Dasar-dasar Router

Router adalah instrumen pc yang mendapat atau meneruskan paket informasi ke dan dari Internet menuju tujuan dalam aktivitas yang disebut sebagai perutean. Router adalah elemen penting dari jaringan komputer yang memungkinkan informasi yang dikirim tiba di tujuan yang tepat.

Sebagai gambaran, anggaplah internet itu internasional dan satu pc adalah satu rumah tangga. Komputer lain yang terhubung melalui Internet adalah keluarga di seluruh dunia. Katakanlah satu keluarga akan mengirimkan surat kepada satu keluarga lain di belahan dunia mana pun.

Surat itu memiliki pegangan, bukan? Dan pegangan itu akan menyelidiki tujuan surat itu. Tetapi tanpa seseorang mempelajari alamatnya, surat itu tidak lagi sampai ke penerima yang tepat. Surat tersebut juga tidak lagi dapat mencapai penerima yang dimaksud jika tidak ada medium. Media ini bisa menjadi kurir. Dan kurir informasi pc adalah router.

✅Baca Juga:  Laptop Macbook Air 11 Inci, Kebutuhan Komputasi Sehari-hari

Router (router broadband) dapat menjadi instrumen yang memungkinkan NULL atau komputer tambahan untuk mendapatkan paket informasi dari Internet di bawah satu alamat IP pada waktu yang sama.

Ingatlah bahwa untuk dapat terhubung ke Internet, komputer harus memiliki alamat IP yang berbeda dari koneksi komputer. Oleh karena itu, setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP-nya sendiri. Ini seperti memiliki sidik jari atau ID sebagai entri silang untuk dapat masuk ke web. Dengan hadirnya router, “sidik jari” atau “ID” ini dapat digunakan bersama oleh NULL atau pc tambahan pada waktu yang sama.

Dalam bentuk yang paling sulit, sebuah router membuat NULL atau PC ekstra menggunakan Internet dengan cara yang sama dengan satu akses masuk.

✅Baca Juga:  Cara Mudah dan Praktis untuk Download MP3 Atau MP3 YouTube

Satu hal tambahan: PC dengan modem kabel juga dapat dilihat sebagai router. Dalam hal ini, pc akan melakukan aktivitas routing seperti yang dilakukan router biasa. Komputer lain kemudian dihubungkan ke pc dengan koneksi Internet yang akan menyediakannya dengan koneksi Internet. Komputer dengan modem kabel memiliki sentuhan langsung dengan Internet dan yang terhubung dengannya berbagi koneksi.

Mengapa ada orang yang menginginkan router?

Untuk keluarga dengan NULL atau komputer ekstra yang ingin memiliki koneksi Internet ke setiap komputer yang mereka miliki, berlangganan untuk setiap komputer bisa jadi terlalu berlebihan. Jawabannya adalah dengan membeli sebuah router yang memungkinkan setiap komputer di area tersebut memiliki koneksi Internet. Dalam definisi di atas, router broadband akan bertindak sebagai hub ke koneksi Internet saat ini.

Jika router mirip dengan hub, bukankah itu berdampak pada kecepatan Internet?

✅Baca Juga:  Laptop Asus VivoBook X441UA, Serbaguna dan Terjangkau

Harus dipertimbangkan bahwa segera setelah satu koneksi Internet dibagi, kecepatan koneksi terpengaruh. Tetapi ada beberapa router broadband yang akan menunjukkan perlambatan minimum pada kecepatan Internet dan dampaknya mungkin tidak lagi besar.

Kecepatan internet juga akan bergantung pada berbagai program yang digunakan di router. Meskipun beberapa akan berdampak kecil pada kecepatan seperti game online, yang lain akan sangat memperlambat koneksi Anda atau bahkan menghindari Anda untuk menggunakan Internet sama sekali.

Biasanya, tempat kerja menggunakan router yang lebih unggul untuk mengarahkan koneksi Internet ke sejumlah besar komputer. Router ini akan memberikan paket informasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan router yang sudah mapan yang digunakan di area yang mempengaruhi kecepatan Internet yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.