Pelajari Teknik Seni Rupa 3 Dimensi dari Aplikasi Hingga Casting

KABARMEDANKU.com – Seni rupa 3 dimensi adalah sebuah karya seni dengan ruang. Pekerjaan ini tidak hanya dibatasi oleh panjang dan lebar, tetapi juga oleh tinggi dan kedalaman.

Mengutip buku Apresiasi Seni: Seni Rupa dan Seni Teater 3 karya Drs. Magono, M.Sn. (2007), karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.

Karya ini dapat dilihat dari depan, samping atau belakang. Beberapa contohnya yaitu wayang golek, arca, topeng, guci, dll.

Anda juga dapat membuat seni tiga dimensi dalam berbagai media, termasuk kain, kanvas, bambu, kertas, kayu, tanah liat, logam, dan semen.

Karya ini dapat dirancang dengan menggunakan teknik tertentu.

✅Baca Juga:  Deretan 10 Universitas Terbaik di Dunia

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut ini adalah teknik seni rupa 3 dimensi yang dikutip dari buku Making 3 dimensi Art karya Sri Rahayu Saptawati, S.Pd., M.Ds (2017).

1. Teknik Aplikasi

Teknologi yang diterapkan adalah teknologi pengerjaan dekoratif dalam teknologi menjahit. Teknik ini diterapkan dengan menempelkan berbagai potongan kain yang dihias menyerupai binatang, bunga, dan bentuk lainnya.

2. Teknik Mosaik

Teknik mosaik adalah teknik menggambar dengan cara merekatkan objek 3 dimensi yang tersusun rapi.

3. Teknologi Perakitan

Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara menyambungkan beberapa potong bahan. Bahan-bahan ini dapat digabungkan dengan beberapa metode seperti sekrup, solder dan pengelasan.

✅Baca Juga:  Pelajari 5 Tindakan Pertolongan Pertama Terjadi Kecelakaan

4. Teknik Patung

Teknik seni pahat adalah teknik membentuk suatu karya seni dengan menghilangkan bahan-bahan yang diperlukan. Keterampilan ini dapat dibuat dengan file, palu, atau pahat.

5. Teknik Penuangan atau Pengecoran

Teknologi pengecoran adalah karya seni yang dibuat dengan menuangkan bahan cair ke dalam cetakan. Setelah proses curing, material dikeluarkan dari cetakan. Semen, gipsum dan karet adalah beberapa bahan yang sering digunakan dalam teknik ini.

Seperti Apa Saja Contoh 3 Dimensi?

Benda tiga dimensi seperti benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contoh benda tiga dimensi antara lain meja, kursi, lemari, vas bunga, gerabah, dan benda lainnya.

✅Baca Juga:  Belajar Menulis Kesimpulan dalam Beberapa Langkah Mudah

Apa Yang dimaksud Dengan Seni 3Dimensi?

Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya yang dapat dilihat dari segala arah karena memiliki lebar, panjang, dan tinggi.

Apakah Patung Mengandung Karya 3 Dimensi?

Patung merupakan salah satu karya seni rupa tiga dimensi. Hal ini dikarenakan patung juga memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (volume) sehingga dapat dinikmati dari segala arah.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.