Youtube

Memahami YouTube Analytics dan Dasar-dasarnya

YouTube Analytics hadir saat Anda mulai menggunakan YouTube untuk mengunggah dan berbagi video, dan saat Anda bertanya-tanya siapa yang menonton video Anda dan bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak penayangan dan keterlibatan yang lebih baik.

Saat membangun saluran YouTube yang kuat, persyaratannya adalah memahami siapa pemirsa Anda dan bagaimana mereka terlibat dengan video Anda.

Untungnya, analitik YouTube adalah penyelamat yang memberi tahu Anda lebih banyak tentang audiens Anda, apa yang mereka sukai, dan jenis konten apa yang perlu Anda buat untuk menjadi sukses.

Berikut adalah beberapa ikhtisar YouTube Analytics untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari alat ini.

Setiap informasi yang tersedia tentang cara menggunakan alat ini, wawasan yang diberikannya, dan hasil yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil Anda.

Pertama, masuk ke akun Google Anda dan buka halaman saluran YouTube Anda, lalu klik Lihat di bagian atas halaman saluran untuk langsung membuka analitik saluran Anda.

Ikhtisar YouTube Analytics

Mengikuti petunjuk di atas, Anda sekarang akan melihat ikhtisar tentang analitik saluran Anda.

Jika Anda masuk ke pengaturan default, itu akan memberi Anda data selama 28 hari terakhir, tetapi di sisi lain Anda dapat mengubahnya ke periode waktu yang Anda inginkan untuk mengimpor analisis.

Data yang akan diambil di halaman ini berguna jika Anda ingin mendapatkan laporan umum tentang kinerja saluran Anda. Untuk ikhtisar singkat tentang kinerja saluran Anda, sebaiknya kunjungi ikhtisar kami.

YouTube Analytics juga didasarkan pada Waktu Standar Pasifik dan diperbarui sekali sehari dan mungkin tertunda 72 jam.

Jika Anda perlu mendapatkan hasil maksimal dari YouTube Analytics, Anda mungkin perlu membuka setiap laporan mendetail.

Laporan Waktu Tonton

Di sini Anda akan menemukan analitik penting di YouTube, menjelaskan bagaimana berbagai video dan kualitas video membuat audiens Anda tetap terlibat.

Laporan Waktu Tonton memberikan wawasan tentang kinerja saluran Anda secara keseluruhan dan juga dapat digunakan untuk lebih memahami kinerja masing-masing video.

Penayangan adalah ukuran paling dasar dari keberhasilan video karena menunjukkan berapa kali video telah dilihat. Namun, karena penayangan dianggap sebagai nilai yang sama, kami tidak memperhitungkan pengguna yang mengeklik konten dan langsung keluar, dan tidak memperhitungkan jumlah waktu pengguna menonton video.

Waktu tonton memberi Anda analisis yang lebih akurat tentang status konten Anda, YouTube merangkum waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video Anda, mengukur berapa lama pemirsa mengharapkan video Anda ditonton, dan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di saluran Anda. Menunjukkan berapa menit video Anda telah ditonton secara total.

Retensi pemirsa menunjukkan seberapa baik video Anda mempertahankan pemirsa. Anda dapat melihat berapa banyak pemirsa yang menonton setiap video dan di mana mereka meninggalkan konten Anda. Anda dapat mengelompokkannya lebih lanjut untuk melihat durasi tontonan absolut dan retensi penonton relatif yang menunjukkan video Anda dibandingkan dengan video YouTube lain dengan durasi yang sama dan membantu Anda memutuskan durasi mana yang terbaik untuk Anda.

Demografi memberikan informasi lengkap tentang siapa yang sebenarnya menonton video Anda untuk pemasaran yang lebih baik. YouTube juga memberikan wawasan tentang analisis demografis pemirsa Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, dan lokasi geografis, sehingga Anda dapat mempersonalisasi pesan individual.

Posisi pemutaran menunjukkan situs atau halaman tempat video tersebut dilihat. Ini adalah salah satu hal hebat tentang YouTube dalam hal membuat video yang menyenangkan dan menghibur. Anda dapat membagikan video Anda dalam berbagai cara dengan menyematkannya di situs web atau blog Anda sendiri. Laporan Posisi Putar mengelompokkan jumlah penayangan di laman, aplikasi, atau situs YouTube yang menyematkan video Anda. Ini juga memberikan perkiraan menit menonton dan waktu menonton rata-rata, tetapi dikelompokkan berdasarkan lokasi.

Sumber lalu lintas memberikan data tentang jalur yang diambil pemirsa untuk sampai ke video Anda. Ada banyak jenis sumber lalu lintas, termasuk penelusuran YouTube, video unggulan YouTube yang dapat Anda temukan di YouTube dengan mengeklik gambar mini, laman saluran YouTube, dan daftar putar YouTube. Anda dapat melihat seberapa mudah video Anda dapat ditemukan saat mendiagnosis platform rujukan mana yang menghasilkan lalu lintas paling banyak.

Perangkat menunjukkan apakah pemirsa menonton video Anda di komputer, ponsel, tablet, dan konsol game. Jadi bisa kamu rujuk untuk membuat video pendek atau panjang yang lebih enak dilihat di gadget masing-masing.

Laporan Keterlibatan

Penayangan hanyalah bagian dari proses membangun saluran YouTube yang berkembang. Saat Anda mengedit konten untuk dibagikan di YouTube dan membangun pemirsa, Anda mungkin ingin mengejar keterlibatan yang dibuat video Anda.

Pelanggan menunjukkan kepada Anda berapa banyak pelanggan yang Anda peroleh dan berapa banyak pelanggan yang hilang pada saat yang sama. Mereka penting karena mereka adalah pengguna yang menonton dan terlibat dengan video Anda dan dapat memengaruhi orang lain untuk menonton video Anda. Pantau pelanggan Anda secara teratur atau terjadwal untuk membantu mendiagnosis kesuksesan mereka. Buat video yang akan terus dikunjungi orang dan ingin lebih banyak lagi.

Suka dan Tidak Suka mengurangi jumlah orang yang menyukai dan tidak menyukai video Anda. Anda tidak harus fokus pada pencapaian tujuan Anda, pemirsa Anda harus mencoba untuk menginspirasi dan menghibur Anda karena mereka sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Komentar mengacu pada jumlah komentar yang dikumpulkan pada video. Komentar adalah cara yang bagus untuk memahami bagaimana pemirsa memandang video Anda dan berinteraksi dengan mereka dengan menjawab pertanyaan atau menanggapi komentar.

Berbagi menyoroti berapa kali video itu dibagikan dan di mana video itu dibagikan.

Anotasi memberikan informasi tentang kinerja, rasio klik-tayang, dan rasio keluar dari anotasi video. Ini dapat memberi Anda wawasan berharga tentang seberapa efektif fitur ajakan bertindak video Anda.

Ukuran keberhasilan yang penting adalah pemirsa yang memperhatikan video Anda, merek Anda, dan pesan di baliknya. Mereka menunjukkan dukungan melalui suka, bagikan, dan komentar di video Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button