10 hewan yang Bercahaya dan Indah

KABARMEDANKU.com – Hewan yang bercahaya dan indah. Kemampuan untuk secara biokimia menghasilkan dan memancarkan cahaya dalam gelap disebut bioluminescence. Dan itu adalah salah satu fenomena alam yang paling menarik.

Meskipun mengamati makhluk yang bersinar dalam gelap itu indah, bioluminesensi sebenarnya digunakan oleh banyak makhluk untuk menggunakan cahaya ‘dingin’ alami ini untuk menarik mangsa sebagai bagian dari strategi bertahan hidup, bertahan, dan memberi makan mereka.

Atau kawin atau mengalihkan perhatian pemangsa. Manusia juga telah menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan untuk memperluas daftar makhluk yang tidak mungkin. Mari berkenalan dengan binatang yang begitu mengilap.

1. Kunang-kunang

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang ditemukan di lingkungan beriklim sedang dan tropis. Juga disebut cacing petir, mereka memiliki organ pemancar cahaya khusus di bawah perut mereka.

Mereka menghasilkan cahaya warna yang berbeda, seperti kuning, hijau, atau merah pucat, dan memancarkan cahaya dalam pola berkedip untuk menarik pasangan. Cahaya juga merupakan tanda kurangnya rasa.

2. Ubur-ubur

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Ubur-ubur adalah hewan yang Bercahaya dan sangat terkenal dimuka bumi. Dengan bantuan protein fluoresen, fotoprotein, dan protein bioluminesen lainnya, hewan-hewan yang luar biasa ini dapat menciptakan skenario bawah laut yang paling indah sambil memancarkan cahaya dari tubuh mereka yang tidak transparan. Itulah mengapa hewan ini menjadi favorit untuk dipajang di akuarium umum.

3. Hiu Cookiecutter 

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Jarang sekali muncul ke permukaan laut, hiu Cookiecutter  memiliki cara unik untuk memakan potongan daging berukuran besar dari bagian tubuh mangsanya.

✅Baca Juga:  10 Ras Kelinci Terkecil di Dunia dan Imut

Bagian ventral dari tubuh coklat tua tebal dengan sel-sel pemancar cahaya dingin. Cahaya ini berpadu dengan cahaya redup yang disaring dari langit untuk mengaburkan garis besar hiu di lautan.

4. Siput Clusterwink

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Siput adalah hewan yang bercahaya menunjukkan bioluminesensi dalam bentuk kilatan samar di kepala dan kaki mereka, tetapi siput clusterwink adalah satu-satunya siput yang memancarkan cangkangnya seperti bola lampu kecil.

Kerang spiral memancarkan cahaya pirus sebagai bentuk pertahanan diri. Faktanya, cangkanglah yang memperkuat dan menyebarkan cahaya yang berasal dari titik halus di tubuh siput. Cahaya ini mengejutkan pemangsa dan menarik pemangsa pemangsa siput.

5. Bakteri Bioluminescent

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Beberapa bakteri yang hidup di lingkungan laut atau pembusukan makhluk laut atau usus memiliki kemampuan untuk menghasilkan cahaya.

Banyak hewan hidup bersimbiosis dengan bakteri ini dan menggunakan bioluminesensi sebagai ganti tempat berlindung dan nutrisi bagi tubuh mereka.

Ikan pemancing, misalnya, dihuni oleh bakteri dalam pelariannya yang seperti duri dan menggunakan bioluminesensi untuk bersinar. Ikan senter memiliki bakteri di organ kecil di bawah matanya, dan cumi-cumi Hawaiian Bobtail melindungi bakteri ini di mantelnya.

6. Nyamuk Arachnocampa

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Juga dikenal sebagai kunang-kunang Selandia Baru, nyamuk jamur ini adalah makhluk bercahaya yang hidup di gua basah, hutan basah, dan gua.

Salah satu gua yang paling terkenal, Gua Waitomo, dipenuhi oleh cacing yang menempel di langit-langit atau dinding gua, membentuk kanopi bercahaya atau benang cacing bercahaya.

✅Baca Juga:  10 kucing hypoallergenic Yang Baik untuk Penderita Alergi

7. Safir Laut

http://kabarmedanku.com/wp-content/uploads/2021/11/10-hewan-yang-Bercahaya-dan-Indah-6.webp

Safir atau safir laut adalah krustasea parasit kecil atau copepoda. Makhluk kecil transparan ini ditemukan di lingkungan laut di seluruh dunia.

Hewan-hewan ini tidak bersinar: mereka berkilau. Ini karena pelat kuarsa warna-warni di dalam sel epidermis yang menerima dan memantulkan cahaya. Spesies yang berbeda memancarkan warna cahaya yang berbeda, termasuk emas, biru, dll.

Tampilan luminescent ini mungkin hanya muncul pada pria yang menggunakannya sebagai cara untuk menarik perhatian wanita. Itu menyala dan menghilang dalam sekejap mata. Ini juga memberikan pengalaman paling menakjubkan bagi pengamat.

8. Kalajengking

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Kalajengking tidak bercahaya atau berwarna-warni, juga tidak bersinar dengan bantuan bakteri. Itu bersinar ketika terkena panjang gelombang tertentu dari sinar ultraviolet. Mereka bersinar biru-hijau terang di bawah ‘cahaya hitam’ dan banyak cahaya bulan.

Alasan sebenarnya atau penggunaan fluoresensi ini belum diketahui. Tetapi para ilmuwan mulai percaya bahwa kalajengking tidak menyukai sinar ultraviolet.

Mereka mungkin akan menggunakan mekanisme ini untuk mengukur tingkat cahaya. Jadi, putuskan apakah akan pergi keluar dan berburu. Tentu saja, mungkin ada kegunaan lain, seperti saling mengenali.

9. Cumi Kunang-Kunang

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Salah satu makhluk laut yang menghentikan bioluminesensi semua makhluk lain adalah cumi kunang-kunang, atau cumi-cumi enope yang mengkilap.

✅Baca Juga:  10 kucing hypoallergenic Yang Baik untuk Penderita Alergi

Kunang-kunang dan cumi-cumi diamati di lepas pantai Jepang setiap tahun, memberikan pertunjukan cahaya yang menarik. Ia menggunakan organ penghasil cahaya yang disebut photophores.

Ini memancarkan cahaya biru tua yang dapat dinyalakan dan dimatikan secara bersamaan atau dalam pola yang berbeda.

Predator ini menyalakan lampu untuk mengikat mangsa bersama-sama, menarik pasangan, atau membingungkan predator tentang penampilan mereka.

Mereka tampaknya berkumpul di Teluk Toyama antara bulan Maret dan Mei, musim kawin. Banyak laba-laba dan serangga juga memiliki kemampuan ini.

10. Hewan Bercahaya Buatan

10 hewan yang Bercahaya dan Indah

Para ilmuwan telah menggunakan kecanggihan teknologi modern untuk merekayasa modifikasi genetik pada berbagai hewan, antara lain: Dia membuat kucing, babi, domba, ikan, sapi, dll., dan membuat mereka bersinar.

Menurut para ilmuwan, ini dapat membantu menciptakan hewan dengan penyakit manusia sehingga mereka dapat dipelajari dengan baik. Ini juga meningkatkan produksi dan meningkatkan kualitas produk, menjadikannya sumber daya yang lebih baik bagi konsumen manusia.

Mekanisme luminescence alami berasal dari berbagai metode seperti bioluminescence, iridescence, dll. Mekanisme ini menginspirasi orang untuk mengembangkan penemuan inovatif, dan hewan bercahaya menjadi sumber cahaya dingin alami untuk penelitian ilmiah.

Untuk Pembahasan Tentang Investasi Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.