Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Blog

Menjadi seorang blogger sepertinya akan sangat menarik untuk dilakukan. Ada banyak hal yang harus anda terapkan supaya bisa menjadi blogger yang sukses. Bukan hanya sekedar menulis saja, namun ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh para blogger. Seperti halnya teknik SEO blog, cara menulis sesuai standar SEO, pemilihan template, domain dan masih banyak hal lainnya.

Salah satu teknik yang ada di dalam blog adalah bagaimana cara meningkatkan kecepatan loading halaman blog. Hal yang satu ini sangat penting untuk anda pahami karena orang-orang akan mengakses blog anda melalui mesin pencari Google. Tentu disini anda harus membuat pengunjung nyaman ketika mengakses blog milik anda. Mereka harus mendapatkan proses yang lebih responsive ketika berkunjung ke blog anda.

Sangat penting bagi anda untuk menguasai berbagai macam teknik yang ada di dalamnya. Memerlukan proses jika anda benar-benar ingin mempelajarinya dengan baik. Hal itu sudah dibuktikan oleh banyak orang yang menjadi blogger professional. Anda harus mencobanya supaya berhasil.

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading di Halaman Blog

Bagi anda yang ingin meningkatkan kecepatan loading pada blog milik anda bisa melakukannya dengan cara seperti berikut!

  • Memperkecil Ukuran CSS

Tips yang pertama adalah memperkecil ukuran CSS terlabih dahulu. Dengan cara yang satu ini akan membuat tampilan blog menjadi ringan dan mudah digunakan. Secara tidak langsung akan mempercepat proses loading dari blog milik anda. Dengan begitu, anda tidak perlu mengubahnya secara manual karena cara manual membutuhkan waktu yang lama.

Ada beberapa situs yang dapat anda gunakan untuk memperkecil ukuran CSS, beberapa diantaranya seperti csscompresor.com, cssoptimiser.com, imabblog.com, dan masih banyak yang lainnya. Semua tergantung dari diri anda sendiri dalam menggunakan CSS yang diinginkan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Kompres Gambar Sebelum Diupload
✅Baca Juga:  Cara Mempercantik Tampilan Blog di Tahun 2021

Gambar menjadi salah satu hal penting yang ada di dalam blog, bilamana anda tidak menempatkannya dnegan baik, maka blog anda akan kurang menarik untuk dilihat. Akan tetapi, dalam menempatkan sebuah gambar juga tidak asal-asalan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi blog milik anda, terutama untuk kecepatan loading akibat gambar yang memiliki ukuran besar.

Setiap gambar biasanya memiliki ukuran file yang berbeda-beda. Tergantung dari jepretan yang didapatkan. Sebaiknya upload gambar di blog anda dengan ukuran maksimal 100kb. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya lambat loading pada blog yang anda gunakan. Dengan cara yang satu ini tentu akan efektif untuk anda terapkan dibandingkan dengan menggunakan gambar seperti biasanya.

  • Memasang Javscript Lazy Load

Cara yang satu ini juga bisa anda terapkan untuk menunda terhadap request yang dibutuhkan. Mungkin di beberapa blg atau website pernah menemukan sebuah halaman yang menggunakan lazy load, seperti halnya yang digunakan oleh facebook. Untuk memasang javascript tersebut bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Masuk ke URL blogger terlebih dahulu
  • Klik menu dashboard blog
  • Klik sub menu template
  • Klik edit html pada sub menu template
  • Centang expand template widget dan tekan tombol ctrl F dan kemudia cari kode head
  • Setelah itu, masukan kode script ke dalamnya, lalu simpan.

Dengan menerapkan cara yang satu ini cukup ampun untuk meningkatkan kecepatan loading pada website.

  • Hindari Penggunaan Gambar untuk Background Blog

Tips yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah menghindari penggunaan gambar untuk background blog. Ada banyak sekali para blogger yang menggunakan gambar sebagai background halaman blog dengan tujuan untuk memperindah tampilan blog milik anda.

✅Baca Juga:  Tips Membangun Toko Online Dari Platform Wordpress

Hal ini memang dapat memperindah tampilan blog, namun untuk segi loading bisa memperlambat karena tampilan tersebut. Secara tidak langsung dapat menurunkan kecepatan loading blog. Maka dari itu, sebaiknya hindari saja penggunaan gambar untuk background blog.

  • Batasi Penayangan Iklan

Jangan berambisi untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak dengan cara menambahkan iklan dalam jumlah yang banyak di blog milik anda. Hal ini akan mempengaruhi proses kecepatan loading website atau blog milik anda. Bukannya semakin cepat malah justru menjadi lambat karena iklan yang berlebihan dipasangkan di blog anda.

Selain memperlambat proses loading, terlalu banyak iklan di dalam blog juga dapat menggangu para pengunjung yang ingin membacanya. Biasanya mereka akan malas untuk membaca artikel bilamana banyak iklan yang ditampilkan di dalamnya. Hal seperti ini tentu kurang efektif untuk anda terapkan. Membatasi penayangan iklan menjadi salah satu langkah yang paling tepat untuk anda lakukan.

  • Hindari Banyak Widget

Selain iklan yang terlalu banyak, widget yang terlalu banyak juga akan membuat tampilan blog menjadi kurang nyaman atau lambat. Hal seperti ini harus anda hindari dan sebaiknya segera setting widget yang sederhana. Biasanya para blogger memasang widget pada blog untuk memudahkan pengunjung agar menelusuri konten yang sedang dicarinya.

Widget sendiri berfungsi sebagai navigasi untuk pengunjung agar mendapatkan apa yang diinginkannya melalui kolom pencarian. Bilamana untuk mempermudah pengunjung justru akan bagus. Namun jika sebaliknya, hal ini akan membuat proses loading menjadi lebih lambat pada blog milik anda.

✅Baca Juga:  Template untuk Situs Hosting E-Commerce

Sebaiknya gunakan widget yang sederhana saja. Semakin banyak widget yang digunakan maka request beban kepada server pun akan semakin berat. Hal ini akan mempengaruhi blog milik anda. Sangat penting bagi anda untuk menerapkan tips yang satu ini.

Dampak Buruk Loading Blog Lambat

Bilamana blog milik anda memiliki loading yang lambat, tentu akan berdampak buruk. Ada beberapa dampak buruk yang bisa didapatkan diantaranya seperti:

  • Mengurangi Trafik

Trafik juga akan berpengaruh bilamana blog yang dikunjungi memiliki respon yang lambat. Mereka tidak akan mau menunggu karena respon yang diberikan blog cukup lama. Dengan begitu, mereka akan berpaling untuk melihat informasi yang diinginkannya pada blog lain. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk meningkatkan kecepatan loading blog.

  • Mengurangi Pendapatan

Pendapatan juga akan berpengaruh pada blog bilamana loadingnya lambat. Ketika seseorang ingin mengunjungi sebuah blog yang lambat, kemungkinan besar klik tidak terdeteksi. Semakin sedikit klik yang didapatkan tentu hasil pendapatan yang diperoleh akan semakin minim. Dengan cara yang satu ini tentu akan sangat tepat untuk anda lakukan.

  • Mempengaruhi SEO

SEO juga dapat terpengaruhi bilamana loading dari sebuah blog lambat. Google memperjelas bahwa loading blog merupakan salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritma dalam merangking sebuah halaman web. Dengan loading yang lambat akan membuat blog anda semakin tergusur menuju peringkat bawah.

Sangat penting bagi anda untuk membuat loading blog menjadi cepat. Akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Namun bilamana sebaliknya, hal tersebut juga akan berpengaruh pada blog anda yang kurang efektif pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.