Panduan Menemukan ide dalam Menulis Konten Artikel Blog

KABARMEDANKU.com – Halo sobat blogger, pada kesempatan yang indah ini kami akan terus memberikan pembahasan tentang menulis konten artikel blog yang pastinya banyak dinantikan kalangan blogger pemula sampai saat ini.

Tidak menutup kemungkinan kalau anda sendiri juga membutuhkan panduan menulis konten artikel blog semacam ini demi menambah pengetahuan dan wawasan anda didunia blogging, nah silahkan perhatikan dengan baik penjelasan yang akan kami berikan.

Sebelum itu, ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu informasi tentang tips agar artikel cepat terindeks google yang sudah kami buat beberapa hari yang lalu.

Intinya dengan pembahasan ini, anda bisa memulai menulis konten dengan ide-ide terbaik dan kreatif. Langsung saja simak informasinya.

Pentingnya Ide dan Konsep dalam Menulis Artikel

Seperti yang kita ketahui sampai detik ini bahwa menulis artikel bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, pada dasarnya perlu konsep dan ide yang matang.

Banyak blogger profesional diluar sana yang membutuhkan waktu setidaknya 1 – 5 hari dalam menyusun konsep artikel sehingga ketika sudah siap bisa dituangkan di blog mereka.

Inilah yang akan kita pelajari, menentukan konsep dan ide dalam menulis artikel blog. Karena kami raa, sampai hari ini ada banyak pembahasan yang kurang berbobot di internet, meski tidak semuanya tapi selalu ada. Baik itu konten panduan maupun konten edukasi.

Cara Simple Menentukan Konsep Artikel Blog

Umumnya orang menulis artikel ketika mereka sudah mendapatkan ide untuk kemudian dituangkan dalam bentuk ketikan di blog mereka, namun ada juga orang-orang ataupun blogger yang mengikuti website lain seperti contoh web blogger idola mereka dengan menuliskan artikel dengan pembahasan yang sama persis.

Nah, untuk hal ini tidak bisa kami salahkan karena mungkin mereka memiliki cara tersendiri asalkan konten tetap original hasil ketikan manual.

✅Baca Juga:  Cara Menghasilkan Uang dari Blog 2021

Pengalaman kami dalam menulis konten juga pernah mengalami banyak kesulitan, terlebih kalau kategori blog cukup simpit, maka ide juga terbatas sekali, alhasil ada banyak cara yang bisa kami coba agar blog tetap hidup dengan dukungan konten-konten berbobot.

Intinya konten yang dibuat tetap bermanfaat untuk para pembaca, meski kadang harus sedikit menyimpang dari topik besarnya. Contoh yang kami maksudkan seperti ini, ketika anda memiliki kategori blog “ Finansial “, maka anda tidak ada salahnya membahas tentang dunia forex, tabungan bank dan lain-lain.

Berikut Panduan Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog

Silahkan gunakan beberapa cara dibawah ini, perlu diketahui bahwa ini semua hasil dari pengalaman para blogger yang kami kemas menjadi satu konten.

Mendapatkan Ide dari Google Keyword

Salah satu cara mendapatkan konsep dan ide menulis artikel bisa dengan menggunakan keyword google yang biasanya tersedia untuk mereka yang memanfaatkan “ ads google “.

Disana anda bisa mencari ide artikel dengan menuliskan kata kunci sesuai dengan kategori blog yang anda bahas. Kalau blog anda membahas tentang dunia games, maka ketikkan saja “ games hp “ atau “ games PC “.

Secara otomatis ketika menggunakan keyword tools google, akan muncul ratusan hingga ribuan keyword dari low, medium dan high. Perhatikan setiap keyword dan sebisa mungkin kombinasikan untuk mendapatkan kata kunci yang unik.

Memanfaatkan Tranding Keyword Google ( Google Trends )

Cara lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah memanfaatkan google trend yang kadang seringkali dilupakan oleh para blogger, padahal ini bisa membantu mereka menemukan ide maupun konsep artikel yang sebenarnya.

Meskipun di google trend yang ditampilkan jauh dari kategori anda, namun anda bisa mencarinya sesuain dengan filter niche yang ada, disana sudah disediakan dengan lengkap.

✅Baca Juga:  Perbedaan Ngeblog dengan Blogspot dan Wordpress di Tahun 2021

Silahkan langsung ketikkan saja “ google trend “, maka secara otomatis akan terbuka banyak sekali pencarian paling populer di tahun 2021 maupun tahun sebelumnya, tinggal pilih saja mana yang akan anda gunakan.

Biasanya pencarian paling populer tentang dunia olahraga seperti sepak bola maupun berita tentang artis dunia. Namun tidak ada salahnya dicoba.

Memanfaatkan Rekomendasi Google Search

Nah untuk yang satu ini mungkin pernah anda dengar atau sudah sangat populer di kalangan para blogger, memanfaatkan rekomendasikan google search ketika mencari keyword artikel tertentu.

Misal contohnya anda sedang mencari keyword “ jadwal tanding bola hari ini “, secara otomatis akan menemukan banyak rekomendasi dari google search untuk mencoba mengunakan kata kunci lain seperti “ jadwal bola liga inggris “, “ jadwal bola liga eropa “ dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kenapa google menayangkan rekomendasi tersebut ? Pertama karena google merangkum keyword yang paling banyak di search oleh pengujung, sehingga memungkinkan anda juga tertarik dengan keyword tersebut.

Nah ini bisa anda jadikan referensi untuk menulis artikel, dengan kata lain menyediakan pembahasan yang belum pernah dibuat oleh webs/blog lain di serp engine. Silakan dicoba.

Mendapatkan Ide dari kebutuhan Banyak Pembaca

Secara umum ketika kita membuat artikel tentu disesuaikan juga dengan kebutuhan para pembaca, contoh saja ada pembaca yang menginginkan pembahasan tentang blogging maka umumnya mereka para blogger akan menyediakannya.

Nah ini juga bisa anda lakukan dengan cara bergabung di komunitas sosmed seperti Facebook dan Twiter, dari sana anda bisa langsung melakukan penelusuran sebenarnya konten semacam apa yang dibutuhkan oleh para pembaca.

✅Baca Juga:  Cara Mendapatkan Page One di Google Paling Mudah

Nah, kalau sudah didapatkan langsung saja susun materinya dengan kyword dan media yang dibutuhkan. Selanjutnya anda bisa publish dan langsung sebarkan ke komunitas yang ada, alhasil dengan begitu blog akan ramai pembaca.

Mendapatkan ide Dari Blogwalking

Sebenarnya bukan zamannya lagi untuk melakukan blogwalking atau berjalan-jalan ke blog milik orang lain, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Bahkan kami sendiri kadang masih menerapkan cara seperti itu untuk mendapatkan ide konten, tidak ada salahnya hal itu dilakukan asal bukan tindakan “ plagiat yah “.

Nah cara terbaik yang bisa anda lakukan ketika sedang blogwalking adalah melihat konten-konten yang sedang populer di website tersebut, sebisa mungkin anda menuliskan ulang dengan dikemas secara unik, berbeda dan menarik.

Kami yakin banyak pengunjung yang akan suka membaca. Cara ini cukup lama namun masih efektif untuk diterapkan.

Mendapatkan ide ketika sedang bersantai

Inspirasi kadang bisa datang kapan saja ketika kita tidak melakukan apa-apa atau mungkin sedang melamun sekalipun, ketika ide tersebut terlintas dipikiran anda, silahkan langsung tuliskan di buku atau mungkin langsung terjun ke laptop dan ketik ide tersebut.

Jangan menunggu lagi, karena ide tidak akan datang kedua kali ketika sudah lupa.

Oke sampai disini dulu pembahasan kita kali ini tentang menulis konten artikel blog, semoga informasi yang kami sajikan bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.