Begini Cara Cepat Menjual Mobil Bekas, Dijamin Works!

KABARMEDANKU.com – Harga pasaran mobil bekas Indonesia relatif tinggi, sehingga ketersediaan produk sangat beragam dan harga bersaing. Akibatnya, Anda perlu memperhatikan cara Anda menjual mobil bekas.

Apalagi jika Anda mengharapkan kendaraan tersebut dijual dengan harga yang bagus.

Ada banyak tujuan yang berbeda untuk menjual mobil tua. Ini mungkin karena Anda mencoba membeli model yang lebih baru.

Mungkin juga karena Anda membutuhkan uang untuk memulai bisnis. Saat ini sudah banyak metode dan platform yang mempermudah proses jual beli kendaraan.

Tentunya sebagai pemilik mobil, Anda membutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang cara menjual mobil bekas dengan benar dan aman. Pemilik kendaraan disarankan untuk tidak hanya fokus pada nominal penjualan.

Cara Ampuh dan Cepat Menjual Mobil Bekas

Namun, pertimbangkan lebih banyak saat berdagang. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Dukungan Transfer Penuh untuk Dokumen Nama

Cara jual mobil bekas selanjutnya adalah bekerja sama dengan pembeli untuk membantu masalah pengiriman dokumen. Padahal, proses pergantian nama tidak rumit dan hanya membutuhkan rangkaian karakter.

Apalagi jika mobil tersebut merupakan warisan dalam kematian pemilik aslinya.

Akta kematian harus disiapkan di kelurahan setempat. Kemudian lampirkan surat yang menyatakan bahwa Anda adalah ahli waris yang sah atas kendaraan tersebut. Surat persetujuan harus disetujui dan disegel oleh notaris.

✅Baca Juga:  Penyebab dan Solusi Mudah Mengunci Rem Setelah Mengganti Kampas Rem

Sedangkan jika menyerahkan ke Samsat, pembeli mobil bisa melakukannya sendiri. Kelengkapan teks berubah secara normal, tetapi Anda hanya perlu memberikan salinan ID pemilik. Saat ini, proses perubahan nama dapat dilakukan tanpa identitas pemilik sebelumnya.

2. Pajak Kendaraan Aktif

Pajak mobil aktif menjadi nilai tambah yang memudahkan penjualan mobil bekas baik secara online maupun offline. Pembeli pasti akan mengecek apakah pajak tersebut masih berlaku, sudah jatuh tempo atau sudah habis masa berlakunya.

Anda dapat memeriksa pajak mobil Anda saat ini secara online. Ini memberi pembeli lebih percaya diri dalam validitas data mereka.

Estimasi penghitungan pajaknya sendiri mengacu pada jenis mobil dan harga pasaran terkini. Biasanya, pembayaran pajak kendaraan bermotor terdiri dari 2% dari harga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) baru.

Termasuk kontribusi wajib dari Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Di sisi lain, pajak yang kedaluwarsa didenda.

Jika ada kendala dalam kasus pajak mobil, penjual dan pembeli dapat mencapai kesepakatan. Seperti siapa yang akan membayar kembali tunggakan atau pajak. Sebagai aturan, ini adalah tanggung jawab pemilik kendaraan lama.

3. Layanan Bukti Kinerja

✅Baca Juga:  5 Daftar Harga Mobil Mercedes Benz 2021

Sejarah servis kendaraan dapat menunjukkan apa yang telah dilakukan pemilik terhadap kendaraan tersebut. Misalnya, mengganti suku cadang, menyetel, mengganti oli, mengganti ban, dll.

Calon pembeli akan memiliki pemahaman yang lebih transparan tentang status terkini kendaraan yang ditawarkan. Penjual juga bisa menjaga harga dengan harga terbaik.

4. Pilih Platform dengan Pembeli Terbanyak

Penjual yang memilih untuk menjual kendaraan dengan bantuan platform tertentu harus mempertimbangkan kemungkinan biaya. Jadi, menjual mobil bekas melalui pihak ketiga membutuhkan sedikit menaikkan harga pasar.

Gunakan platform dengan lalu lintas tinggi. Tidak hanya banyak orang yang berkunjung, tetapi sebagian besar perdagangan terjadi. Periksa dengan seksama kondisi kendaraan yang Anda sediakan.

Kami merekomendasikan kondisi dokumentasi yang lengkap sehingga calon pembeli tidak mempermasalahkan harga yang lebih tinggi.

5. Cek harga Mobil Bekas

Cara menjual mobil bekas tidak bisa sembarangan. Pastikan harga yang Anda tawarkan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Jika Anda berdagang dengan bantuan pihak ketiga, pastikan juga bahwa platform atau penyedia lapak dapat memproses pembayaran secara transparan, cepat, mudah, dan andal.

Saat memasarkan jenis kendaraan tertentu, Anda harus mempertimbangkan depresiasi harga jual. Sebaiknya jangan menjual mobil Anda pada tahun Anda membelinya.

✅Baca Juga:  Jangan Remehkan Perawatan AC Mobil. Inilah Penjelasannya!

Ini sebenarnya secara signifikan mengurangi nilai penjualan dan membuat Anda tidak menguntungkan. Alasannya sederhana. Tingkat depresiasi kendaraan lebih tinggi pada awal tahun pembelian. Idealnya, Anda harus menjual kendaraan Anda setelah 3 sampai 5 tahun.

6. Lampirkan Legitimasi Dokumen

Menampilkan dokumen legal kendaraan atau dokumentasi kendaraan bisa menjadi strategi yang efektif untuk menjual mobil bekas. Kami menyarankan untuk menampilkan data ini hanya saat Anda bertemu langsung dengan calon pembeli.

Hal ini untuk mencegah kegiatan kriminal seperti penyalahgunaan data. Periksa nomor mesin, nomor sasis dengan calon pembeli dan undang seseorang yang Anda kenal.

Dokumen yang harus dilampirkan seperti aslinya adalah BPKB, STNK, Form A untuk mobil impor, dan invoice. BPKB adalah buku yang memuat informasi kepemilikan kendaraan yang sah.

STNK sendiri menjadi bukti persetujuan kendaraan berbasis ID. Faktur sering disebut sebagai akta kelahiran mobil karena pertama kali diberikan oleh dealer saat kendaraan masih baru.

Untuk Pembahasan Tentang Otomotif Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.