Jangan Remehkan Perawatan AC Mobil. Inilah Penjelasannya!

KABARMEDANKU.com – Jangan Remehkan Perawatan AC Mobil. Inilah Penjelasannya. Tahukah Anda bahwa selain mesin mobil, suku cadang mobil lainnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas udara dari pendingin ruangan (AC)? Pasalnya, AC sudah menjadi fitur pelengkap yang wajib ada di setiap mobil.

Pengendara tidak perlu membuka jendela untuk menikmati udara segar, cukup nyalakan AC dan jangan takut terkontaminasi bakteri dan virus dari luar.

Seperti yang Anda ketahui, komponen AC terdiri dari kompresor, evaporator, pengering, katup ekspansi, kondensor, filter udara, dan motor kipas. Nah, itu akan menghasilkan AC dingin dari kerjasama semua komponen. Lantas, seberapa penting perawatan AC mobil?

Jawabannya tentu penting dan harus diservis, apalagi saat AC mobil tidak dingin. Pada umumnya, perawatan AC mobil dilakukan setahun sekali saat kilometer mobil mencapai 5.000 hingga 10.000 km.

Selain itu, Indonesia memiliki waktu musim panas, yang membuat pengemudi mobil lebih sering menggunakan AC mobil mereka. Perawatan yang dimaksud bisa berupa penggantian filter udara kabin, perbaikan evaporator, kebocoran gas karbon, pengisian freon mobil, dll.

Perawatan AC Mobil Secara Mandiri

Bahkan, bahkan bisa melakukan perawatan AC agar tetap sejuk dan performanya optimal.

Pertama, pastikan sudut-sudut kendaraan Anda bersih dalam arti tidak terlalu berdebu, mulai dari jok, karpet, dan barang lainnya agar filter AC tidak bekerja terlalu keras.

Pasalnya, jika ada debu pada barang tersebut, filter AC bertanggung jawab untuk membersihkan debu tersebut. Karena itu, saat mencuci mobil, bagian dalam juga harus dibersihkan.

Kedua, jangan lupa menyemprotkan air sadah pada kondensor AC saat teman Anda mencuci mobilnya. Jika Anda bingung, bentuk kapasitor AC hampir seperti radiator dan terletak di depan radiator.

Penyemprotan ini untuk mencegah menempelnya debu atau kotoran agar tidak mengeras. Ketika disembuhkan, kotoran dan debu ini dapat menimbulkan korosi atau porositas, menyebabkan kapasitor bocor.

Ketiga, taman di tempat yang sejuk karena sebagian besar musim di Indonesia adalah musim panas. Apakah ada AC yang mendinginkan suhu di dalam mobil?

Itu benar, namun tetap menyebabkan pendinginan lebih lama karena udara panas dari luar diserap oleh mobil dan AC harus bisa ‘memakan’ udara panas yang dibawa mobil.

✅Baca Juga:  Persyaratan Perpanjangan STNK Mobil Tahunan dan 5 tahun

Kemudian matikan AC beberapa saat dalam perjalanan jauh. AC mobil itu seperti mesin, tapi orang yang butuh istirahat. Hal ini juga berguna untuk mencegah icing pada saluran AC.

Juga, pastikan bahwa kipas cadangan di depan kondensor selalu menyala saat menghidupkan kembali AC untuk menghindari kemungkinan kerusakan eksplosif pada kompresor.

Terakhir, selalu lakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua komponen AC. Nah, terkadang kita bingung bagaimana cara mengecek apakah AC masih berfungsi dengan baik atau kapan saatnya diservis.

Terlebih lagi, saya takut melakukan kesalahan dan menyebabkan kerusakan lain saat melakukan servis sendiri.

Kerusakan Umum pada AC

Di bawah ini adalah beberapa kerusakan AC yang dirangkum bengkel dan menjadi masalah umum bagi pengendara pada umumnya.

1. Freon Habis

Penipisan freon disebabkan oleh kebocoran pada sistem, baik karena komponen karetnya sudah usang, atau karena kompresor bermasalah. Jadi, meskipun AC dinyalakan secara normal, udara tidak akan dingin tanpa freon.

Anda juga akan merasakan udara panas. Ciri dari kurangnya freon biasanya ditandai dengan kipas AC yang tidak berputar.

Dalam hal ini, jangan menunggu AC berhenti mendingin sebelum menyervis AC. Kelalaian dalam memeriksa dapat memperparah kerusakan AC mobil Anda. Idealnya, penurunan kinerja AC akan tercapai ketika tanda 20 persen tercapai.

2. Filter AC Tersumbat

Ada penyumbatan pada filter AC mobil, yang seharusnya menyaring debu halus di udara, sehingga udara tidak keluar dari blower. Dalam hal ini, tidak hanya AC yang tidak dingin, tetapi ada banyak debu pada filter, yang mencegah sirkulasi udara yang baik.

3. kondensor kotor

Selain filter AC yang kotor, kondensor AC mobil Anda juga bisa kotor. Kondensor yang kotor tidak dapat menghilangkan panas yang dihasilkan oleh mesin AC dan juga mempengaruhi sistem operasi AC.

Pada masalah di atas, AC masih berhenti bekerja dan jangan menunggu untuk diperbaiki. Mengapa demikian? AC mobil mengandung komponen yang disebut refrigeran yang berfungsi seperti oli mesin. Nah, refrigerant membawa oli ke kompresor dan berperan sebagai pendingin dan pelumas.

✅Baca Juga:  Dampak Buruk Mencuci Kolong Mobil Pakai Steam

Ketika refrigeran habis, tentu saja jumlah oli yang dibawa oleh kompresor berkurang, dan jumlah panas juga berkurang sebagai akibat dari halangan. Jika tidak dicek, bukan hanya kinerja AC yang tidak akan bekerja dalam waktu lama, tetapi biaya perawatan akan meroket.

Jadi, luangkan waktu untuk memeriksa perawatan AC Anda setidaknya setiap 1-2 tahun sekali. Apalagi jika kilometernya lebih dari 5.000 km.

Pahami Mengapa AC Tidak Cepat Dingin

Apakah AC mobil Anda cepat dingin? Cari tahu penyebab kondisinya segera. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan AC tidak cepat dingin. Diantaranya adalah kebocoran pada pipa AC karena umur yang lama atau kerusakan pada evaporator atau kondensor.

Penyebab lain dari tidak berfungsinya AC mobil secara maksimal adalah kesalahan dalam pemilihan jenis Freon. Perlu dicatat bahwa ada dua jenis freon di pasaran. yaitu, R134a dan R12. Kedua tipe ini digunakan pada mobil yang berbeda. Untuk mobil setelah tahun 1994, biasanya menggunakan Freon R134a. Sejak tahun 1994, output mobil yang menggunakan tipe R12 lebih rendah.

Salah memilih jenis freon dapat mengakibatkan kinerja AC kurang optimal. Pemilihan Freon yang salah juga dapat merusak selang karet AC. Akhirnya terjadi kebocoran pada selang.

1. Pembersihan Kondensor AC

Juga bersihkan dan rawat kondensor AC saat mencuci mobil Anda. Bersihkan semua kotoran dan debu yang menempel padanya. Hal ini karena pengotor tersebut dapat menyebabkan kapasitor bocor dan korosi.

2. Pembersihan Filter AC

Bagian lain yang harus selalu dibersihkan dan dirawat adalah filter AC. Disarankan untuk mengganti filter kabin secara teratur. Jika penggantian disarankan, lakukan segera.

3. Gunakan Pengharum Ruangan Yang Tepat

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua pengharum ruangan cocok untuk pengharum ruangan mobil. Untuk itu, cobalah parfum khusus untuk teh. Jangan pernah menggunakan pengharum ruangan di mobil Anda.

✅Baca Juga:  9 Tips Samarkan Cat Mobil Belang Dengan Mudah dan Cepat

Servis Secara Berkala

Pendingin udara juga membutuhkan perawatan khusus. Setelah itu, Anda perlu melakukan perbaikan AC secara berkala. Hal ini membuat AC mobil lebih mudah dirawat dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

Pemeliharaan RPM

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merawat AC mobil Anda adalah dengan selalu menjaga RPM-nya (revolutions per minute). Putaran RPM kecil berdampak besar pada kinerja AC mobil Anda. Mengendarai mobil dengan kecepatan konstan.

Menjaga performa AC kendaraan Anda agar tetap nyaman saat berkendara. Ikuti beberapa cara di atas untuk merawat AC mobil Anda agar kenyamanan berkendara selalu terjaga.

Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Kabin kendaraan yang kotor atau berdebu tidak baik untuk kebersihan AC kendaraan. Debu juga dapat mempengaruhi kebersihan AC mobil Anda. Oleh karena itu, selalu periksa apakah kabin dan jok mobil bebas dari debu.

Jangan Membuka Kaca Saat AC Menyala.

Jangan membiasakan membuka jendela mobil saat AC mobil menyala. Hal ini dapat mengakibatkan kinerja AC yang lebih berat. Selain itu, ketika jendela mobil dibuka, debu dan kotoran lebih mudah masuk dan merusak AC.

Jangan Merokok di Dalam Mobil

Merokok harus dihindari saat AC menyala. Asap rokok bisa menempel di kabin mobil. Jika ingin merokok, terlebih dahulu Anda harus mematikan AC dan membuka kaca depan agar asapnya keluar.

Berapa Biaya Cuci AC Mobil?

  • Pembersihan AC: Rp 100.000 – Rp 150.000.
  • Konfirmasi AC Mati: Hingga Rp 200.000.
  • Perbaikan suku cadang yang rusak: Rp 300.000 – Rp 2 juta (tergantung harga suku cadang).
  • Perawatan berkala kapasitor: Rp 100.000 – Rp 200.000.

Inilah yang perlu kita lakukan dalam perawatan AC mobil kita agar bertahan lebih lama. Tidak banyak usaha yang harus kita lakukan, namun tidak akan sia-sia untuk memperpanjang umur AC mobil kita.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.