Pelajari 5 Tindakan Pertolongan Pertama Terjadi Kecelakaan

KABARMEDANKU.com – Kecelakaan bisa menjadi salah satu masalah yang tidak bisa dihindari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut telah dilakukan upaya-upaya untuk melaksanakan pertolongan pertama terjadi kecelakaan atau first aid.

Perawatan sementara juga dicoba untuk memberikan bantuan sebelum paramedis tiba. Untuk detailnya, lihat metode pertolongan pertama untuk setiap jenis luka di bawah ini.

Berikan Bantuan Secepatnya

Apa yang dapat Anda lakukan: Gunakan pakaian atau perban di sekitar tulang belakang atau patah tulang untuk mencegah gerakan. Hentikan pendarahan dengan memberikan tekanan langsung ke area yang terluka dengan perban atau pakaian. Jika memungkinkan, naikkan tempat perdarahan setinggi dada.

1. Luka Bakar

Jika terjadi kecelakaan yang dapat menyebabkan luka bakar pada pasien, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamati dan mewaspadai keadaan di sekitar Anda. Setelah itu, obati untuk menghentikan proses terbakarnya kulit korban. Dalam hal ini, tindakan yang dapat dilakukan adalah menjauhkan sumber listrik dari pasien.

✅Baca Juga:  Pelajari Teknik Seni Rupa 3 Dimensi dari Aplikasi Hingga Casting

Jika Anda menentukan bahwa postur pasien dapat memperburuk kondisi, segera pindah. Jangan lupa untuk memeriksa luka dan pernapasan Anda untuk mempertimbangkan apakah Anda memerlukan bantuan pernapasan.

Mengutip Halodoc, mereka menyarankan menggunakan air mengalir untuk mendinginkan tubuh yang terluka. Jika korban berada di bawah sinar matahari, mereka mungkin ditutupi atau dipindahkan ke dalam ruangan.

Sementara itu, RS Hermina menyarankan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan hingga rasa sakitnya hilang. Namun, jika lukanya melepuh, segera bawa ke dokter.

2. Pendarahan

Jika kecelakaan meninggalkan pasien dengan luka berdarah, solusi pertama adalah menghentikan darah. Anda dapat melakukan ini dengan terus menekan luka. Namun, hal ini bisa dilakukan jika pendarahan masih bisa dikendalikan atau jika lukanya tidak terlalu lebar dan tidak terlalu dalam.

Biasanya, dalam kasus ringan, pendarahan berhenti dengan sendirinya. Namun, dalam situasi yang cukup parah, akan sangat sulit untuk mengontrol pendarahan. Pendarahan yang berlebihan dapat menyebabkan syok dan kematian. Berikan tekanan pada kotak P3K dengan kain kasa atau kain bersih dan kurangi pendarahan sampai paramedis tiba.

✅Baca Juga:  Belajar Menulis Kesimpulan dalam Beberapa Langkah Mudah

3. Keseleo dan patah tulang

Ketika Anda menemukan keseleo atau seseorang yang terkilir, pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah segera membantu orang tersebut mengangkat area yang terkilir lebih tinggi. Mengangkat keseleo sangat efektif dalam mencegah edema. Sehingga dampak yang dirasakan juga bisa dikurangi. Namun, berbeda ketika pasien mengalami patah tulang.

Seperti rekapitulasi RS Hermina, tidak dianjurkan mengangkat atau memindahkan tubuh korban saat korban mengalami patah tulang. Upaya tersebut juga mencakup prinsip dasar pertolongan pertama: jangan mengubah posisi pasien agar keadaan tidak memburuk. Juga, segera oleskan kompres dingin dan minum ibuprofen atau naproxen.

4. Sengatan Serangga atau Bahan Kimia

Jika kecelakaan disebabkan oleh bahan kimia yang masuk ke mata Anda, gunakan air steril untuk menghilangkan bahan tersebut. Oleskan perlahan ke mata atau bagian tubuh lainnya. Kemudian berikan tekanan dengan kain kasa steril dari kotak P3K dan hindari menggosok mata Anda dengan tangan kosong.

✅Baca Juga:  Pelajari Lebih Lanjut Tentang Sistem Pendidikan Indonesia

5. Terkejut atau Syok

Jika terjadi syok atau kecelakaan pada seseorang yang syok, pertolongan pertama biasanya dilakukan dengan cara berbaring dan sedasi. Pertahankan kaki pasien ditinggikan di atas kepala kecuali kepala terluka. Menutupi tubuh untuk menenangkan pasien dan menjaga suhu tubuh. Berikan pasien minuman manis dan buat pasien nyaman.

Dalam penerapan pertolongan pertama itu sendiri, prosedur utama adalah melihat atau memberikan kondisi lingkungan, tingkat kesadaran, bantuan pernapasan, dan memeriksa luka korban.

Dengan demikian,pertolongan pertama terjadi kecelakaan yang paling tepat dapat dilakukan sesuai dengan kondisi korban, sehingga dapat memaksimalkan efek pertolongan pertama.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.