Jenis Obligasi yang Harus Dipahami Bagi Pemula

Jenis Obligasi yang Harus Dipahami  Bagi Pemula – Kedengarannya familiar bagi Anda untuk membicarakan obligasi karena obligasi merupakan jenis investasi yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya. Anda bisa melakukan investasi yang satu ini secara efektif untuk keuntungan yang besar. Banyak orang tertarik dan menjalankan investasi obligasi.

Seperti yang Anda ketahui, salah satu hal terpenting yang dapat meningkatkan masa depan Anda adalah berinvestasi. Dimana keuangan yang Anda miliki bisa naik ketika diinvestasikan. Namun, ada juga risiko mengurangi keuangan Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan strategi yang baik dalam melakukan investasi agar berhasil.

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, setiap investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memilih jenis investasi yang ingin Anda lakukan. Salah satu jenis investasi yang menurut Anda sangat menarik adalah investasi obligasi. Investasi ini memiliki keunggulan tersendiri yang dapat menawarkan peluang keuntungan yang besar.

Investasi obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan dengan nilai nominal tertentu. Jangka waktunya juga ditentukan oleh pihak yang menyelenggarakannya. Banyak orang tertarik untuk berinvestasi di obligasi karena memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan investasi lainnya.

Jenis obligasi

Investasi obligasi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, dengan masing-masing obligasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan begitu, Anda pasti memiliki peluang untuk mulai menghasilkan keuntungan nantinya.

Bicara soal obligasi, ada beberapa jenis investasi yang bisa Anda ketahui, di antaranya berikut ini!

✅Baca Juga:  Cerita Sukses Investor “From Zero to Hero” Inspiratif

1. Jenis-jenis obligasi berdasarkan karakteristiknya

Anda bisa mengetahui beberapa jenis obligasi berdasarkan ciri-cirinya seperti ini!

Obligasi yang dapat dipanggil

Obligasi yang satu ini tidak dapat ditarik sebelum jatuh tempo. Di mana Anda tidak bisa mundur ketika sudah waktunya untuk mundur.

Obligasi konversi

Obligasi yang satu ini dapat memberikan hak kepada pemiliknya untuk mengkonversi menjadi saham. Jika Anda tertarik untuk mengubah obligasi menjadi saham, ini adalah jenis yang bisa Anda gunakan.

Tidak dapat dikonversi

Obligasi ini tidak dapat dikonversi menjadi saham. Setelah Anda memutuskan satu obligasi itu, jangan mengubahnya menjadi saham.

Eurobond

Obligasi jenis ini merupakan obligasi mata uang asing yang diterbitkan di luar negeri.

Yankee Bond

Obligasi Yankee adalah obligasi yang diterbitkan dalam mata uang lokal dari obligasi yang ditawarkan.

Pinjaman Tanpa Kupon

Obligasi ini tidak membayar bunga dan dijual dengan harga diskon.

Obligasi suku bunga mengambang

Obligasi yang satu ini merupakan obligasi yang menawarkan tingkat kupon variabel. Jangka waktu ikatan yang satu ini tidak dapat ditentukan.

Karena karakteristiknya, masing-masing obligasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda dapat memilih jenis obligasi yang Anda inginkan, memilih yang tepat pasti akan memberi Anda keuntungan besar.

2. Jenis obligasi menurut penerbit

Anda mungkin mengetahui beberapa jenis obligasi berdasarkan penerbitnya, antara lain sebagai berikut!

Obligasi harta

Obligasi negara adalah obligasi yang diterbitkan oleh negara. Dimana obligasi ini berbentuk departemen keuangan atau bank sentral suatu negara. Obligasi ini juga membawa risiko yang ditanggung oleh negara atau negara.

✅Baca Juga:  Bagaimana Memilih Saham yang Tepat untuk Menumbuhkan Keuntungan

obligasi korporasi

Obligasi korporasi adalah obligasi yang diterbitkan oleh suatu perusahaan. Ketika obligasi ini mengandung berbagai jenis masalah risiko, serta risiko yang ditanggung oleh pemegang obligasi jika perusahaan terkena risiko gagal bayar karena alasan apa pun. Jika Anda tidak membayar dengan nominal yang lebih tinggi, tingkat bunga harus dibayar oleh penerbit.

Pinjaman kota

Jenis pinjaman berikutnya adalah pinjaman kota. Ini adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Obligasi ini biasanya dipegang oleh pihak yang dikecualikan. Karena risiko obligasi yang satu ini lebih rendah daripada risiko pemegang obligasi suatu perusahaan.

Pinjaman luar negeri

Jenis obligasi berikutnya yang mungkin Anda kenal adalah Obligasi Luar Negeri, yaitu obligasi yang diterbitkan oleh negara asing. Risiko obligasi ini adalah mata uang asing yang harus Anda konversi terlebih dahulu ke dalam rupiah. Selain itu, ada risiko lain bila terjadi di negara yang berisiko gagal.

Anda dapat memahami berbagai jenis obligasi dengan baik. Anda dapat melakukan ikatan sesuai keinginan. Setiap orang memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing. Jika Anda mampu menjalankannya dengan efektif maka Anda berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Jenis pembayaran bunga obligasi Bunga

Berdasarkan pembayaran bunganya, obligasi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

Obligasi kupon nol

Obligasi dengan pembayaran bunga reguler. Namun, bunga dan pelunasan harus dibayar pada saat yang sama pada saat jatuh tempo. Obligasi jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan obligasi lainnya.

✅Baca Juga:  Tips sukses Menjalankan bisnis di tahun 2021

Obligasi kupon

Jenis obligasi saat ini adalah obligasi dengan kupon yang dapat ditebus secara berkala sesuai dengan kebijakan penerbit.

Obligasi kupon tetap

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan peminjaman, Anda bisa memilih jenis pinjaman ini. Obligasi dengan kupon bunga yang ditentukan di pasar perdana sebelum masa penawaran dan dibayarkan secara berkala.

Obligasi Kupon Mengambang

Jenis obligasi selanjutnya adalah obligasi floating rate, yaitu obligasi dengan tingkat kupon yang ditetapkan sebelum jangka waktu tertentu. Dimana hal ini didasarkan pada referensi tertentu, seperti rata-rata deposito berjangka yang merupakan rata-rata tertimbang suku bunga deposito bank pemerintah atau bank swasta.

Jenis pinjaman berdasarkan pembayaran bunga ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Setiap ikatan yang dia jalankan memiliki risiko tersendiri yang bisa Anda ambil. Jika Anda tidak menerapkannya dengan benar, itu berisiko obligasi habis.

Anda perlu memahami berbagai jenis obligasi dengan baik. Setiap obligasi tentu memiliki manfaat tersendiri yang membawa manfaat bagi Anda sendiri. Namun Anda juga perlu mewaspadai risiko dari investasi yang satu ini. Risiko besar tentu akan membawa Anda kerugian besar jika Anda tidak mengeksekusi strategi dengan benar.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis obligasi yang dapat kami sampaikan. Setiap obligasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan Anda dapat menerapkannya sesuka Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.