Cara Factory Reset Windows 10

Apakah komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya? Apakah program tertentu tidak berjalan dengan baik? Nah, itu mungkin karena ada masalah dengan komputer Anda. Alih-alih membawanya ke tempat perbaikan komputer lokal Anda, Anda mungkin dapat memperbaiki berbagai hal dengan melakukan reset pabrik.

Jika demikian, Anda dapat menghemat uang untuk biaya perbaikan, sambil menjaga komputer Anda dalam kondisi puncak.

Apa Itu Penyetelan Ulang Pabrik?

Techopedia mendefinisikan reset pabrik sebagai menghapus data pengguna dari perangkat elektronik dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Biasanya, orang-orang mengatur ulang komputer mereka untuk memperbaiki masalah atau menghapus semua data mereka dari mesin.

Mengapa Factory Reset Komputer Anda

Sementara kebanyakan orang hanya mengatur ulang komputer mereka ke setelan pabrik ketika mereka mengalami masalah atau tidak lagi membutuhkannya, ada kasus untuk melakukannya lebih sering, seperti setiap enam bulan.

Saat Anda menggunakan komputer Anda, itu menyimpan semua jenis data untuk digunakan selama operasi. Beberapa data, seperti Word atau Google dokumen dan spreadsheet dan foto yang diunduh, kami pilih untuk disimpan. Namun, ada daftar panjang data yang disimpan komputer kita tanpa kita sadari. Ini termasuk:

  • Riwayat penjelajahan
  • Sejarah pencarian
  • Berbagi media sosial
  • Simpan otomatis dokumen
  • File cadangan sementara
✅Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang diblokir Tanpa Menggunakan VPN dan Tanpa Aplikasi

Meskipun menyimpan semua data ini mungkin bermanfaat untuk pengoperasian komputer Anda, ini dapat menyebabkan beberapa masalah. Seiring waktu, akumulasi data akan memperlambat seluruh sistem Anda, yang dapat menyebabkan frustrasi. Namun, rasa frustrasi adalah kekhawatiran Anda yang paling kecil karena data ini lebih rentan dicuri oleh malware, spyware, atau peretas.

Dengan demikian, melakukan hard reset komputer Anda secara teratur dapat meningkatkan kinerja dan keamanannya.

Mengatur Ulang Pabrik Windows 10

Karena pengaturan ulang pabrik komputer Anda akan menghapus semua data Anda, yang terbaik adalah mencadangkan data tersebut sebelum memulai pengaturan ulang.

✅Baca Juga:  Cara Menghentikan iPhone Dari Melacak Riwayat Lokasimu

Setelah Anda mencadangkan semua data Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang desktop atau laptop Anda di Microsoft Windows 10:

  • Tekan tombol Start, yang merupakan logo Windows yang terdapat di ujung depan bilah tugas, untuk membuka menu Start.
  • Pilih ikon roda gigi Pengaturan di sudut kiri bawah menu Mulai. Ini akan membuka jendela Pengaturan.
  • Pilih opsi Perbarui & Keamanan di jendela Pengaturan.
  • Pilih tab Pemulihan dari kolom sebelah kiri. Ini akan membuka halaman Recovery di jendela Settings.
  • Tekan tombol Memulai di bawah judul Atur Ulang PC ini. Ini akan membuka jendela Reset this PC.
  • Pada jendela Reset this PC, Anda akan melihat dua opsi: Simpan file saya dan Hapus semuanya. Opsi Simpan file saya akan membiarkan file pribadi Anda tetap utuh saat mengembalikan aplikasi dan pengaturan ke konfigurasi defaultnya. Opsi Hapus semua akan mengembalikan Windows 10 ke pengaturan pabriknya.
✅Baca Juga:  9 Tips Samarkan Cat Mobil Belang Dengan Mudah dan Cepat

Cara Factory Reset Windows 10

  • Setelah memilih untuk menyimpan atau menghapus file Anda, jendela Atur Ulang PC ini akan menampilkan apa yang akan terjadi setelah Anda mengonfirmasi pengaturan ulang. Pilih Berikutnya untuk melanjutkan proses. Pilih Kembali untuk kembali ke pilihan sebelumnya. Pilih Batal untuk menghentikan proses.
  • Pilih Reset untuk memulai reset pabrik.

Jika Anda terkunci dari komputer Anda atau Windows tidak bisa boot dengan benar, Anda bisa masuk ke jendela Reset this PC dengan memilih “Troubleshoot” di Advanced Startup Tool. Anda dapat mencapai Alat Startup Tingkat Lanjut dengan:

  • Restart komputer sambil menahan tombol Shift atau
  • Power-cycle komputer tiga kali

Butuh berapa lama?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengatur ulang pabrik akan bervariasi tergantung pada seberapa banyak data yang perlu diatur ulang. Terlepas dari perbedaan ini, TechRepublic memperkirakan dua jam saat memilih opsi Simpan file saya dan hingga empat jam jika Anda memilih opsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.