Kenali dan Rawat Ciri-ciri Kulit Sensitif Dengan Benar

KABARMEDANKU.com – Kenali dan rawat ciri-ciri kulit sensitif dengan benar. Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang rentan terhadap iritasi atau peradangan akibat hipersensitivitas terhadap berbagai faktor lingkungan.

Karakteristik kulit sensitif akan mudah membuat Anda bermasalah, termasuk jika Anda bersentuhan dengan bahan kimia dalam kosmetik dan produk perawatan kulit.

Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif harus sangat berhati-hati sebelum memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit sensitif, mengetahui penyebab dan pengobatannya.

Penyebab kulit sensitif

Secara umum, kulit sensitif bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Mulai dari alergi ringan hingga kondisi kulit lainnya.

Faktor penyebab pada kulit sensitif yang terjadi antara lain:

  • Kondisi kulit tertentu seperti eksim, rosacea, atau dermatitis kontak alergi.
  • Faktor dari lingkungan dari paparan sinar matahari, angin, atau suhu yang panas dan dingin.
  • Penggunaan perawatan kulit dan kosmetik yang tidak tepat.
  • Polusi, termasuk debu dan asap kendaraan.
  • Perubahan hormonal selama siklus menstruasi.
  • Efek samping obat tertentu.
  • Stres.

Ciri-ciri kulit sensitif

Ada ciri-ciri tertentu dari kulit sensitif yang harus diperhatikan untuk menentukan apakah itu kulit sensitif atau tidak.

1. kulit merah

Apakah kulit Anda mudah memerah saat terkena sinar matahari atau angin saat berada di luar ruangan? Jika iya, mungkin ini pertanda kulit sensitif. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gangguan perlindungan kulit.

2. Kulit sering gatal

Ciri-ciri kulit sensitif selanjutnya adalah sering terasa gatal dan kencang. Anda mungkin mengalaminya saat menggunakan pembersih wajah atau produk perawatan kulit yang terlalu mengiritasi kulit Anda.

Selain itu, gatal-gatal pada kulit dapat terjadi saat cuaca dingin atau mandi air panas. Jika Anda memiliki kulit sensitif di wajah, hindari menggaruk untuk menghindari iritasi dan infeksi. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan yang tepat.

✅Baca Juga:  Pelajari Tentang Prosedur Risiko Tindik Bibir dan Bahayanya

3. Kulit gatal dan sensasi terbakar

Sensasi gatal dan terbakar juga menjadi ciri kulit sensitif di wajah. Kondisi ini bisa terjadi saat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol atau bahan aktif yang terlalu mengiritasi kulit.

Itu berlangsung sebentar, tetapi sifat kulit sensitif di wajah dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan rasa sakit. Jika kulit Anda terasa gatal dan terbakar karena penggunaan produk perawatan kulit tertentu, segera cuci kulit Anda dengan air dingin.

4. Kulit kering dan bersisik

Beberapa pemilik kulit sensitif mungkin mengalami kulit kering. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit. Dalam beberapa kasus, kulit kering dapat disertai dengan pengelupasan.

Pada kasus yang parah, serpihan kulit bisa menyerupai ketombe. Pengangkatan yang tidak disengaja dapat menyebabkan rasa sakit yang kemudian membuat jaringan parut terinfestasi.

Karakteristik kulit sensitif ini dapat disebabkan oleh paparan angin atau suhu tinggi. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengoleskan pelembab.

5. Kulit sering mengalami ruam

Ciri khas kulit sensitif yang mungkin muncul di wajah adalah ruam merah. Jika kulit Anda merah, kering, atau rentan terhadap ruam bersisik, hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit seperti krim wajah.

6. Kulit berjerawat

Kulit berjerawat yang mengandung nanah mirip jerawat pustula berupa bintik-bintik merah merupakan ciri lain dari kulit sensitif di wajah.
Penggunaan produk perawatan jerawat terkadang dapat memperburuk kondisi kulit.

Untuk itu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan produk yang tepat tanpa iritasi.

7. Kulit rentan terbakar sinar matahari

Kulit yang sensitif pada umumnya lebih rentan dengan paparan sinar matahari. Berisiko lebih besar jika terkena sengatan matahari jika sudah pernah mengalami iritasi atau pengelupasan kulit.

✅Baca Juga:  Pelajari tentang Panthenol, Bahan kimia Yang Menghidrasi kulit Anda

Perawatan kulit sensitif yang tepat

Jika Anda memiliki kulit sensitif, tentukan apa yang menyebabkan iritasi atau iritasi pada kulit Anda. Maka Anda bisa mendapatkan perawatan untuk kulit sensitif seperti:

1. Oleskan pelembab

Cara mengatasi kulit kering, bersisik, dan sensitif adalah dengan mengoleskan pelembap. Pilih krim atau losion pelembab yang hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi dan iritasi. Hindari menggunakan pelembab beraroma.

Jika kulit Anda sangat kering, Anda bisa menggunakan produk pelembab yang mengandung urea atau asam laktat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology menemukan bahwa menggunakan losion yang mengandung oatmeal dapat meredakan kulit yang kering dan teriritasi.

Lotion yang mengandung oatmeal juga dapat melindungi lapisan kulit, sehingga Anda tidak teriritasi oleh rangsangan lingkungan. Selalu gunakan pelembab segera setelah mandi, mencuci muka, atau mencuci tangan.

2. Untuk kulit sensitif, gunakan produk perawatan kulit eksklusif

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kulit sensitif.
Secara umum, gunakan produk untuk kulit sensitif yang rendah bahan kimia dan lembut di kulit serta bebas pewangi.

Hindari juga produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, retinoid, asam alfa-hidroksi/AHA, dan bahan aktif lainnya yang berbahaya bagi kulit Anda. Juga, cari kosmetik yang mengandung silikon dan mengandung sedikit pengawet untuk meminimalkan risiko iritasi kulit.

3. Gunakan tabir surya atau tabir surya secara teratur

Kulit sensitif lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dibandingkan jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya atau sunblock sebelum keluar rumah.

Pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan cari tabir surya yang ramah kulit, seperti yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida.

✅Baca Juga:  7 Cara Cepat dan Tidak Repot Untuk Mengeringkan Rambut Anda

4. Batasan Waktu Mandi

Membatasi waktu mandi juga merupakan perawatan kulit sensitif yang harus diikuti. Disarankan agar Anda hanya mandi selama 10 hingga 15 menit.

Mandi terlalu lama dapat mengiritasi kulit. Selain itu, hindari menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas saat mandi.
Kemudian, keringkan kulit Anda dengan handuk.

Anda juga bisa mandi oatmeal sebagai cara untuk merawat kulit sensitif. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan oatmeal dapat meredakan karakteristik kulit sensitif seperti ruam, kulit kering, dan eksim.

5. Oleskan ke kulit sebelum menggunakan produk.

Pemilik kulit sensitif harus selalu menguji produk perawatan kulit sebelum mengaplikasikannya ke kulit mereka. Cara merawat kulit sensitif ini bertujuan untuk menguji keamanan kandungan produk agar terhindar dari reaksi alergi kulit seperti kemerahan, iritasi dan gatal-gatal.

Cukup oleskan sedikit ke area lain dari kulit Anda, seperti punggung tangan atau di belakang telinga Anda. Tunggu beberapa saat untuk melihat reaksi yang terjadi. Jika tidak ada reaksi, produk mungkin cukup aman.  Sebaliknya, hindari penggunaan jika muncul ciri-ciri kulit sensitif.

6. Konsultasikan dengan dokter kulit

Merawat kulit sensitif bukanlah tugas yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda ikuti untuk mencegah terulangnya masalah kulit ini.
Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang cara merawat kulit sensitif sesuai dengan kondisi kulit yang Anda alami.

Jika pengobatan rumahan tidak meredakan gejala, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Oleh karena itu, dokter akan memberikan rekomendasi yang tepat untuk perawatan kulit sensitif.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.