Keuntungan dan kerugian dari investasi Obligasi

Keuntungan dan kerugian dari investasi oblogasi –┬áBerinvestasi adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan siapa pun. Dimana orang yang berinvestasi pasti memiliki tujuan masing-masing untuk masa depan yang lebih baik. Investasi menawarkan kemungkinan meningkatkan keuangan Anda. Berbeda dengan menabung yang hanya menabung, malah bisa dikurangi.

Banyak sekali orang yang tertarik untuk berinvestasi, ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih. Seperti investasi saham, obligasi, reksa dana, real estate, dan masih banyak lainnya. Investasi obligasi kini menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Investasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Obligasi adalah istilah di pasar modal yang disebut sebagai pernyataan utang oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Jika penerbit obligasi itu adalah debitur dan pemegang obligasi adalah pihak yang berhutang. Di dalamnya terdapat tanggal jatuh tempo atau jangka waktu pembayaran utang dan bunga, hal ini menjadi kewajiban penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.

Jatuh tempo obligasi di Indonesia biasanya antara 1 tahun sampai 10 tahun. Obligasi juga dilatarbelakangi dalam upaya menghimpun dana dari masyarakat yang dapat digunakan sebagai sumber pendanaan. Dari segi bisnis, obligasi ini bisa digunakan untuk menggalang dana agar bisnis Anda bisa sukses.

Namun, menjalankan investasi obligasi tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui untuk menjadi sukses. Dengan begitu, Anda tidak terlalu mengambil risiko dalam melakukannya. Investasi yang satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa Anda dapatkan, antara lain sebagai berikut!

Keuntungan dari investasi obligasi

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di obligasi, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari melakukan investasi yang satu ini!

Investasi lebih aman

Salah satu keuntungan dari investasi yang satu ini adalah lebih aman. Dimana keamanan investasi ini dijamin oleh UU No. 24 Tahun 2002. Keamanan ini terutama benar ketika Anda berinvestasi dalam obligasi yang diterbitkan pemerintah. Manfaat ini menjadi salah satu alasan banyak orang tertarik untuk berinvestasi di obligasi.

Manfaat dari bunga atau kupon

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah bunga atau kupon atas investasi obligasi. Nantinya Anda akan menerima kupon yang bernilai tinggi dibandingkan bunga deposito. Semakin lama waktunya, semakin tinggi nilai voucher yang akan Anda terima. Keuntungannya akan lebih besar nantinya.

Akan menguntungkan bagi Anda yang berinvestasi obligasi karena akan mendapatkan kupon atau bunga. Inilah yang menarik minat banyak orang untuk berinvestasi di obligasi.

Pendapatan terjamin

Manfaat lainnya adalah pendapatan yang lebih aman dari investasi obligasi. Sistem ini cocok untuk skema pensiun hari tua. Dimana imbal hasil obligasi tersebut bisa mencapai jangka waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, investasi obligasi ini cocok untuk dimasukkan dalam portofolio investasi Anda. Ini karena investasi obligasi dapat memperbaiki kebocoran karena nilai saham turun. Pensiunan juga sering bergantung pada investasi pensiun karena pendapatan mereka lebih terjamin. Kontrak yang dibuat dengan pasti itulah yang didapatkan oleh pemegang obligasi.

Manfaatkan perbedaan harga

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan berinvestasi di obligasi juga berasal dari selisih harga jual dan harga beli. Ketika sistem perdagangan obligasi diterapkan di dalamnya untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dari harga beli. Jika ingin mendapat untung, harga beli harus lebih rendah dari harga jual.

Bunga lebih besar

Tingkat bunga yang tinggi sebenarnya merupakan salah satu keuntungan dari investasi yang satu itu. Tidak dapat dipungkiri bahwa bunga obligasi ini lebih tinggi dari bunga deposito. Jika memungkinkan, Anda mendapatkan pengembalian obligasi yang lebih tinggi melalui suku bunga yang lebih tinggi. Jika periodenya lebih lama, keuntungannya akan lebih besar.

Berbagai keuntungan tersebut tentunya akan memudahkan Anda untuk melakukan investasi yang satu ini. Anda dapat mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar jika Anda mengelolanya dengan baik. Banyak orang telah membuktikan kesuksesannya melalui investasi yang satu ini.

Kerugian dari investasi pensiun

Selain keuntungan yang didapat, ada juga beberapa jenis kerugian yang bisa Anda dapatkan ketika ingin melakukan investasi ini, antara lain sebagai berikut:

Memerlukan waktu pencairan

Jika Anda memilih untuk berinvestasi dalam obligasi, Anda harus bersabar dengan proses penarikan. Jika penarikan tidak mungkin dilakukan pada titik mana pun, obligasi tidak dapat dilikuidasi jika Anda sangat membutuhkan dana. Ini adalah salah satu kelemahan dari investasi obligasi.

Orang sering membutuhkan uang untuk apa yang mereka inginkan. Namun, jika Anda membutuhkan uang tunai saat bepergian, simpan dulu keuangan Anda dan jangan bergantung pada investasi obligasi. Jadi Anda tidak keberatan jika Anda membutuhkan uang suatu hari nanti.

Risiko uang tidak kembali

Risiko ini juga merupakan salah satu kerugian yang tidak diinginkan investor. Di mana menginvestasikan risiko keuangan Anda tidak akan kembali. Jika perusahaan merugi, investor tidak diuntungkan, bahkan utang pokok yang Anda pinjam tidak akan dibayar kembali.

Namun Anda tidak perlu khawatir ketika melihat kondisi seperti itu. Hal ini karena terjadi dengan ikatan dari individu. Lain halnya jika diterbitkan oleh negara, maka investasi ini biasanya lebih aman karena dilindungi undang-undang.

Risiko saku bunga

Suku bunga obligasi juga berisiko jika Anda tidak mengelolanya dengan baik. Risiko suku bunga obligasi lebih tinggi dibandingkan saham. Suku bunga dapat memiliki efek langsung pada nilai obligasi.

Jika Anda melakukan penjualan sebelum jangka waktu yang ditentukan, Anda akan mendapatkan kerugian besar nantinya. Hal seperti itu tentu tidak diinginkan oleh siapapun yang melakukannya.

Kerugian ini dapat terjadi pada Anda jika Anda melakukan investasi yang kurang optimal. Apa pun bisa terjadi pada investasi obligasi, selama Anda terus berusaha, Anda pasti akan menemukan cara yang efektif untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang satu itu.

Beberapa kelebihan dan kekurangan investasi obligasi bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin berinvestasi. Jika Anda berpikir Anda memiliki potensi masa depan yang baik, Anda dapat mengoperasikannya secara efektif. Jika tidak, Anda juga dapat memilih bentuk investasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button