Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami, Mudah dan Cepat

KABARMEDANKU.com – Cara menumbuhkan rambut secara alami, mudah dan cepat. Bagi sebagian orang, cara memanjangkan rambut bukanlah masalah.

Sama seperti menunggu ketidakpastian, Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan memiliki rambut panjang yang indah. Untungnya, ada banyak metode pertumbuhan rambut cepat yang bisa Anda coba di rumah.

Ketahui siklus pertumbuhan rambut

Sebelum mencoba berbagai cara menumbuhkan rambut panjang dengan cepat, ada baiknya kenali dulu siklus pertumbuhan rambut Anda.

Ada sekitar 5 juta folikel rambut di tubuh kita, tetapi sekitar 100.000 folikel rambut di kepala kita. Seiring bertambahnya usia, beberapa folikel rambut berhenti memproduksi rambut, menyebabkan kebotakan atau penipisan.

Dari 100.000 folikel rambut di kulit kepala, setiap rambut mengalami tiga tahap kerontokan dan pertumbuhan. Dimulai dari fase pertumbuhan, fase katagen hingga fase istirahat. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Tahap pertumbuhan

Fase anagen adalah fase aktif pertumbuhan rambut. Sel folikel rambut membelah dengan cepat. Kemudian rambut-rambut baru terbentuk dan rambut-rambut lama didorong dan dicabut hingga akhirnya keluar dari folikel.

Pada tahap ini, rambut tumbuh sekitar 1 cm panjangnya setiap bulan. Folikel rambut di kulit kepala mengalami fase pertumbuhan selama 2-6 tahun.

Orang yang mengalami kesulitan menumbuhkan rambut biasanya memiliki periode anagen yang pendek. Sebaliknya, mereka yang berhasil menerapkan metode penumbuh rambut biasanya mengalami masa pertumbuhan yang cukup lama.

Proses ini sebenarnya tergantung pada sel-sel di folikel rambut yang terus membelah untuk membentuk sel-sel baru. Para ilmuwan masih mempelajari dan mencari tahu apa yang menyebabkan tubuh berada dalam fase pertumbuhannya.

2. Degenerasi

Tahap katagen adalah masa transisi. Sekitar 3% dari semua rambut yang tumbuh di kulit kepala berada pada tahap ini. Fase katagen berlangsung selama 2-3 minggu.

Pada fase catagen, pertumbuhan rambut berhenti dan lapisan luar akar rambut berkontraksi dan melekat pada akar rambut. Ini mengurangi aliran darah ke akar rambut. Rambut akhirnya menjadi kurang gizi dan berhenti tumbuh.

3. Waktu istirahat

Telogen, juga disebut telogen, dialami oleh sekitar 6-8% dari semua rambut di kulit kepala. Tahap ini berlangsung 100 hari untuk rambut kulit kepala.

Pada fase telogen, folikel rambut dalam keadaan istirahat total. Rambut yang telah melewati masa penghentian pertumbuhan juga akan rontok.

Rambut dalam fase istirahat memiliki karakteristik khusus. Artinya, ada bintik-bintik putih kecil yang keras di akar rambut. Area ini biasanya muncul saat rambut rontok atau dicabut.

✅Baca Juga:  Bahaya Bulu Mata Keriting Yang Harus diwaspadai

Faktor yang membuat rambut lebih panjang

Menurut American Academy of Dermatology, rambut tumbuh rata-rata sekitar 3-4 milimeter per hari, atau sekitar 15 sentimeter per tahun. Namun, ada orang yang rambutnya tumbuh lebih panjang atau lebih lambat dari itu.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut Anda tumbuh lebih panjang, antara lain:

  • jenis rambut tertentu.
  • Faktor genetik atau genetik.
  • perubahan hormonal.
  • nutrisi yang dikonsumsi.
  • Saya melakukan perawatan rambut.

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat dan mudah

Saat ini sudah banyak produk perawatan rambut yang dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Namun, bagi Anda yang lebih suka menggunakan cara alami, ada cara cepat menumbuhkan rambut yang bisa Anda coba.

1. Memerlukan nutrisi dan vitamin yang cukup

Salah satu cara termudah untuk memanjangkan rambut secara alami adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh Anda.
Faktanya, mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan nutrisi tidak serta merta mempengaruhi rambut panjang dengan cepat.

Namun, tubuh membutuhkan energi untuk memproduksi sel-sel rambut dan menumbuhkan rambut. Kekurangan nutrisi menyebabkan rambut tumbuh lebih lambat.

Yang terbaik adalah mendapatkan vitamin dan mineral secara alami dari diet harian Anda, seperti:

  • Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6
  • Seng
  • Biotin
  • Baja
  • Vitamin C
  • Vitamin D

Jika Anda bingung, tidak ada salahnya mendiskusikan hal ini dengan ahli gizi dan dokter kulit serta mengatur pola makan agar rambut Anda tumbuh lebih cepat.

2. Makan lebih banyak protein

Selain berbagai vitamin dan mineral di atas, cara alami memanjangkan rambut membutuhkan asupan protein yang lebih banyak. Protein membantu pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerusakan.

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan panas dan bahan kimia untuk menata rambut, protein akan sangat bermanfaat.

Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung protein atau menggunakan minyak kelapa untuk menata rambut Anda.

Juga, makan lebih banyak sumber protein dari menu harian Anda. Misalnya, daging, ikan, telur, susu, yogurt, dll. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan agar tidak mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Potong ujung rambut Anda secara berkala.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk memangkas ujung rambut Anda secara teratur sebagai cara untuk menumbuhkan rambut Anda lebih cepat.

Langkah ini dilakukan agar rambut tetap sehat dan terhindar dari masalah kerusakan seperti rambut bercabang dan mudah patah. Anda bisa memangkas (trim) ujung rambut Anda secara rutin.

✅Baca Juga:  Pelajari tentang Panthenol, Bahan kimia Yang Menghidrasi kulit Anda

4. Oleskan minyak alami esensial

Tahukah Anda bahwa mengoleskan minyak esensial dapat memanjangkan rambut secara alami? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hindawi menemukan bahwa minyak biji labu dapat merangsang pertumbuhan rambut pada pria dengan rambut menipis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 mg minyak biji labu dalam bentuk kapsul dapat membantu pertumbuhan rambut pada pria.

Setelah 24 minggu, peserta yang mengonsumsi minyak biji labu mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40%. Selain minyak biji labu, Anda bisa menggunakan minyak esensial lainnya seperti minyak rosemary dan minyak peppermint.

Manfaat minyak rosemary untuk rambut telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh NCBI untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak esensial alami ke dalam sampo Anda. Bisa juga dicampur dengan carrier oil atau minyak pelarut, yang berguna untuk mencegah kerusakan rambut.

Misalnya minyak kelapa, minyak bunga matahari atau minyak jarak.

5. Pijat Kulit Kepala

Pijat kulit kepala dapat digunakan sebagai cara alami untuk memanjangkan rambut. Diyakini bahwa langkah ini merangsang sirkulasi darah di bawah kulit untuk membantu memicu pertumbuhan rambut.

Juga, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Plastic Surgery menunjukkan bahwa pijat kulit kepala dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pijat kulit kepala selama empat menit selama 24 minggu dapat membuat rambut pria lebih tebal.
Tidak banyak penelitian khusus tentang topik ini, tetapi saya tidak punya masalah memijat kulit kepala, terutama saat keramas.

Langkah ini tidak hanya merupakan cara alami untuk memanjangkan rambut, tetapi juga dapat membuat kulit kepala lebih nyaman dan bersih.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Rambut panjang dengan lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat alami. Tanaman ini dipercaya dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi sehat dan mudah diatur.

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat membantu mengurangi ketombe dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya cukup mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu.

Jika ingin praktis, Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

7. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai cara alami untuk menumbuhkan rambut. Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat diserap ke dalam batang rambut dan mengurangi rambut rontok protein.

✅Baca Juga:  Kapan Waktu Yang Tepat menggunakan Masker Wajah?

Tergantung pada jenis rambut Anda, Anda dapat menggunakannya sebelum atau sesudah keramas. Gunakan sebagai kondisioner tanpa bilas selama beberapa jam sebelum keramas, atau biarkan semalaman.

8. Gunakan Jus Lemon

Dipercaya bahwa menggunakan jus lemon segar untuk rambut merangsang pertumbuhan rambut dan memperbaiki helai rambut.

Cara cepat mendapatkan rambut panjang dengan bahan alami ini adalah dengan mengoleskan jus lemon ke kulit kepala dan rambut Anda. Kemudian biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Selain menggunakan jus lemon segar, Anda bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dengan minyak pembawa sebagai masker rambut alami.

9. Sisir rambut

Anda juga bisa menyisir rambut untuk menumbuhkan rambut lebih cepat. Ini mungkin terdengar sepele, tetapi menyisir rambut Anda dapat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala Anda, yang dapat membuat rambut Anda tumbuh lebih panjang dan lebih lurus.

Sisir rambut Anda dengan lembut selama 2 menit 1-2 kali sehari. Gunakan sisir yang lebar dan berujung bulat untuk menghindari rasa sakit saat menyisir. Lakukan setiap pagi dan sore hari untuk merangsang sirkulasi kulit kepala.

10. Batasi Penggunaan Alat Penata Gaya

Jika Anda sering menggunakan alat penata rambut sehari-hari, seperti pengering rambut, pelurus rambut, atau pengeriting rambut, sebaiknya batasi kebiasaan ini mulai sekarang.

Pasalnya, alat-alat tersebut mempengaruhi pertumbuhan rambut dan mudah patah atau rontok. Dalam kasus penggunaan yang tidak dapat dihindari, pastikan untuk menggunakan produk pelindung rambut terlebih dahulu dan gunakan pada suhu terendah.

Selain itu, produk rambut dengan bahan kimia, seperti pewarna rambut, dapat merusak rambut Anda. Bahan kimia yang ditemukan dalam pewarna rambut dianggap membuat rambut lebih rapuh dan mudah patah, sehingga membuatnya tumbuh lebih panjang.

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat di rumah itu mudah. Jika cara alami memanjangkan rambut di atas tidak berhasil, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit.

Dokter Anda dapat memberikan rekomendasi perawatan berdasarkan kondisi rambut Anda. Tergantung pada penyebabnya, dokter Anda mungkin meresepkan suplemen makanan tertentu.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button