Cara Kerja Thermal Printers Untuk Mencetak Tanpa Tinta

Orang tidak menganggap printer sebagai gadget “keren”. Mereka agak membosankan dan sangat tidak bisa diandalkan. Selain itu, mereka membutuhkan toner mahal untuk mencetak apa pun. Tahukah Anda bahwa ada printer yang tidak membutuhkan tinta? Ini disebut “printer termal”.

Anda mungkin pernah melihat printer termal dalam kehidupan sehari-hari Anda tanpa berpikir dua kali. Mereka sebagian besar digunakan oleh bisnis, tetapi ada banyak printer termal yang sangat terjangkau yang tersedia secara online. Teknologinya cukup keren dan bisa bermanfaat bagi Anda.

Apa Itu Printer Thermal?

Ada beberapa jenis printer, tetapi secara umum, printer bekerja dengan mengaplikasikan tinta cair atau toner berbasis bubuk ke kertas. Printer termal sebenarnya tidak menerapkan apa pun pada kertas. Sebaliknya, kertas itulah yang membuat gambar itu muncul.

Printer biasa harus memiliki pita atau kartrid yang diganti saat tinta atau toner habis. Karena printer termal tidak mengaplikasikan bahan pada kertas, hanya kertasnya sendiri yang perlu diganti. Ini membuatnya lebih mudah dan lebih murah untuk dioperasikan.

Printer termal ada di sekitar kita. Mereka terbiasa mencetak tiket pesawat, kwitansi eceran, label pengiriman, slip bank, dan banyak lagi. Banyak mesin faks pada tahun 1990-an juga menggunakan teknologi pencetakan termal, tetapi sejak itu telah ditingkatkan versinya menjadi laser atau inkjet.

✅Baca Juga:  Cara Menggunakan Mode Gelap di Kindle

Bisnis menyukai printer termal karena kompak, mudah dipindahkan, mencetak dengan cepat, dan lebih bersih serta lebih murah untuk dioperasikan. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana UPS mencetak label pengiriman Anda dengan sangat cepat, itu berkat printer termal.

Bagaimana Cara Kerja Thermal Printers?

Terutama ada dua jenis printer termal: “termal langsung” dan “transfer termal”. Kami secara khusus berbicara tentang printer termal langsung di sini.

Printer thermal transfer menggunakan tinta berupa pita (gulungan bahan berlapis tinta). Pita dipanaskan di titik-titik tertentu, yang melelehkan bahan tinta ke atas kertas. Printer termal langsung tidak memerlukan tinta atau toner apa pun.

Cara Kerja Thermal Printers Untuk Mencetak Tanpa Tinta

Printer termal langsung dilengkapi dengan “kepala termal” yang menghasilkan panas. Kepala termal ini memanaskan kertas khusus di tempat tertentu saat kertas itu berguling. Setiap titik yang memanas menunjukkan pewarna yang meresap ke dalam kertas.

Karena kertas itu sendiri yang mengandung pewarna, kualitas cetakan bisa jadi agak terbatas. Kebanyakan kertas termal hanya mengandung pewarna hitam, yang bagus untuk mencetak hal-hal dasar seperti resep dan jurnal peluru. Cetakan juga memudar seiring waktu, jadi tidak bagus untuk proyek jangka panjang.

✅Baca Juga:  Cara Menemukan Keluarga dan Teman Anda Menggunakan Google Maps

Cara Kerja Thermal Printers Untuk Mencetak Tanpa Tinta
Satu pengecualian adalah teknologi pencetakan yang disebut ” ZINK “, yang merupakan singkatan dari Zero INK. Seperti printer termal langsung lainnya, printer Zink menggunakan kertas termal. Namun, “Kertas Zink” memiliki beberapa lapisan peka panas dengan pewarna cyan, magenta, dan kuning.

Dengan mengontrol suhu dan panjang pulsa panas secara tepat, printer Zink melebur berbagai lapisan untuk menampilkan warnanya. Semburan singkat panas tinggi mengaktifkan warna kuning, semburan panas rendah yang lama mengaktifkan sian, dan sekarang, “piksel” itu tampak berwarna hijau. Sangat keren.

Hal lain yang mempengaruhi kualitas adalah DPI (titik per inci) dari kepala termal. Semakin banyak “titik” di kepala yang dapat dipanaskan, semakin tinggi resolusinya. Printer termal dasar dapat memiliki 200 hingga 300 DPI, sedangkan printer Zink akan jauh lebih tinggi dari itu.

Bisakah Anda Membeli Printer Thermal untuk Penggunaan Pribadi?

Cara Kerja Thermal Printers Untuk Mencetak Tanpa Tinta

Printer termal tidak hanya untuk penggunaan bisnis. Meskipun benar bahwa printer termal sebagian besar digunakan oleh bisnis, ada banyak pilihan konsumen yang bagus. Banyak dari printer ini untuk pembuatan label, tetapi mereka juga dapat melakukan hal-hal keren lainnya.

✅Baca Juga:  Cara Factory Reset Windows 10

Sebuah merek bernama “Phomemo” memiliki lini printer termal mini yang dapat terhubung ke ponsel dan tablet melalui Bluetooth. Harganya mulai dari $ 50 hingga $ 90, tergantung pada kualitas yang Anda inginkan.

Amazon bahkan memiliki ” Printer Catatan Tempel ” berkemampuan Alexa yang menggunakan kertas termal berlapis perekat berwarna kuning. Mereka mengiklankannya sebagai alat untuk mencetak daftar belanjaan, daftar tugas, dan teka-teki.

Harga printer Zink yang disebutkan di atas sama dengan printer Phomemo, tetapi kertasnya sedikit lebih mahal. Ini bagus jika Anda ingin mencetak foto berwarna langsung dari ponsel Anda.

Apakah printer termal ini akan menggantikan printer inkjet atau laser Anda ? Mungkin tidak, tetapi mereka dapat memiliki tujuan yang berguna. Fakta bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang tinta atau toner adalah keuntungan yang sangat besar. Selama Anda punya kertas, Anda bisa mencetak. Siapa bilang printer tidak bisa keren?

Leave a Reply

Your email address will not be published.