Jangan Remehkan tidak Servis Berkala untuk Mobil Pribadi

KABARMEDANKU.com – Jangan remehkan tidak servis berkala untuk mobil kesayangan Anda. Servis kendaraan secara berkala merupakan kewajiban bagi pemilik kendaraan.

Servis mobil reguler ini tercantum di buku manual. Kalau tidak, ada risiko ‘berakibat fatal’ untuk mobil yang jarang dirawat.

Merawat mobil tidak hanya mengisi bahan bakar sampai penuh, tetapi juga mengganti oli. Layanan mobil normal lebih dari itu. Selain itu, merawat mobil memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya.

Anda dapat memeriksa jadwal servis kendaraan reguler di manual. Ini adalah cara termudah untuk memastikan Anda tidak melewatkan layanan rutin selama periode tertentu. Di sisi lain, jika Anda melakukan sedikit perawatan pada mobil Anda secara teratur, kendaraan Anda berisiko.

Seiring dengan potensi kerusakan mobil yang lebih cepat, biaya yang dikeluarkan juga lebih besar. Jika mobil Anda jarang diservis, ada konsekuensi bencana:

Biaya Perbaikan Tinggi

Perawatan secara teratur dapat membantu menyelesaikan masalah dengan suku cadang mobil lebih cepat. Biaya juga cenderung lebih kecil daripada kerusakan yang terakumulasi dari tidak melakukan layanan rutin.

Mobil yang jarang dirawat dan boros oli juga bisa menambah biaya.

Tentunya semua pemilik kendaraan sangat menyadari pentingnya perawatan kendaraan secara rutin, namun terkadang mereka lupa betapa pentingnya hal tersebut. Karena merek yang berbeda, terkadang berbeda dalam hal manajemen, meskipun biasanya sama.

Sebelum melakukan servis mobil secara rutin, Anda perlu mengetahui suku cadang mobil mana yang perlu diperhatikan dan mana yang harus diganti jika terjadi kerusakan.

Potongan Harga Jual

Mobil dalam kondisi buruk tentu akan dibanderol dengan harga murah saat dijual kembali. Pembeli tidak menginginkan mobil yang kondisinya buruk dan memiliki umur yang pendek.

Jika mereka mau, mereka akan menawar di bawah standar pasar.

Bensin Yang Terbuang

Siapa yang tidak ingin mobilnya irit oli? Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil yang irit bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan orang sebelum membeli mobil.

✅Baca Juga:  3 Tujuan Tune Up Mobil Yang Harus Dilakukan Secara Rutin

Perawatan mobil secara rutin memainkan peran besar di sini selain faktor lain seperti kebiasaan pengemudi dan cuaca.

Sistem mobil yang tidak dirawat secara teratur tampaknya bekerja di bawah tekanan dan membutuhkan lebih banyak usaha. Tentu saja, upaya berlebihan seperti itu membutuhkan banyak energi.

Ban tanpa tekanan udara yang tepat, filter kotor, dan mesin yang tidak pernah disetel memberikan tekanan pada sistem dan menghabiskan banyak energi.

Servis untuk beberapa komponen di atas semuanya dalam kondisi baik, jadi setidaknya bisa membantu mobil Anda bekerja lebih keras.

Memperpendek Umur Mobil

Seperti disebutkan sebelumnya, mobil jarang dirawat, yang membuat mereka bekerja lebih keras. Ketika mobil membutuhkan terlalu banyak waktu untuk bekerja keras, beberapa komponen mulai aus.

Akibatnya, tekanan pada sistem meningkat dan komponen lebih cepat aus. Akibatnya, umur mobil juga lebih pendek dari yang diharapkan.

Performa Mobil

Performa mobil yang tidak maksimal dan juga merupakan bagian dari mobil yang jarang diservis secara rutin. Sebagai contoh sederhana, jika Anda jarang mengganti oli, itu akan menumpuk residu di mesin Anda. Aliran oli tidak mengalir dengan lancar ke seluruh sistem.

Faktor Keamanan

Melakukan servis kendaraan secara teratur dapat berkontribusi pada keselamatan saat berkendara. Risiko terbesar untuk mobil yang jarang diservis adalah kerusakan mekanis.

Pengereman, kemudi dan suspensi merupakan komponen penting yang perlu diperiksa secara berkala. Jika ditemukan kerusakan, harus segera diperbaiki. Kemudian komponen lain yang kurang penting adalah tekanan pada filter dan ban mobil.

Bahkan, Administrasi Keselamatan Transportasi Nasional AS telah menyebutkan bahwa suku cadang seperti ban, roda kemudi, suspensi, dan transmisi dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang tidak terduga dengan kondisi sekitar di luar pengemudi. Namun, hal ini jarang menarik perhatian pengendara.

✅Baca Juga:  Suzuki GSX-R1000R Phantom, Gagah dan Galak

Tanpa servis kendaraan secara berkala, sulit untuk mengetahui apakah ada komponen yang rusak yang berpotensi menyebabkan kerusakan mekanis. Servis rutin dapat membantu mempercepat kerusakan komponen.

Minyak

Dengan elemen yang penting didalam sebuah kendaraan adalah oli. Oli bertanggung jawab untuk melumasi mesin agar gesekan atau gesekan antar logam menjadi halus dan mulus. Jika oli tidak diganti, oli akan menjadi kotor dan lambat laun mengganggu performa mesin.

Di bagian ini, Anda dapat melihat level oli mobil Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin. Anda dapat dengan mudah melihat stik oli pada mesin, dan stik tersebut biasanya memiliki indikasi level oli mesin, apakah sudah berkurang atau tidak.

Anda juga dapat memeriksa apakah oli pada stik perlu segera diganti. Setelah selesai, kembalikan tongkat ke posisi semula. Namun, ada baiknya untuk membersihkan stik terlebih dahulu sebelum memasangnya kembali.

Kelihatannya sederhana, karena kotoran dapat menempel pada oli pada stik dan masuk ke mesin, namun debu pada oli dapat mengganggu pengoperasian stik. mesin. Perhatikan juga penggantian oli mesin secara berkala antara 3.000 km, 5.000 km atau 10.000 km.

Ban

Ban adalah satu-satunya penghubung antara mobil dan jalan, jadi perawatan ban secara teratur juga penting. Saat membeli mobil, pabrikan memilih karakteristik ban yang sesuai dengan kendaraan: Sedan, hatchback, SUV atau MPV, dll. Untuk tujuan ini, pengukuran standar tekanan angin ditampilkan di mobil. Beberapa informasi ditempatkan pada bingkai pintu depan dan beberapa di kompartemen mesin.

Mengisi dengan udara secara teratur tidak hanya lebih aman, tetapi juga berkontribusi pada penghematan bahan bakar karena ban kempes membutuhkan tenaga mesin yang lebih besar. Periksa tapak ban Anda secara teratur untuk ketipisan. Memutar ban juga merupakan ide yang baik, namun perhatikan arah pola ban saat berbelok. Hal ini karena orientasi pola ban yang salah dapat menimbulkan potensi bahaya saat berkendara.

✅Baca Juga:  Review Motor Honda CB500X Versi Terbaru 2021

Rem

Selain ban, kampas rem juga harus diperiksa secara berkala. Hal ini dikarenakan rem merupakan bagian penting yang menghentikan kendaraan. Rem memberikan stabilitas dan kenyamanan bagi semua penumpang yang ‘sehat’. Anda dapat mengganti kampas rem secara teratur atau selama penggantian ban.

Namun, jika Anda merasa tidak nyaman setiap kali Anda menekan pedal rem, segera periksa. Setidaknya jika Anda mencicit setiap kali Anda menginjak rem. Atau ganti bantalan rem Anda segera saat Anda merasakan kaki Anda bergesekan dengan dua potong logam setiap kali Anda menekan pedal rem.

Saringan Udara

Filter udara mesin juga merupakan bagian yang perlu diperiksa secara berkala. Filter bersih memberi pengemudi pengalaman akselerasi langsung dan linier. Jika filternya kotor, akselerasi akan terhambat dan mobil akan tersendat-sendat seperti batuk.

Periksa manual untuk berapa lama filter udara perlu diganti. Namun berbeda dengan kampas rem yang biasanya tersembunyi di balik ban dan rem, Anda bisa mengecek filter udara karena letak filter udara dapat dengan mudah dijangkau tanpa menggunakan alat bengkel.

Jika perjalanan Anda sering melewati jalur berdebu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengganti filter udara lebih cepat dari yang direkomendasikan pabrikan. Nah, itulah bagian-bagian mesin mobil yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan servis berkala.

Itulah hal yang harus dipahami untuk servis berkala untuk mobil anda, untuk melewati yang namanya kerusakan pada mobil. Memang banyak rintangannya tapi harus diketahui juga kalau mobil zaman sekarang harus betul-betul dirawat dengan baik. sekian terimakasih semoga bermanfaat.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.