Gatal karena Stres? Anda Mungkin Menderita Neurodermatitis

KABARMEDANKU.com – Gatal karena stres? anda mungkin menderita neurodermatitis. Selain alergi atau gigitan nyamuk, stres juga bisa menyebabkan rasa gatal. Stres dapat menyebabkan kulit Anda menjadi merah dan gatal seperti gatal-gatal.

Ketika ini terjadi, Anda mungkin menderita neurodermatitis.

Pelajari lebih lanjut di bawah ini tentang bagaimana stres gatal dapat terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Mengapa stres menyebabkan kulit gatal?

Anda mungkin bingung mengapa kulit atau tubuh Anda tiba-tiba gatal tanpa alasan. Tanpa disadari, pikiran bisa menjadi penyebab kulit gatal.
Beberapa orang mungkin mengalami kemerahan dan gatal ketika ada masalah atau tekanan. Kondisi ini disebut neurodermatitis.

Neurodermatitis adalah kondisi kulit berupa gatal, kekeringan, atau perubahan warna yang disebabkan oleh stres atau tekanan psikologis.

Rasa gatal akibat stres terjadi karena otak “berkomunikasi” dengan ujung saraf di kulit. Mengalami masalah yang membuat Anda cemas dapat melebih-lebihkan respons stres tubuh Anda.

Reaksi inilah yang mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gejala sensorik pada kulit. Itu sebabnya Anda mengalami reaksi gatal atau sensasi terbakar pada kulit Anda dengan atau tanpa tanda yang terlihat.

✅Baca Juga:  Kapan Waktu Yang Tepat menggunakan Masker Wajah?

Juga, ketika Anda stres, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hormon ini meningkatkan produksi minyak di kulit. Nah, kulit berminyak memang rentan mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal.

Reaksi gatal terhadap stres ini mungkin lebih terasa jika Anda memiliki riwayat masalah kulit sebelumnya.

Cara mengatasi gatal akibat stres

Penyebab utama gatal pada kondisi ini adalah stres, sehingga mengendalikan stres adalah cara paling efektif untuk mengatasi dan mencegah gatal kembali.

Anda mungkin perlu waktu untuk menghilangkan stres. Berkonsultasi dengan psikolog atau dokter kulit psikologis mungkin bisa menjadi solusinya.

Untuk mengatasi stres yang Anda rasakan, Anda dapat mencoba meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk membantu Anda lebih rileks dari pikiran Anda.

Selain itu, jika rasa gatal sangat mengganggu, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa gatal akibat stres yang mungkin disarankan oleh dokter:

  • Kortikosteroid atau krim/salep yang menenangkan
  • Antihistamin untuk mengurangi rasa gatal
  • Antidepresan yang dapat meredakan gatal kronis
  • Terapi cahaya untuk mengontrol gatal (fototerapi)
✅Baca Juga:  7 Cara Make Up Secara Alami Tahan Lama untuk Pemula

Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke dokter, berikut beberapa cara menghilangkan rasa gatal akibat stres di rumah:

  • Penggunaan pelembab
  • Penggunaan krim kortikosteroid
  • Melembabkan udara menggunakan pelembab udara
  • Hindari pakaian kasar
  • Hindari mandi dengan air panas
  • Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Jika stres gatal terjadi, hindari menggaruk terlalu banyak atau menggaruk terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kulit yang lebih serius seperti iritasi dan infeksi.

Kenakan sarung tangan atau tutupi kulit yang gatal dengan kain untuk menghindari garukan. Selain itu, pastikan kuku Anda tidak panjang, karena menggaruk kuku dapat menyebabkan kulit melepuh.

Selain gatal-gatal, masalah kulit yang bisa disebabkan oleh stres

Jurnal Inflammation & Allergy Drug Targets menyatakan bahwa stres atau stres psikologis dapat menyebabkan dan memperparah berbagai kondisi kulit.

✅Baca Juga:  Eksfoliasi Wajah: Manfaat, Jenis dan Cara Yang Tepat untuk Melakukannya

Selain gatal, ada beberapa masalah kulit yang bisa disebabkan oleh stres, seperti:

  • Psoriasis
  • Dermatitis atopik
  • Jerawat
  • Dermatitis kontak
  • Alopecia areata
  • Eritema

Stres tidak hanya mempengaruhi tekanan darah dan dapat menyebabkan sakit kepala atau gejala fisik lainnya, tetapi juga dapat menyebabkan gatal dan masalah kulit yang tidak dapat dijelaskan. Apalagi jika Anda sudah memiliki masalah kulit.

Menghindari stres adalah cara paling efektif untuk mencegah dan mengobati rasa gatal akibat stres. Jika Anda tidak dapat menemukan cara terbaik untuk mengatasi stres, bukanlah ide yang buruk untuk mencari bantuan profesional, seperti psikolog.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.