Cara Setting Blog Yang Benar Saat Awal Pembuatan

KABARMEDANKI.com – Bagi anda yang ingin menjadi seorang blogger harus tahu cara setting blog, memerlukan proses jika ingin sukses di dunia blogger. Tidak hanya sekedar menulis saja, melainkan ada banyak hal yang harus anda pelajari di dalam blog.

Memiliki kemampuan dalam menulis menjadi modal utama yang diperlukan jika ingin menjadi blogger. Nantinya tulisan anda akan dilihat melalui tampilan Google yang dicari oleh orang-orang.

Banyak sekali hal-hal yang harus anda pelajari dalam dunia blogger, salah satunya adalah teknik SEO. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup penting untuk anda terapkan agar menjadi blogger professional.

Teknik SEO memungkinkan anda untuk menempati peringkat teratas halaman pertama Google.

Bukan itu saja, anda juga harus bisa setting blog mulai dari awal pembuatan hingga benar-benar bisa digunakan. Khususnya untuk awal-awal, anda harus bisa setting sebaik mungkin agar blog anda bisa diakses dengan baik.

Blog yang SEO friendly nantinya akan disukai oleh Google. Maka dari itu, anda harus setting blog dengan baik agar disukai oleh Google.

Cara Setting Blog Yang Benar dari Awal Pembuatan

Setting blog menjadi salah satu hal penting yang harus anda kuasai. Apalagi untuk para pemula yang pastinya harus mempelajarinya dengan baik. Sebelum blog digunakan, anda harus menyettingnya sedemikian rupa agar dapat digunakan secara efektif.

Adapun beberapa cara setting blog yang benar dari awal pembuatannya sebagai berikut!

Login ke Akun Blogger

Login menggunakan akun gmail anda yang sudah didaftarkan ke blogger terlebih dahulu. Bila sudah, cari menu setelan atau settings yang ada pada tampilan menu.

Bila setelan tersebut sudah di klik, maka akan muncul beberapa menu diantaranya seperti dasar, post dan komentar, email, Bahasa dan pemformatan, pereferensi penelusuran, lainnya dan lain-lain.

✅Baca Juga:  Cara Optimasi SEO Blog Yang Benar 2021

Sub menu tersebut memiliki fungsi masing-masing yang akan mempengaruhi blog anda untuk disetting. Anda bisa membacanya terlebih dahulu dan mencari tahun informasi mengenai masing-masing menu tersebut.

Menu Setelan Dasar

Salah satu bagian setelan yang harus anda pahami adalah setelan dasar, disini terdapat beberapa submenu yang dapat anda setting diantaranya seperti berikut:

Judul

Judul menjadi salah satu hal penting yang harus anda buat. Dimana judul ini berisikan apa yang akan anda buat melalui blog anda. Seperti halnya “Informasi Tentang Sepakbola” karena anda akan membahas berita tentang sepakbola melalui blog yang anda gunakan.

Deskripsi

Bagian yang satu ini juga cukup penting untuk anda isi. Klik bagian edit untuk mengubah deskripsi pada blog. Disini anda bisa mengisi dengan rangkaian kalimat yang menggambarkan isi blog. Bisa dibilang deskripsi ini merupakan informasi singkat mengenai intisari dari blog yang akan dibahas.

Untuk pembuatan deskripsi ini maksimal sebanyak 500 kata yang nantinya akan diletakan di bawah judul blog anda. Nantinya juga akan muncul di halaman pencarian untuk deskripsi yang anda buat.

Privasi

Untuk mengubah privasi, klik edit dan ubah pengaturannya. Bila anda menginginkan blog hanya bisa diakses melalui pengetikan URL atau hal lainnya. Pengaturan yang satu ini ada kaitannya dengan indexing yang bisa muncul di halaman pencarian.

Namun akan lebih efektif jika bagian yang satu ini tidak diedit. Hal ini supaya blog anda bisa muncul di pencarian google dan meningkatkan visitor dengan mengetikan kata kunci tertentut. Potensi untuk menambah view tentu akan semakin besar.

Alamat

Untuk merubah alamat klik edit link pada blog.

Alamat Penelusuran

Bagian yang satu ini bisa diabaikan bilamana anda tidak ingin mengisinya.

✅Baca Juga:  Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Blog

Pengalihan HTTPS

Pengalihat https bisa anda ubah menjadi ya atau tidak sesuai yang diinginkan. Bila ya berarti pada bagian depan domain akan ada tulisan https namun jika tidak nantinya tidak akan muncul.

Izin Penulis Blog

Untuk izin penulis blog bisa dilakukan dengan klik link button + tambah pengarang, jika anda ingin menambahkan penulis di blog anda, perlu verivikasi terlebih dahulu.

Pembaca Blog

Cara yang satu ini adapat anda lakukan dengan mengeklik tombol edit dan jika ingin merubahnya, anda bisa mengaksesnya sendiri.

Menu Setelan Post dan Komentar

Hal yang harus anda setting selanjutnya adalah bagian menu setelan post dan komentar. Disini menjadi bagian yang cukup penting apakah anda ingin mengaktifkan komentar pada blog anda atau tidak. Biasanya ada beberapa pilihan seperti tersemat agar komentar muncul di blog anda.

Begitu juga dengan post artikel yang bisa ditampilkan sebanyak mungkin. Anda dapat mengisi angka berapa yang diinginkan. Nantinya artikel tersebut akan muncul d halaman blog. Biasanya untuk idealnya jumlah artikel 5-7 yang akan ditampilkan pada post blog.

Menu Setelan Seluler dan Email

Setelan seluler dan juga email juga cukup penting untuk anda ketahui. Anda dapat mempublikasikan entri dengan menggunakan email, berarti anda bisa posting blog melalui sebuah email. Selain itu, terdapat juga notifikasi komentar yang bisa diisi dengan alamat email anda dan juga komentar yang akan diberikan.

Bagian yang berfungsi untuk menambahkan kontak email untuk mempublish apa yang dposting adalah email notifikasi komentar. Bila semuanya sudah dilakukan, anda tinggal klik simpan saja.

Menu Setelan Bahasa dan Pemformatan

Pengaturan Bahasa juga sangat penting untuk anda terapkan dalam blog anda yang baru saja dibuat. Bahasa yang anda gunakan sebaiknya Bahasa Indonesia saja karena target audiens anda adalah Indonesia. Selain itu, anda juga dapat mengaktifkan transliterasi.

✅Baca Juga:  Cara Memilih Kategori Blog Yang Prospek di Tahun 2021

Terdapat zona waktu yang harus anda tentukan, disini anda bisa memilih GMT+7 Jakarta karena berada di Indonesia. Sementara untuk format header tanggal bisa memilih sesuai selera masing-masing. Klik simpan bila sudah menyettingnya.

Menu Setelan Preferensi Penelusuran

Pada bagian yang satu ini ada beberapa submenu yang bisa anda setting. Terutama bagian tag meta dan deskripsi. Anda bisa mengeditnya supaya muncul di halaman pencarian di bagian bawah judul blog yang sudah terindeks oleh google.

Sementara untuk menu kesalahan dan pengalihan khusus anda memerlukan pemahaman yang cukup. Tidak perlu diedit tentu tidak menjadikan suatu masalah pada blog milik anda.

Menu Setelan Lainnya

Tahap yang terakhir untuk menu setelan yang harus anda pahami adalah menu lainnya. Disini bisa anda skip atau lakukan sesuai keinginan anda sendiri. Impor dan backup yang ada menu lainnya berfungsi untuk memindahkan konten blog yang lain ke blog anda sekarang.

Terdapat juga menu backup konten yang berfungsi untuk memindahkan konten ke hardisk untuk diamankan. Anda juga bisa menghapus blog melalui menu yang satu ini secara efektif.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampakan mengenai cara setting blog di awal-awal pembuatan. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya berhasil melakukannya.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.