Keuntungan dan Kerugian Investasi Reksadana

Keuntungan dan Kerugian Investasi Reksadana – Investasi reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang populer di kalangan masyarakat. Dimana investasi yang satu ini memiliki kestimewaan tersendiri dibandingkan dengan investasi lainnya.

Reksadana diartikan sebagai wadah yang dilakukan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang nantinya akdan dikelola oleh manajer investasi.

Manajer investasi ini nantinya akan bekerja dan didukung oleh tenaga kerja profesional dalam mengelola sebuah investasi. Hal ini seperti komite investasi dan tim pengelola investasi.

Untuk menjalankan investasi yang satu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Dimana investasi reksadana juga dapat dimulai dengan modal yang sangat kecil namun akan memberikan sebuah prospek yang sangat baik untuk mendapatkan sebuah keuntungan besar.

Bagi Anda yang masih pemula dan baru terjun ke dunia investasi, menjalankan investasi reksadana menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan investasi yang satu ini memberikan kemudahan bagi siapa saja yang menjalankannya.

Reksadana menjadi wadah bagi para pemula untuk melakukan investasi tanpa mengelolanya sendiri. Hal ini dikarenakan ada manajer investasi yang mengelolanya.

Ada beberapa Keuntungan dan Kerugian Investasi Reksadana yang bisa Anda pahami sebagai berikut!

Keuntungan Investasi Reksadana

Bagi Anda yang menjalankan investasi reksadana, tentu ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut!

Keuntungan Tinggi

Reksadana akan memberikan keuntungan tinggi bagi siapa saja yang menjalankannya. Kurang lebih reksadana dapat memberikan keuntungan sampai 20% untuk setiap tahunnya secara rata-rata. Salah satunya adalah reksadana saham yang menjadi salah satu jenis reksadana yang menguntungkan bagi Anda.

Tingginya keuntungan investasi yang satu ini nantinya akan memberikan kesempatan kepada para investor untuk menggunakan reksadana saham. Salah satunya adalah untuk mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun yang rentang waktunya panjang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan tersendiri bilamana menjalankan investasi yang satu ini.

✅Baca Juga:  Cara Menabung di Bank Agar Cepat Kaya

Diversifikasi risiko

Keuntungan yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah tentang resiko. Hal ini dikarenakan uang investor nantinya akan disebar ke berbagai macam instrumen, sehingga jika terjadi resiko tidak akan anjlok atau turun secara bersamaan. Hal inilah yang menjadikan investasi yang satu ini lebih unggul.

Seperti halnya reksa dana saham yang tidak menempatkan dalam 1 saham saja, namun membagi investasi ke berbagai macam saham untuk mencegah terjadinya penurunan nilai investasi hanya karena 1 harga turun.

Diversifikasi yang satu ini juga sulit dilakukan bagi Anda untuk individu karena terbatasnya dana investasi. Hal ini dikarenakan dana yang dikelola merupakan kumpulan dari berbagai macam investor, sehingga dapat dilakukan secara optimal.

Dikelola Manajer Investasi

Manajer investasi merupakan pihak yang nantinya akan mengelola investasi reksadana yang Anda jalankan. Jadi hal ini tidak akan membuat siapapun khawatir karena dapat menjalankannya dengan baik.

Meskipun Anda tidak memiliki banyak pengetahuan tentang investasi reksadana, hal ini tidak akan merugikan Anda karena investasi tersebut dikelola oleh manajer investasi.

Anda sebagai investor hanya perlu menyiapkan modal yang diperlukan untuk menjalankan reksa dana investasi. Untuk pembayaran investasi nantinya akan diperoleh melalui keuntungan investasi reksadana. Untuk keuntungan juga akan dibagikan kepada investor nantinya.

Jumlah Investasi Kecil

Anda akan diuntungkan bilamana menjalankan investasi reksadana karena jumlah modal yang dikeluarkan cukup minimal. Dimana anda dapat memulai investasi reksadana dengan modal minimal Rp 10.000. Para penjual reksadana terus melakukan inovasi terhadap instrument agar dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.

Modal Rp.10 ribu tentu tidak akan membuat siapa pun mendukung untuk menjalankannya. Investasi yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya dari segi modal yang harus dikeluarkan. Dengan begitu, anda akan diuntungkan seperti itu.

✅Baca Juga:  Hasil Profit Saham Blue Chip di 2021

Beli dan Jual Secara Online

Anda bisa berinvestasi reksa dana secara online yang bisa Anda lakukan melalui website. Hal ini tentunya akan memudahkan siapa saja yang melakukan investasi ini.

Platform online ini membuat biaya transaksi lebih murah dan mudah dipantau. Ada banyak sekali platform online yang dapat Anda gunakan secara gratis. Anda dapat menggunakannya sesuka Anda.

Kekurangan investasi reksa dana

Selain keuntungan melakukan investasi yang satu ini, ada beberapa kekurangan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya sebagai berikut!

Kehilangan Investasi

Investasi itu pasti rugi jika tidak dijalankan secara efektif. Tidak ada reksa dana yang tidak memiliki risiko, risikonya bisa rendah, sedang atau tinggi, tergantung pada instrumen yang Anda pilih.

Sama seperti Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam reksa dana ekuitas, yang nilainya berfluktuasi tergantung pada fluktuasi harga saham di pasar saham.

Hal ini tentunya bukan merupakan jaminan dan dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi Anda yang tidak dapat melakukannya dengan baik.

Biaya Investasi

Saat melakukan transaksi jual beli, investor harus membayar biaya sehubungan dengan investasi reksa dana yang dilakukan. Biaya ini mempengaruhi pengembalian yang dihasilkan oleh investor karena pendapatan investasi reksa dana berkurang untuk membayar biaya manajer investasi.

Namun, biaya tersebut tidak terbatas pada manajer investasi saja. Melainkan digunakan untuk penyimpanan, operasi, dan pemasaran reksa dana. Jika Anda menggunakan platform online, tingkat biaya dapat dikurangi secara signifikan.

Memerlukan Waktu Pencairan

Salah satu kelemahan dari investasi ini adalah membutuhkan waktu untuk menarik dana. Jadi Anda tidak bisa melakukan penarikan sewenang-wenang. Proses pembayaran memakan waktu sekitar 3-4 hari kerja sejak pesanan dilakukan hingga uang masuk ke rekening investor.

✅Baca Juga:  Bagaimana Cara Menghemat Uang untuk Seorang Pelajar

Meskipun peluangnya kecil, ada juga risiko bahwa investasi tidak akan dapat dibayarkan jika Manajer Investasi tidak menyediakan dana untuk membeli kembali saham reksa dana tersebut.

Penutupan Reksadana

Salah satu risiko yang cukup besar untuk diambil adalah penutupan reksa dana. Jika ada kemungkinan otoritas akan menutup reksa dana jika jumlah dana kelolaan turun ke jumlah minimum yang telah ditentukan.

Penutupan reksa dana ini tentu membawa risiko besar bagi investor. Risiko penutupan reksa dana tetap ada, tetapi risikonya kecil. Hal ini karena manajer investasi yang dipilih telah diwawancarai.

Kegagalan Manajer Investasi

Hal ini juga membahayakan investasi reksa dana yang akan beroperasi jika manajer investasi yang dipilih gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Risiko ini tentunya akan sangat merugikan Anda jika manajer investasi yang Anda pilih tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan wewenangnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih manajer investasi yang baik agar Anda dapat melakukan investasi reksa dana secara efektif. Anda dapat menemukan investasi terbaik karena tidak hanya menentukan kinerja tetapi juga kelangsungan hidup reksa dana.

Itulah beberapa Keuntungan dan Kerugian Investasi Reksadana yang bisa Anda operasikan. Bagi Anda yang berminat, investasi yang satu ini bisa dilakukan.

Untuk Pembahasan Tentang Investasi Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.