Pahami Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

KABARMEDANKU.com – Ketika Anda memiliki anak, Anda perlu mempersiapkan dana pendidikan anak, juga pakaian, makanan, dan makanan. Namun, orang tua juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain untuk memastikan bahwa anak-anak mereka menerima pendidikan yang layak.

Mempersiapkan dana pendidikan anak Anda sejak usia dini harus dipertimbangkan untuk mendukung masa depan mereka. Ulasan lengkap untuk lebih jelasnya dibawah ini!

Apakah dana pendidikan itu penting?

Manfaat Anggaran Pendanaan Pendidikan:

Kami mempersiapkan masa depan anak-anak untuk gizi, kesehatan dan pendidikan, dimulai dengan kehidupan yang bermartabat. Sudah menjadi kewajiban orang tua kepada anaknya untuk memberikan pendidikan karakter di rumah dan sekolah yang terbaik sejak usia dini.

1. Lakukan Survei Sekolah

Ini adalah langkah pertama yang harus dipertimbangkan orang tua ketika melakukan survei tentang sekolah mana yang terbaik untuk mereka. Pilih beberapa sekolah yang cocok dengan kriteria perbandingan Anda.

Hal ini untuk memastikan bahwa anak-anak dapat melihat baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Anda juga harus menemukan informasi rinci tentang pro dan kontra dari sekolah yang diinginkan. Mengingat saat ini banyak sekali jenis sekolah yang bisa dipilih, mulai dari sekolah negeri, swasta hingga internasional.

Begitu juga jika Anda berencana untuk mendaftarkan anak Anda dalam program home schooling. Temukan informasi lebih lanjut tentang sistem pendidikan yang ditawarkan.

2. Pilih Sekolah yang Sesuai dengan Anggaran Anda

Orang tua ingin melakukan yang terbaik yang mereka bisa untuk bayi mereka, tetapi mereka perlu mempertimbangkan keadaan dan kemampuan mereka dari sudut pandang keuangan.

Pilih sekolah atau program pendidikan berdasarkan anggaran Anda. Tapi pilihlah kualitas sekolah dan jangan abaikan. Jika penghasilan bulanan Anda masih belum cukup untuk biaya kuliah yang Anda inginkan, Anda mungkin ingin mencari penghasilan tambahan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengubah tujuan sekolah agar lebih sesuai dengan keadaan keuanganmu agar tidak membebani diri sendiri di kemudian hari sebagai orang tua.

✅Baca Juga:  Kumpulan Kode Bank Indonesia Terlengkap

3. Tanyakan Minat dan Kemampuan Anak

Selain mempertimbangkan sekolah sesuai anggaran, orang tua juga harus memperhatikan bakat dan minat anaknya. Tujuannya agar anak dapat mengembangkan potensi, minat, bakat dan kemampuannya.

Bertanya dan berkomunikasi tentang kebutuhan anak. Kami juga dapat merekomendasikan program pengujian minat dan bakat untuk anak-anak.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyekolahkan anak Anda di sekolah yang tepat dan memaksimalkan minat dan bakat anak Anda.

4. Memberi Pengertian Pada Anak

Tidak berhenti di situ, tetapi Anda harus bisa mengomunikasikan situasi keuangan anak Anda. Ajak anak-anak Anda untuk bekerja sama untuk mendapatkan sekolah yang sesuai dengan anggaran Anda.

Tolong beri saya pemahaman Anda untuk mencapai tanpa malas. Langkah ini sangat cocok untuk mendapatkan peluang besar untuk masuk ke sekolah impian Anda.

5. Rencanakan keuangan Anda Mulai Sekarang

Rencanakan dana pendidikan Anda sejak dini. Ini akan sangat membantu menutupi biaya pendidikan di masa depan. Misalnya, biaya masuk SMP harus disiapkan minimal saat duduk di bangku SD, seperti halnya SPP yang sudah disiapkan sejak SMP.

Anda bisa menabung secara mandiri atau berinvestasi di berbagai produk seperti saham, reksa dana atau asuransi. Pilih yang menurut Anda dapat dipercaya untuk mengelola dana pendidikan Anda.

6. Tabungan Konvensional

Menabung di bank merupakan salah satu cara menabung untuk pendidikan yang digemari masyarakat Indonesia. Ada banyak produk tabungan yang bisa Anda pilih dan alokasikan khusus untuk pendidikan anak Anda. Anda juga dapat membuka rekening tabungan biasa langsung atas nama anak Anda.

Kunci suksesnya adalah disiplin menabung agar tabungan pendidikan anak Anda bisa menutupi biaya sekolah. Pada prinsipnya menabung membutuhkan kesabaran dan kedisiplinan agar ‘sedikit demi sedikit menjadi bukit’.

✅Baca Juga:  Apa Itu OJK: Tujuan Pembentukan, Tugas, Fungsi dan Wewenang

Jangan tergoda untuk menabung sebelum Anda membutuhkannya dengan membuka rekening tabungan tanpa ATM atau kartu debit.

Kekurangan atau kekurangan tabungan uang kuliah yang ada adalah tabungan Anda bisa tergerus oleh biaya administrasi bank, biaya tarik tunai, dan biaya lainnya. Tak perlu dikatakan, suku bunga yang ditawarkan juga sederhana.

Dalam jangka pendek, misalnya, produk tabungan bank tradisional yang bisa menghemat biaya kuliah kurang dari dua tahun adalah pilihan yang lebih baik daripada menabung di rumah.

Namun dalam jangka panjang, misalnya untuk persiapan kuliah (10 – 15 tahun), produk tabungan tradisional kurang menguntungkan.

7. Asuransi Pendidikan

Banyak orang berpikir bahwa tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah hal yang sama. Gagasan itu tidak sepenuhnya salah. Karena jika dilihat sekilas memang sama, meski ada beberapa perbedaan yang signifikan.

Asuransi pendidikan adalah produk yang disediakan oleh perusahaan asuransi dan memiliki fungsi menyimpan dan melindungi dana pendidikan (asuransi kesehatan/jiwa).

Nah, untuk orang tua dan calon orang tua, mari pahami dulu perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan:

  • Asuransi pendidikan diterbitkan oleh perusahaan asuransi dan tabungan pendidikan diterbitkan oleh bank.
  • Sekalipun premi telah dibayarkan, asuransi pendidikan hanya dapat dibayarkan pada saat habis masa berlakunya atau meninggal dunia. Di sisi lain, tabungan pendidikan dapat dibelanjakan saat Anda menyelesaikan kewajiban menabung atau saat Anda tidak dapat lagi membayar cicilan.
  • Dalam hal pembayaran lebih awal dana asuransi pendidikan, potongannya lebih besar dari pada tabungan pendidikan.
    Meskipun asuransi pendidikan menawarkan manfaat atau pengembalian yang lebih besar, prosesnya lebih kompleks daripada tabungan pendidikan.
  • Misalnya, asuransi akan dibayar tiga kali dan Anda memiliki polis asuransi pendidikan dengan premi selama 15 tahun. Dengan kata lain, ketika anak Anda lulus dari sekolah dasar, mereka lulus dari sekolah menengah dan masuk perguruan tinggi. Nah, kecuali tiga hal itu, asuransi tidak akan terbayar kecuali Anda meninggal.
✅Baca Juga:  Kumpulan Kode Bank Indonesia Terlengkap

Harap dipahami bahwa ada dua jenis asuransi pendidikan yang ditawarkan: konsolidasi unit dan tujuan ganda.

  • Jenis unit link asuransi pendidikan

Jenis asuransi yang terdiri dari kombinasi jasa asuransi dan investasi. Di sini, premi bulanan dialokasikan untuk investasi dan premi asuransi.

Hasil investasi disampaikan secara bertahap, seperti saat anak Anda masuk sekolah (SD, SMP, SMA).

  • Asuransi pendidikan untuk tujuan ganda

Merupakan jenis asuransi yang mencakup fasilitas tabungan pendidikan.

Jika orang tua tidak mampu lagi mencari nafkah karena meninggal dunia, kecelakaan, cacat total, dll, maka perusahaan asuransi akan menanggung biaya pendidikan anak-anaknya.

Cadangan adalah jumlah yang disepakati oleh tertanggung dan perusahaan asuransi, dan hanya dapat ditarik dalam jangka waktu tertentu.

Berikut beberapa tips memilih asuransi pendidikan agar Anda tidak tertipu.

  • Pastikan perusahaan asuransi Anda terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki reputasi/kinerja yang baik.
  • Pastikan Anda telah membaca dan memahami produk asuransi pendidikan Anda dengan jelas, termasuk cara klaimnya.
  • Pilih produk asuransi yang sesuai dengan dana Anda.

Seperti yang kita ketahui, pendidikan adalah hak setiap anak. Di sisi lain, biaya pendidikan meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, memberikan pendidikan terbaik bagi anak memerlukan perencanaan dan pilihan yang tepat.

Jadi begitulah penjelasan lengkap tentang mempersiapkan dana pendidikan anak yang bisa anda lakukan mulai dari sekarang, semoga artikel ini bermanfaat.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.