Mengapa Kamu Harus Mendaftar Volunteering Sebelum Lamar Kerja

KABARMEDANKU.com – Mengapa Kamu harus mendaftar Volunteering sebelum Lamar Kerja. Volunteering adalah kegiatan sukarela yang dimaksudkan untuk mendukung terselenggaranya suatu kegiatan atau keberlangsungan suatu organisasi.

Meskipun mungkin tampak bermanfaat bagi acara atau organisasi, manfaat menjadi volunteering juga meluas ke volunteering itu sendiri. Jika kamu masih mahasiswa, kegiatan ini wajib dicoba.

Memang tidak mudah, dan pengalaman serta pengetahuan menjadi volunteering akan sangat membantu ketika kamu mendapatkan pekerjaan nantinya. Nah, mari kita lihat bersama!

1. Tingkatkan keterampilan branding pribadi kamu

Tingkatkan keterampilan branding pribadi kamu

Jangan asal memilih. Proses rekrutmen volunteering  seringkali membutuhkan seleksi. Untuk menjadi sukses, kamu harus bisa mengenali diri sendiri, mulai dari minat, kekuatan, dan kelemahan kamu.

Kami juga menyarankan kamu untuk mengelola media sosial kamu dan sarana untuk mempromosikan diri kamu sendiri, seperti menampilkan portofolio posting atau foto yang diposting di media.

✅Baca Juga:  Begini Cara Cek Status E-KTP Secara Online Dengan Mudah?

Personal branding yang kamu bangun sejak awal dapat menambah nilai pada proses perekrutan.

2. Asah kemampuan komunikasi kamu

2. Asah kemampuan komunikasi kamu

Sering berinteraksi dengan orang lain meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum kamu.

Mereka yang akrab dengan diskusi seperti mengkomunikasikan kemajuan, memberi umpan balik, dan mengevaluasi ketika menjadi volunteering pasti akan merasa lebih percaya diri nantinya dalam wawancara atau forum diskusi kelompok.

Pendaftaran volunteering seringkali membutuhkan sesi wawancara, sehingga kamu dapat berlatih dan mendapatkan pengalaman di sana.

3. Belajar mengatur waktumu

Belajar mengatur waktumu

Memiliki kemauan untuk menjadi volunteering berarti kamu siap untuk melakukan kegiatan tambahan selain belajar, hobi, kumpul keluarga, dan istirahat.

✅Baca Juga:  Menu makanan sehat 30 hari untuk menurunkan berat badan

Di sini kamu akan belajar bagaimana menjaga diri sendiri dan waktu 24 jam kamu. Buat skala prioritas dan berani menolak kegiatan yang kurang bermanfaat.

Jika kamu bisa melakukannya dengan baik, HRD pasti akan memberi kamu nilai tambah nanti ketika kamu menceritakan pengalaman ini.

4. Beradaptasi dengan baik dan dapat bekerja sama

4. Beradaptasi dengan baik dan dapat bekerja sama

Menjadi volunteering pasti akan bertemu orang baru dengan karakter dan latar belakang yang berbeda, jadi kamu perlu beradaptasi secepat mungkin.

Volunteering juga harus toleran satu sama lain dan berbagi meja kerja, karena mereka sudah memiliki satu tujuan bersama untuk memajukan organisasi atau membuat suatu kegiatan berhasil.

Belajar bersosialisasi karena keterampilan ini mutlak diperlukan di tempat kerja.

✅Baca Juga:  7 Contoh Kasus Pelanggaran HAM Di Indonesia dan Penjelasannya

5. Kamu dapat melakukan banyak tugas dan mempelajari hal-hal baru

Kamu dapat melakukan banyak tugas dan mempelajari hal-hal baru.

Dengan begitu banyak karyawan baru, perekrut perusahaan mencari kandidat dengan nilai tambah, seperti fleksibilitas dan sikap yang baik.

Ketika kamu menjadi volunteering , kamu bekerja di meja kerja yang tidak sesuai dengan pelatihan kamu atau kamu belum pernah melakukannya sebelumnya.

Jika kamu masih bisa mengasahnya dengan baik, itu pertanda bahwa ada baiknya mempertimbangkan hasrat Kamu untuk mempelajari hal-hal baru dan kemampuan kamu untuk bekerja melampaui kerendahan hati.

Menjadi volunteering memiliki efek yang cukup positif, bukan? Jadi tidak ada salahnya mencoba sekali dan merasakan manfaatnya saat mendapatkan pekerjaan nanti.

Saat masih menjadi mahasiswa, pengalaman yang bermanfaat bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.