Berikut 5 Cara Mudah Mengenali ciri-ciri Emas Palsu

KABARMEDANKU.com – Cara mudah mengenali ciri-ciri emas palsu. terhadap emas palsu yang sering ditawarkan untuk investasi yang menguntungkan. Emas palsu jelas berbeda dengan emas asli, tetapi bagaimana Anda membedakannya?

Emas sering dijadikan sebagai salah satu cara untuk berinvestasi emas yang dianggap menguntungkan. Harga emas cenderung stabil dan tidak tergerus oleh inflasi, sehingga berinvestasi emas sangat diminati sebagian besar orang saat ini.

Investasi emas memang sangat menguntungkan. Misalnya pada tahun 2010 Anda membeli emas seharga 20 gram dengan harga Rp per gram. 300.000, maka uang yang anda keluarkan untuk membeli emas adalah Rp. 6 juta. Setelah melangkah melewati tahun 2019, harga emas telah mencapai Rp. 8 juta per gram. Jika Anda menjual emas, Anda mendapatkan Rp. 16 juta won, laba bersih 9 juta, sangat menguntungkan bukan?

Karakteristik dan Ciri-ciri Emas Palsu

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi emas Anda, Anda harus benar-benar berhati-hati saat memilih emas agar tidak tertipu oleh emas palsu. Lantas, bagaimana membedakan emas palsu? Berikut ulasannya:

✅Baca Juga:  Inilah Perbedaan Antara Obligasi dan Sukuk?

1. Uji kepadatan emas untuk mengenalinya

Cara mudah untuk mengidentifikasi emas palsu dari ini bisa sangat sulit. Meski demikian, cara ini dikatakan sangat efektif dalam membuktikan emas palsu atau asli. Jika Anda ingin menguji emas asli atau emas palsu dengan cara ini, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Mengukur berat emas dalam gram
  • Isi gelas atau botol mililiter dengan air.
  • Gantung dengan benang dan taruh emas
  • Perhatikan perbedaan kondisi air sebelum dan sesudah pencelupan emas.

Maka Anda perlu menggunakan rumus massa jenis = massa dibagi volume. Kemudian jika Anda melihat hasilnya, Anda dapat memastikan bahwa itu adalah emas asli jika mendekati 19 gram per milimeter. Jumlah kepadatan emas per karat dapat dilihat sebagai berikut:

  • 14 karat = 12,9 – 14,6 g/ml
  • Kuning 18 karat = 15,2 -15,9 gram/ml
  • 18 karat putih = 14,7 – 16,9 g/ml
  • 22 karat = 17,7 – 17,8 g/ml
✅Baca Juga:  Pahami Aspek Penting Mengatur Strategi Sebelum Investasi

2. Kenali sifat fisik emas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali langsung sifat fisik emas. Emas asli biasanya memiliki cap yang menunjukkan kandungan emas yang dikandungnya. Beberapa nilai emas ditandai sebagai “10K, 18K, hingga 24K”.

Jika Anda bingung dengan sifat fisik emas asli dan emas palsu, Anda bisa meminta bantuan kepada ahli atau estimator emas yang mengetahui sifat-sifat emas asli dan emas palsu pada umumnya.

3. Kenali perubahan warna emas

Setelah sifat fisik, cara selanjutnya adalah mengenali perubahan warna emas. Metodenya sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah menggosok emas di area tertentu dengan jari Anda.

Setelah itu, jika warnanya tidak seragam atau sudah pudar, periksa apakah emas tersebut adalah emas palsu.

4. Kenali dengan menggigit bagian emasnya

Anda dapat mengetahui apakah emas yang Anda beli itu palsu atau asli dengan menggigit emasnya. Emas adalah logam lunak, semakin tinggi kandungan karatnya, semakin lembut emasnya dan semakin tajam bekas gigitan di permukaannya.

✅Baca Juga:  Beginilah Investasi Versi Orang Desa

Sebaliknya, jika emasnya keras, kemungkinan besar itu adalah emas palsu.

5. Belajar mengikis emas di keramik

Cara mudah mengidentifikasi emas palsu juga bisa dilakukan dengan menggoreskan emas pada keramik. Hati-hati setelah menggores emas di lantai keramik atau permukaan piring keramik.

Jika keramik memiliki garis-garis hitam, kemungkinan besar emas palsu. Di sisi lain, jika tidak ada goresan sama sekali, itu adalah emas asli.

Berinvestasi emas sangatlah mudah, namun bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam memilih emas untuk investasi ini. Dengan mempelajari ciri-ciri emas palsu, hindari berinvestasi emas palsu yang dapat menekan investasi Anda di kemudian hari.

Untuk Pembahasan Tentang Investasi Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.