Cara Mudah Membuat Masker Arang aktif di Rumah

KABARMEDANKU.com – Cara udah membuat masker arang aktif di rumah. Pernahkah Anda mendengar produk perawatan kulit berupa masker arang aktif? Faktanya, karbon aktif adalah bubuk hitam tidak berbau yang terbuat dari arang yang dipanaskan.

Selain membeli produk dari pasar, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Menariknya, karbon aktif ini sangat mudah diserap. Inilah sebabnya mengapa kulit diklaim dapat menyerap zat beracun. Tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung hal ini, tetapi itu tidak mengurangi popularitasnya.

Cara membuat masker karbon aktif

Kadang-kadang, produk masker karbon aktif yang tersedia secara komersial mungkin mengandung bahan-bahan seperti pengawet. Hal ini dapat menyebabkan reaksi kulit, terutama pada orang yang sensitif.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat masker karbon aktif. Bahan-bahannya sederhana seperti:

  • 2 sendok teh air
  • 1 sendok teh tanah liat bentonit
  • 1 sendok teh bubuk arang aktif
  • ½ sendok teh madu
  • 1 tetes minyak esensial (opsional)
✅Baca Juga:  Berapa Jam Sehari Saya Harus Memakai Lensa Kontak?

Sebelum Anda mulai, perlu diingat bahwa membuat masker arang aktif bisa sangat berantakan. Bubuk arang mudah diterbangkan. Karena itu, yang terbaik adalah membuat topeng ini di area tertutup atau jauh dari jendela.

Jika sudah siap, berikut langkah-langkah membuatnya:

  • Campur air dan minyak esensial dalam mangkuk
  • Tambahkan tanah liat bentonit
  • Tunggu beberapa menit hingga meresap.
  • Masukkan bubuk karbon aktif dan madu ke dalam mangkuk
  • Campur semua bahan jadi satu sampai teksturnya seperti pasta.

Selain resep di atas, Anda juga bisa menambahkan cuka sari apel sebagai pengganti madu. Namun, langkah penyiraman dilakukan terakhir sampai diperoleh konsentrasi yang dibutuhkan.

Alternatif lain cara membuat masker arang aktif adalah dengan menggunakan gelatin. Cukup campurkan satu sendok makan gelatin dan tanah liat bentonit dalam mangkuk. Kemudian tuangkan air mendidih. Campur semua bahan untuk membuat pasta.

Cara menggunakan masker karbon aktif

Setelah berhasil menyelesaikan misi DIY Anda membuat masker arang aktif, saatnya untuk mengaplikasikannya ke kulit Anda. Untuk hasil terbaik, cuci muka terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran, riasan, atau minyak.

✅Baca Juga:  Apakah Boleh Keramas Setiap Hari? Begini Penjelasannya

Jika tidak, alih-alih membuat masker tidak efektif, itu akan menjebak debu dan residu lain di kulit Anda. Efektivitas masker tidak efektif karena tidak bisa masuk ke dalam kulit.

Setelah wajah Anda bersih, mulailah mengoleskan masker arang aktif ke seluruh wajah Anda dengan jari-jari Anda. Selain menggunakan jari, Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan kuas kecil. Kemudian pijat dengan lembut.

Jika sudah, Anda bisa membilasnya dengan air hangat. Kemudian, tekan ringan dengan handuk hingga kering.

Tips keamanan saat menggunakan masker karbon aktif

Demi keselamatan Anda, jauhkan masker dari mata dan mulut Anda. Ini karena arang aktif bisa dioleskan ke kelopak mata atau kulit tipis di bawah mata.

✅Baca Juga:  Eksfoliasi Wajah: Manfaat, Jenis dan Cara Yang Tepat untuk Melakukannya

Sedangkan untuk durasinya, idealnya Anda hanya perlu 1-2 kali dalam seminggu. Melakukannya terlalu sering dapat membuat kulit Anda terlalu kering.

Juga, perhatikan kemungkinan berkembangnya gejala alergi. Misalnya, Anda mungkin mengalami rasa terbakar, gatal, kemerahan, atau bengkak setelah mengoleskan masker arang aktif ke kulit Anda.

Jika ini terjadi, segera hentikan pemakaian masker. Beberapa bahan masker arang aktif mungkin tidak cocok untuk kulit Anda.

Padahal, sejauh ini belum banyak bukti ilmiah yang membuktikan manfaat karbon aktif pada kulit. Namun, banyak yang mengklaim bahwa arang aktif dapat mengontrol jerawat, mengurangi sifat berminyak dan menghilangkan kotoran.

Berhasil atau tidak, Anda bisa mencoba membuat masker arang aktif sendiri di rumah. Bahan-bahannya sederhana. Serbuk karbon aktif mudah terbawa angin, jadi sebaiknya jangan dilakukan di dekat jendela.

Namun, jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengoleskan arang aktif ke kulit Anda, segera hentikan penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.