Cara Investasi Saham, Saat Harga Saham Menurun

KABARMEDANKU.com – Cara investasi saham, saat harga saham menurun. Di zaman sekarang ini, memilih untuk berinvestasi saham merupakan alternatif investasi yang layak huni.

Pasalnya, jika Anda memahami dengan baik prinsip-prinsip investasi saham, Anda bisa memaksimalkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi saham.

Namun demikian, cara investasi saham bisa membawa risiko kerugian. Salah satunya adalah saat harga saham turun tajam.

Penurunan IHSG atau Composite Equity Index tentu menjadi mimpi buruk bagi setiap investor di pasar modal. Hal ini juga mempengaruhi portofolio yang Anda miliki.

Melihat penurunan harga saham Garuda Indonesia akhir-akhir ini, apa yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan portofolio yang baik di pasar modal?

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang tindakan yang benar yang harus dilakukan saat harga saham sedang turun.

4 Cara Investasi Saham Saat Harga Saham Turun?

Saham bisa saja turun nilainya, tetapi sebagai investor dan pemegang saham, Anda harus bersyukur karena tidak mengalami kerugian pada saham tersebut. Setelah itu, seperti dikutip dari diskartes.com, Anda dapat melakukan hal seperti ini:

✅Baca Juga:  Mengapa Memilih Investasi Reksadana? Inilah Penjelasannya

1. Hindari Melawan Market

Kunci untuk melawan market adalah menghindari gagasan bahwa banyak saham dapat dibeli dengan murah saat pasar turun. Membeli saham secara terburu-buru justru bisa merugikan Anda. Untuk saham, lebih baik memotong kerugian saat kehilangan 20% daripada kehilangan hingga 70%.

2. Jangan Menahan diri untuk Terus Berinvestasi.

Hal ini bisa Anda lakukan saat berinvestasi saham dan ternyata saham Anda mengalami penurunan. Namun, ini bisa dilakukan sesuai dengan keyakinan Anda sendiri.

Misalnya, jika Anda mulai berinvestasi saham dengan modal 50 juta won dan meningkatkannya menjadi 60 juta won dalam 3 bulan. Namun jika indeks turun lebih dari 40%, maka portofolio tersebut hanya bernilai $30 juta.

✅Baca Juga:  Inilah 5 Keuntungan Investasi Emas Yang Bisa didapatkan

Nilai atau harga saham sebenarnya bisa naik lagi, tapi butuh waktu lama untuk mendapatkan kembali $50 juta. Jika Anda benar-benar ingin bertahan, buatlah floating loss jangka panjang. Sebaliknya, jika tidak ingin bertahan, segera lakukan cut loss.

3. Konfirmasi ulang Rencana Perdagangan Anda

Rencana perdagangan ini berfungsi untuk mengoptimalkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian. Memeriksa ulang rencana perdagangan Anda juga dapat membantu pedagang dan investor.

Jika trading plan ini masih gagal, ada kemungkinan Anda tidak bisa mengikuti trading plan karena trading plan yang buruk.

Cara paling keren untuk membuat rencana perdagangan sebenarnya cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah menargetkan persentase keuntungan yang Anda inginkan dan memasukkan harga saham dan kapan saham akan dijual.

Dengan trading plan yang lebih baik, setidaknya Anda bisa menghindari penurunan saham, seperti halnya saham Garuda Indonesia.

✅Baca Juga:  Produk Investasi Pasar Modal Syariah Yang Harus dipahami

4. Pastikan Anda selalu Membawa Uang Tunai

Para investor ini disarankan untuk tidak sembarangan menginvestasikan seluruh uangnya dalam investasi saham. Pasalnya, investor perlu memiliki dana yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dan mampu menghindari penurunan saham setiap saat.

Sebelum Anda membeli saham, periksa kembali apakah perusahaan tempat Anda membeli saham tersebut.

Banyak pemain saham berhenti merugi ketika saham mereka turun tajam. Ini agar mereka memiliki uang tunai untuk membeli saham dengan harga lebih rendah. Jika Anda mengalami penurunan, Anda bisa menjual setengahnya, tetapi tidak semua saham. Jika harga saham terus turun, saham tersebut dapat dibeli kembali.

Untuk Pembahasan Tentang Investasi Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.