Kelebihan dan Kekurangan Platform WordPress

KABARMEDANKU.com – Platform wordpress merupakan platform yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan platform yang lainnya. Anda bisa menggunakan WordPress jika tertarik, nantinya anda akan mengetahui sendiri mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya.

Setiap orang yang terjun ke dunia blogger bebas dalam menggunakan platform yang ingin digunakannya. Mereka memiliki alasan tersendiri mengapa lebih tertarik untuk menggunakan WordPress.

Biasanya orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia blogger lebih tertarik menggunakan platform yang satu ini.

Namun berbeda jika yang masih pemula, mereka pastinya akan menggunakan blogspot untuk menjajal bagaimana caranya agar bisa mengaplikasikan karya tulisannya melalui sebuah platform tersebut.

Menggunakan WordPress sendiri ada beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa anda dapatkan. Hal ini bisa dijadikan patokan untuk anda dalam menentukan penggunaan platform yang satu ini atau tidak.

Kelebihan Menggunakan Platform WordPress

Bagi anda yang menggunakan platform wordpress, ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan diantaranya sebagai berikut!

  • Mudah Digunakan

Salah satu keunggulan yang bisa anda dapatkan adalah mudahnya dalam mengoperasikan platform yang satu ini. WordPress dapat digunakan oleh siapa saja baik yang sudah ahli atau yang masih pemula.

Tidak mengharuskan menjadi programming yang handal untuk bisa menggunakan wordpress. Platform yang satu ini benar-benar sangat menguntungkan bagi siapa saja.

Mudahnya dalam mengoperasikan wordpress ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri pastinya. Namun anda harus tetap mempelajarinya untuk mengoperasikan wordpress. Hal ini sangat penting dan dapat berpengaruh untuk perkembangan blog milik anda.

  • Memiliki Komunitas Yang Besar

Kualitas dari wordpress ini sudah tidak diragukan lagi, sebanyak 30% website yang tersebar di seluruh dunia mengunakan platform yang satu ini.

Tentu hal tersebut sudah menjadikan jaminan bahwa wordpress ini memang pemegang market share yang paling besar untuk platform pembuat website di seluruh dunia. Banyaknya orang yang menggunakan wordpress menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari platform tersebut.

✅Baca Juga:  Panduan Menemukan ide dalam Menulis Konten Artikel Blog

Forum diskusi yang disediakan juga dilakukan secara online dan offline. Anda yang masih pemula bisa belajar melalui forum diskusi yang disediakan. Pastinya anda akan mudah mempelajarinya dan bisa menggunakannya secara efektif.

Dengan komunitas yang besar ini akan menguntungkan bagi anda yang menggunakan platform wordpress dibandingkan dengan yang lainnya.

  • Banyak Tutorial

Meskipun anda masih pemula, anda tidak perlu khawatir bagaimana caranya mempelajari wordpress. Di dalamnya sudah terdapat beberapa tutorial yang bisa anda pelajari sendiri.

Bila salah pun akan terdeteksi untuk memperbaikinya secara efektif. WordPress juga memiliki forum diskusi sendiri, namun anda bisa belajar dari sumber mana saja untuk menggunakan platform yang satu ini.

  • Banyak Plugin

Salah satu keunggulan wordpress lainnya adalah menyediakan banyak plugin di dalamnya. Anda akan diuntungkan karena bisa membuat konten sesuai dengan standar SEO.

Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO yang cukup efektif untuk menjadikan blog anda bisa digunakan dengan baik. Anda bisa menggunakan plugin sesuai yang diinginkan karena terdapat ribuan plugin yang ada di dalamnya.

Bukan itu saja, ada juga bayak plugin versi gratis yang bisa anda gunakan. Sehingga tidak perlu merogoh kocek lebih banyak bilamana anda menggunakan wordpress.

Untuk fitur yang disediakannya pun juga beragam dan sangat lengkap. pastinya akan sangat menguntungkan bila anda menggunakannya.

  • Tema Beragam

Terkadang seseorang merasa kurang nyaman bilamana tema yang digunakan itu-itu saja. Namun anda tidak akan merasakan hal itu bilamana menggunakan platform yang satu ini.

✅Baca Juga:  Cara Mempercantik Tampilan Blog di Tahun 2021

Menggunakan wordpress di dalamnya ada banyak sekali tema yang bisa dipilih sesuai keinginan anda.

Selain itu, banyak juga para pengembang yang merilis tema wordpress yang berbayar ataupun disediakan secara gratis. Kualitas sudah tidak diragukan lagi karena tema yang disediakan memiliki keunggulan tersendiri di dalamnya.

Kekurangan Menggunakan Platform WordPress

Selain kelebihan yang bisa anda dapatkan, adapun beberapa kekurangan yang bisa didapatkan bila menggunakan platform wordpress sebagai berikut!

  • Keamanan

Keamanan menjadi salah satu faktor yang menjadi kekurangan dari platform wordpress. Semakin banyak penggunanya maka semakin besar peluang bagi hacker dan DDOS yang menjadikan ancaman.

Namun semuanya bisa dicegah dengan meningkatkan keamanan pada web yang menggunakan platform wordpress. Anda harus tetap berhati-hati dalam menjalankannya.

  • Konten Pihak Ketiga

Sebagian besar plugin dan template wordpress dibuat developer pihak ketiga, seringkali juga terjadi bug yang menjadikan kekurangan tersendiri bagi platform yang satu ini.

Sebelum melakukan insall plugin, alangkah baiknya anda membaca berbagai macam penjelasannya terlebih dahulu. Dengan begitu, anda tidak akan dirugikan bilamana menggunakan platform yang satu ini.

  • Waktu Loading Pada Halaman

Loading pada halaman menjadi lebih lambat bilamana menginstal plugin dalam jumlah yang banyak. Maka akan secara otomatis untuk penggunaan web wordpress yang menjadikannya lambat.

Maka dari itu, anda harus segera mungkin untuk mengatasinya dengan menginstall plugin caching. Dengan cara yang satu ini menjadi langkah yang cukup efektif untuk anda terapkan.

  • Masalah Desain

WordPress menjadi salah satu platform yang menyediakan banyak sekali fitur yang bisa anda gunakan untuk bereksperimen seperti membuat tampilan website sesuai dengan apa yang diinginkan.

akan tetapi, ada masalah yang bisa saja terjadi pada saat anda baru saja menggunakan wordpress. Namun jika anda menggunakan website fitur lengkap. WordPress sendiri tidak membutuhkan keahlian coding dan anda dapat melakukannya kapan saja.

  • Fitur Harus Terus Aktif
✅Baca Juga:  Tips Ngeblog Untuk Pemula Hingga Menghasilkan di Tahun 2021

Salah satu kekurangan yang bisa anda dapatkan bilamana menggunakan wordpress adalah fitur yang bisa terus berjalan. Maka dari itu, kebanyakan plugin akan mamakai shortcode.

Untuk itu, shortcode ini tidak akan berfungsi bilamana dinonaktifkan dan akhirnya website milik anda akan otomatis tidak bisa diakses dengan baik. Anda bisa menjalankannya secara efektif bilamana menggunakan wordpress.

  • Tidak Bisa Menerima Iklan Bisnis Google Adsense

Dunia blogging sudah banyak yang minat untuk dijadikan bisnis yang dilakukan secara gratis ataupun berbayar. Pada umumnya wordpress hanya menggunakan satu iklan saja yaitu Google Adsense yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Supaya iklan bisa ditampilkan, maka harus ada script yang dimasukan ke dalam blog wordpress dan sampai saat ini dari pihak blog wordpress masih sulit untuk memasukan code tersebut.

  • Tidak Bisa Gunakan Plugin

Plugin wordpress merupakan salah satu jenis aplikasi yang dapat memaksimalkan fungsi dari blog wordpress dengan jumlah yang banyak. Akan tetapi, blog wordpress yang disediakan sampai sekarang masih tidak dapat digunakan kecuali jika anda menggunakan hosting sendiri atau berbayar.

Maka dari itu, anda bisa menggunakan plugin untuk melakukan optimasi pada blog yang anda miliki.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang bisa anda dapatkan bilamana menggunakan platform wordpress. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni : kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.