Begini Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula?

KABARMEDANKU.com – Begini cara memulai investasi saham bagi pemula? Setiap jenis investasi memiliki risiko. Besar kecilnya risiko juga tergantung dari nilai investasi itu sendiri.

Namun, risiko juga dapat muncul dari faktor eksternal, yaitu investor yang tidak sepenuhnya memahami atau tidak sepenuhnya memahami bagaimana mengelola investasi yang mereka pilih.

Untuk itu, sangat penting bagi calon investor untuk meneliti dan memahami model investasi yang akan mereka pilih, terutama jika ingin berinvestasi di saham.

Berinvestasi dalam saham berbeda dengan jenis investasi lainnya, seperti deposito berjangka. Berinvestasi di saham merupakan salah satu jenis investasi yang berisiko tinggi.

Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam mengelola investasi ini. Namun di sisi lain, investasi saham juga memiliki keuntungan yang besar karena ikut serta dalam permodalan suatu perusahaan.

Banyak orang mengatakan bahwa berinvestasi di saham membutuhkan pengalaman.

Jadi bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali?

Mudah. Salah satu caranya adalah dengan belajar. berikut ini ada penjelasan cara untuk memulai investasi saham bagi pemula yang belum berpengalaman sama sekali dalam berinvestasi.

✅Baca Juga:  Begini Hasil Keuntungan Berinvestasi Reksadana

1. Tetap waspada

Manusia tidak puas. Akan ada saatnya Anda akan merasakan manfaat berinvestasi saham dalam waktu yang lama dan Anda akan tergoda untuk melakukan investasi baru.

Jika sudah memasuki tahap ini, saran saya jangan tidak sabaran. Selalu ingat prinsip “jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang”.

Jika Anda ingin memulai investasi baru, jangan menempatkan modal Anda pada jenis dan tempat investasi yang sama. mengapa? Karena jika Anda membuat konsesi di beberapa titik, Anda berisiko mengalami kerugian besar.

Bagilah modal investasi Anda menjadi beberapa jenis aset investasi yang berbeda.

2. Lakukan analisis fundamental perusahaan

Setelah menguasai teori, saatnya berlatih dengan analisa fundamental perusahaan yang ingin membeli saham. Jika perusahaan sudah melakukan perdagangan di bursa, lihat kinerjanya.

Anda bisa mendapatkan informasi penting tentang perusahaan dengan melihat latar belakang perusahaan, bidang yang dikembangkan, status laporan keuangannya, aliran modal, dan masalah pendukung lainnya.

✅Baca Juga:  Inilah Pengertian dan Penjelasan Instrumen Trading

3. Belajar mengenali apa itu investasi saham

Berinvestasi saham bukan hanya sekedar membeli saham di suatu perusahaan atau memberikan modal kepada suatu perusahaan.

Pada dasarnya yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana menganalisa, yaitu analisa fundamental perusahaan dan analisa teknikal naik turunnya harga saham.

Hal ini sangat penting karena nantinya aspek ini akan sangat berguna jika Anda sudah berada di pasar saham.

4. Pelajari analisis teknis

Begitu sudah masuk pasar modal dan bursa, akan ada standarisasi nilai harga dan volume penjualan, yang biasanya dijadikan dasar jual beli saham. Analisis teknis diperlukan di sini.

Sebagai investor, Anda dihadapkan pada opsi jual dan beli. Keputusan ini tidak boleh dibuat sesuka hati, tetapi harus tersedia penelitian dari berbagai institusi atau perusahaan. Dengan demikian, terjadinya risiko yang ada dapat diminimalkan.

✅Baca Juga:  4 Inilah Perbedaan Investasi Saham dan Trading Saham

5. Pastikan untuk memperbarui berita terbaru

Stok tidak bisa ditinggalkan dengan nyaman. Sebagai investor, Anda harus selalu aktif dan peka terhadap isu dan berita ekonomi dan politik terkini, baik domestik maupun global.

Hal ini dikarenakan situasi ekonomi dan stabilitas politik suatu negara dapat mempengaruhi kinerja suatu bursa dalam hal investasi.

Jika Anda ingin berinvestasi, yang terpenting adalah memilih jenis aset investasi yang Anda ketahui dan kuasai. Daftar saja atau jangan tertipu oleh penawaran.

Jika Anda tidak tahu, luangkan waktu untuk belajar. Mengeksekusi investasi yang sudah dikenal dan dikendalikan akan sangat mudah dikelola di masa depan.

Untuk Pembahasan Tentang Investasi Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.