Investasi Cryptocurrency: Menarik, Tetapi Apa Harus Anda Kerjakan?

10 tahun lalu, seseorang kemungkinan ketawa bila anda menjelaskan jika anda turut melakukan investasi berbentuk cryptocurrency – semacam mata uang yang ditangkap lewat beberapa tool kriptografis yang dibuat lewat computer. Tetapi sekarang ini, investasi cryptocurrency sudah jadi opsi investasi yang terkenal. Bahkan juga ada yang menjelaskan jika anda belum betul-betul melakukan investasi bila tidak pernah memperdagangkan satu tipe cryptocurrency seperti Bitcoin, Litecoin, atau Ethereum dalam kehidupan anda.

Sukai atau mungkin tidak sukai, cryptocurrency telah berada di mana saja sekarang ini dan bukan hanya jadi konsumsi beberapa trader atau beberapa kutu buku. Malah, banyak usaha tradisionil yang mulai memadukan cryptocurrency ke basis investasi mereka dalam bermacam-macam, atau memakai cryptocurrency sebagai satu alat untuk mengeluarkan tipe produk lain.

Investasi Cryptocurrency dan Kenyataannya Sekarang ini

Berikut beberapa bukti bagus yang dapat anda pikirkan untuk memandang apa investasi cryptocurrency menjadi opsi anda selanjutnya:

Cryptocurrency makin terkenal

Contoh kasus: pada bukan Oktober Tahun 2020, PayPal mengeluarkan sebuah service baru yang memungkinkannya pemilik account beli, jual, atau meredam cryptocurrency, atau beli barang dari 26 juta merchant yang berbeda. Menurut basis pembayaran ini, cryptocurrency belum dipakai sebagai arus khusus karena pemakaiannya sebagai alat pembayaran terbatas, karena volatilitas, ongkos, dan kecepatan transaksi bisnis.

✅Baca Juga:  Tesla dan BMW Bangun Struktur Rantai Suplai Berbasiskan Blockchain

Tetapi, mereka yakin jika basis mereka menjadi alat untuk membikin cryptocurrency lebih berguna sebagai satu sistem pembayaran. Menurut CEO PayPal – Dan Schulman – dalam sebuah press release, perubahan ke mata uang digital tidak terelak, karena mekanisme ini tawarkan beberapa keuntungan misalnya:

  • Akses untuk seluruh orang
  • Efektivitas
  • Kecepatan
  • Keringanan mekanisme pembayaran, dan
  • Kekuatan pemerintahan untuk sampaikan dana ke masyarakat negaranya dengan cepat.

Saat itu, pendiri basis investasi crypto namanya Dchained – Edmund McCormack, mengatakan jika cara yang sudah dilakukan PayPal ini diharap, tetapi dibutuhkan untuk menggerakkan cryptocurrency lain ke atas. Menurut dia, keputusan ini langsung menangani tiga persoalan khusus yang ditemui cryptocurrency dalam sepuluh tahun paling akhir, seperti kepraktisannya untuk transaksi bisnis harian, marketplace yang terang dan gampang, dan legalitas.

Sekarang ini, anda dapat pilih dari beberapa rekening berbasiskan cryptocurrency yang ada. Dalam kurun waktu dekat, anda kemungkinan dapat daftarkan diri untuk memperoleh kartu credit penghargaan berbasiskan Bitcoin pertama di dunia. Kartu credit ini beritanya akan datang dari BlockFi. Kartu credit penghargaan ini bkerja seperti kartu credit penghargaan biasa. Perbedaannya, anda akan memperoleh 1.5% datang dari tiap pembelian memakai Bitcoin. Beritanya, kartu ini telah masuk ke daftar nantikan.

✅Baca Juga:  Cryptocurrency Untuk Pembayaran Lintasi-Batas: Kekuatan dan Rintangannya

Apa artinya? Saat makin banyak beberapa perusahaan dan basis investasi cari langkah memakai cryptocurrency (atau membolehkan customer memakainya), karena itu cryptocurrency akan makin disukai dibanding awalnya. Apa anda masih berpikir untuk lakukan investasi cryptocurrency? Jawabnya bergantung siapakah yang anda tanyai.

Kenapa anda perlu menimbang investasi cryptocurrency

Menurut Associate Director of Product Manajemen di Gemini (sebuah basis investasi cryptocurrency) – Claire Lovell menjelaskan jika Bitcoin sudah capai angka paling tinggi selama hidup. Adopsi cryptocurrency memiliki arti jika mata uang digital pada akhirannya sudah jadi sisi penting dari keuangan dan FinTech.

Dalam soal keuntungan, Lovell menjelaskan jika cryptocurrency memberinya semakin banyak opsi, kemerdekaan, dan kesempatan untuk customer di bagian keuangannya. Seterusnya, karakternya yang desentralistrik dan open-source menolong hilangkan titik kurang kuat mekanisme perbankan kekinian, karena cryptocurrency memberinya akses langsung ke customer. Dengan begitu, pemakai lebih gampang beli, simpan, dan memperdagangkan asset-asset terbaik dalam dasawarsa paling akhir.

Tidak itu saja, Drew Hamilton (CEO sebuah basis cryptocurrency namanya Rubix.io) mengatakan jika cryptocurrency masih berumur bayi. Maknanya, bila anda lakukan investasi cryptocurrency sekarang ini, anda dapat menjadi satu diantara yang paling depan, dan harga akan tinggi saat anda menjualnya dalam sekian tahun di depan. Bahkan juga, beberapa ahli memprediksi jika satu Bitcoin saja berharga $100.000 satu hari kelak.

✅Baca Juga:  Apakah benar Up-date Algoritme Google Menyensor Kripto?

Hal Yang Merepotkan Investasi Cryptocurrency

Tentu saja, tidak seluruhnya orang berpikiran sama, jika investasi cryptocurrency ialah sebuah gagasan yang baik. Menurut Garza, segi balik dari kebaruan cryptocurrency ialah volatilitasnya yang tinggi. Dalam kata lain, anda harus siap dengan semua peluang bila pilih investasi di bagian cryptocurrency.

Misalkan, di tanggal 15 Desember 2017, satu coin Litecoin berharga $306.87, tetapi mata uang ini turun sekitaran bulan Januari 2019 jadi $30 per coin. Pada awal tahun 2021 ini, Litecoin kembali naik ke angka $140.96 per coin. Hal yang sama dengan terjadi pada Bitcoin, yang jatuh di bawah $4.000 per coin di bulan Januari 2019. Tetapi, di bulan Januari 2021 ini, Bitcoin capai angka paling tinggi yang sempat ada, yaitu $41.940 per coin.

Walau kadang terlihat menarik, tidak seluruhnya orang siap dengan semua peluang yang menempel pada investasi cryptocurrency ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.