Pelajari tentang Panthenol, Bahan kimia Yang Menghidrasi kulit Anda

Semua kemasan kosmetik biasanya memiliki deskripsi bahan yang dikandungnya. Salah satu bahan yang biasa ditemukan dalam kosmetik adalah panthenol.

Meski banyak ditemukan dalam kosmetik, banyak orang yang belum mengetahui apa itu panthenol, efeknya pada kulit, dan keamanannya. Ada penjelasan yang dapat Anda rujuk untuk membantu Anda memahami senyawa tersebut.

Apa itu Panthenol?

Panthenol, seperti dikutip Healthline, merupakan senyawa yang terbuat dari asam pantotenat atau vitamin B-5. Panthenol merupakan zat alami yang dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhan.

Sebagian besar perusahaan kosmetik biasanya menggunakan senyawa ini sebagai aditif dalam produk mereka.

Anda juga dapat menemukan panthenol dalam makanan seperti daging, susu, telur, dan roti gandum.

Panthenol biasanya hadir dalam dua bentuk: bubuk putih atau minyak bening. Senyawa ini memiliki banyak nama, antara lain:

  • Dexpanthenol
  • Alkohol asam D-pantotenat
  • Butanamida
  • Analog alkohol dari asam pantotenat
  • Provitamin B-5.
✅Baca Juga:  Pelajari Tentang Kelenjar Sebaceous, bintik-bintik di Wajah Yang Sering Disalahartikan Sebagai Komedo

Panthenol diubah menjadi vitamin B-5 ketika diserap oleh tubuh.

Apa fungsi Panthenol?

Dalam kosmetik topikal (ole), panthenol sering digunakan sebagai pelembab, emolien dan senyawa anti-iritasi. Senyawa ini juga dapat membantu melindungi dari iritasi kulit dan mencegah kekeringan.

Ada juga beberapa manfaat lain dari panthenol yang baik untuk kesehatan kulit.

  • kulit sehat

Panthenol dikenal untuk menutrisi kulit. Maka tak heran jika senyawa ini banyak ditemukan pada lotion, pembersih wajah, lipstik, foundation, dan maskara.

Selain itu, produk lain seperti gigitan serangga, ruam popok, dan poison ivy (reaksi alergi terhadap senyawa yang disebut urushiol) mungkin mengandung panthenol.

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional mencantumkan panthenol sebagai senyawa pelindung kulit karena mengandung sifat anti-inflamasi.

Senyawa ini juga dipercaya mampu mempertahankan kelembapan, elastisitas, dan kelembutan kulit. Selain itu, panthenol dipercaya bermanfaat meredakan gejala kulit kemerahan, peradangan, gigitan serangga, eksim, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Penguatan rambut

Manfaat panthenol juga untuk kulit dapat menguatkan rambut. Beberapa produk kesehatan rambut mengandung panthenol, yang dianggap membuat rambut berkilau, lembut dan kuat.

✅Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Masker Arang aktif di Rumah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, panthenol dapat memperlambat dan menyembunyikan penipisan rambut.

Namun, hasil ini tidak sepenuhnya dapat diterapkan karena banyak ahli telah menggunakan data lain dalam penelitian mereka.

  • Menjaga kuku tetap sehat

Kuku terbuat dari protein keratin, seperti rambut. Maka tidak heran jika Panthenol juga dianggap efektif untuk menguatkan kuku dan kuku kaki.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa mengoleskan panthenol pada kuku Anda dapat membantu menjaga kuku Anda terhidrasi dan mencegah kerusakan.

Apakah Panthenol aman digunakan?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan Komisi Bahan Kosmetik Eropa telah menyetujui penggunaan Panthenol dalam kosmetik.

✅Baca Juga:  Berapa Jam Sehari Saya Harus Memakai Lensa Kontak?

National Institutes of Health (NIH) mengklasifikasikan Panthenol sebagai senyawa yang MUNGKIN AMAN bila digunakan secara topikal atau sebagai semprotan hidung.

Kata “mungkin” di atas dapat dikaitkan dengan kurangnya bukti yang cukup untuk mendukung keamanannya ketika digunakan pada kulit, rambut, dan kuku.

FDA juga telah menyatakan bahwa penggunaan panthenol dalam makanan atau suplemen masih dianggap aman. Namun, juga dapat menyebabkan sejumlah efek samping, biasanya berupa dermatitis kontak atau gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan kosmetik atau suplemen apa pun yang mengandung panthenol.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.