yang terbuat dari mashed oats dan plain yogurt. Oleskan ke wajah Anda.

Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Madu Manuka. Madu manuka mengandung zat antibakteri yang dapat membantu mencegah munculnya jenis jerawat ringan, seperti komedo.

Oleskan ke area hidung dan biarkan selama 15-30 menit. Bilas dengan air hangat. minyak pohon teh. Minyak pohon teh mengandung senyawa antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes.

Minyak pohon teh dapat dilarutkan dalam minyak pelarut dan kemudian dioleskan ke area hidung. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil agar lebih praktis.

Gel lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk jerawat ringan berasal dari sifat antibakteri dan antiinflamasinya, yang dapat mencegah atau mengurangi keparahan jerawat. Lidah buaya juga merupakan pelembab alami, sehingga dapat melembabkan kulit Anda.

9. Lakukan prosedur perawatan kulit

Jika berbagai cara yang disebutkan di atas untuk menghilangkan komedo di hidung tidak berhasil, Anda bisa mencari bantuan ke dokter kulit.

Dokter kulit Anda dapat merekomendasikan produk perawatan kulit seperti:

  • Mikrodermabrasi. Metode menghilangkan komedo di hidung menggunakan kristal mikroskopis dan vakum khusus untuk menghilangkan akumulasi sebum dan sel kulit mati di folikel rambut. Ini menghasilkan kulit yang lebih cerah, halus dan warna kulit yang merata.
  • Kulit kimia. Prosedur ini menggunakan larutan kimia khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
  • Terapi laser dan fototerapi. Prosedur ini menggunakan sinar cahaya yang kuat untuk membunuh bakteri sekaligus mengurangi produksi minyak. Sinar cahaya dan laser yang dipancarkan dapat menembus di bawah permukaan kulit tanpa merusak permukaan kulit.
  • Tindakan menghilangkan komedo dengan alat khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan sebum yang terkumpul di dalam folikel rambut.
✅Baca Juga:  Berapa Jam Sehari Saya Harus Memakai Lensa Kontak?

Apakah efektif menghilangkan komedo hitam dan komedo putih di hidung dengan pore strip?

Pore ​​strips (paket pori) atau plester komedo sering digunakan sebagai cara instan untuk menghilangkan komedo di hidung. Secara umum, cara menggunakan pore pack adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu lalu oleskan akupresur ke hidung dengan uap hangat.

Anda kemudian dapat menempelkan selotip komedo sebentar dan kemudian melepasnya.

Meski digunakan sebagai langkah langsung, cara cepat menghilangkan komedo dari hidung ini tidak cukup efektif untuk mengangkat komedo hingga ke akarnya.

Juga, jika Anda menggunakannya terlalu sering, Anda berisiko mengeringkan dan mengiritasi kulit Anda.

Bagaimana mencegah komedo terbentuk di hidung Anda

Setelah menerapkan berbagai metode untuk menghilangkan komedo di hidung secara efektif, berbagai tips harus diikuti untuk mencegah masalah kulit ini terulang kembali.

Misalnya menjaga kebersihan kulit dan menerapkan perawatan kulit sebagai berikut:

  • Hindari memencet atau memencet area kulit dengan komedo atau jerawat.
  • Jangan terlalu sering menggunakan produk scrub untuk menghilangkan komedo. Hal ini karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan lebih banyak komedo yang muncul.
  • Selalu gunakan pelembab dan tabir surya.
  • Gunakan perawatan kulit dan kosmetik yang bebas minyak, non-komedogenik atau tidak menyumbat pori-pori.
  • Cuci muka secara rutin dua kali sehari.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung sebenarnya mudah dilakukan. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda bingung metode mana yang tepat untuk Anda.

Dokter Anda akan merekomendasikan produk untuk prosedur perawatan kulit Anda yang tepat untuk masalah kulit Anda.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.