Pelajari Tentang Prosedur Risiko Tindik Bibir dan Bahayanya

KABARMEDANKU.com – Pelajari tentang prosedur risiko tindik bibir dan bahayanya. Tindik hidung atau tindik lidah mungkin umum terjadi.

Namun, tindik bibir bisa menarik bagi mereka yang mencari tantangan lebih. Tindik bibir vertikal dilakukan dengan memasukkan permata melalui bagian tengah bibir bawah.

Karena tindik paling mudah dilihat, banyak orang melakukannya sebagai bentuk transformasi tubuh. Tingkat rasa sakit yang dirasakan selama prosedur tergantung pada tingkat toleransi rasa sakit individu.

Prosedur tindik bibir

Untuk tindik bibir, gunakan hanya tindik profesional yang berpengalaman. Juga perlu untuk melakukan prosedur di tempat yang dibersihkan secara teratur. Semua peralatan harus steril.

Proses tindik bibir yang sebenarnya berlangsung untuk waktu yang sangat singkat. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Pierce membersihkan bibir bawah dengan air yang dicampur disinfektan.
  • Bilas mulut Anda dengan agen antibakteri untuk memastikan bahwa area mulut tidak berisiko terkena infeksi bakteri.
  • Piercing menandai area yang akan ditindik di bagian dalam dan luar bibir.
  • Perbaiki bibir bawah dengan alat khusus untuk mencegahnya bergerak
  • Jarum didorong dari atas ke bawah melalui area yang ditandai sebelumnya.
  • Setelah selesai, jarum dilepaskan secara perlahan.
  • Tindik memasukkan perhiasan ke dalam area tindik.

Dalam tindik bibir, kedua sisi ornamen seperti barbel melengkung akan terlihat keluar dari mulut Anda. Satu di bagian atas mulut dan yang lainnya di bagian bawah dekat dagu.

✅Baca Juga:  Pelajari tentang Panthenol, Bahan kimia Yang Menghidrasi kulit Anda

Sementara itu, ada juga Ashley Piercing. Ini adalah tindik mulut di mana hanya bagian bawah yang terlihat. sedangkan ujung lainnya berada di dalam mulut.

Seberapa menyakitkan prosedur ini?

Toleransi rasa sakit seseorang menentukan seberapa menyakitkan prosedur tindik bibir ini. Mungkin tindik bibir bisa lebih menyakitkan dibandingkan tindik telinga, tindik hidung, atau tindik badan lainnya.

Ini karena ada banyak jaringan sensitif di sekitar mulut. Belum lagi ujung saraf di daerah mulut. Tidak hanya itu, tindik bibir vertikal bisa menyakitkan karena menembus jaringan bibir yang lembut dan tipis. Sehingga, sekaligus menembus ke dalam kulit bibir.

Proses pemulihan tindik bibir

Secara umum, proses pemulihan untuk tindik bibir membutuhkan waktu 6-8 minggu. Periode ini mungkin lebih pendek atau lebih lama tergantung pada bagaimana luka dirawat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat selama proses pemulihan.

  • Cuci tangan Anda secara teratur dengan air bersih dan sabun tanpa pewangi sebelum menyentuh area tindik
  • Berkumurlah dengan obat kumur bebas alkohol dan pengawet untuk melindungi mulut Anda dari bakteri.
  • Berkumur beberapa kali sehari di pagi hari, setelah makan, dan sebelum tidur.
  • Jangan berenang dan jangan terlalu lama merendam tindik dalam air.
  • Selalu jaga kebersihan pakaian, selimut, dan seprai gratis untuk menghindari infeksi bakteri.
  • Hindari menyentuh mulut atau wajah Anda dengan tangan yang belum dicuci
  • Campurkan air hangat dan garam, lalu rendam area tindik selama 5 menit setiap hari.
  • Gunakan cairan semprot khusus alih-alih mandi garam untuk menjaga area tindik tetap bersih
  • Keringkan area tindik dengan lembut dengan handuk bersih
✅Baca Juga:  7 Cara Cepat dan Tidak Repot Untuk Mengeringkan Rambut Anda

Efek samping tindik bibir

Bahkan dengan penggunaan tindikan yang terampil dan peralatan aseptik, potensi efek samping tetap ada. Beberapa dari mereka adalah:

Pengecualian

Penolakan terjadi ketika tubuh mengidentifikasi tindik sebagai benda asing. Tubuh Anda kemudian akan mendorongnya menjauh dari kulit Anda.

Akhirnya, saat penindikan terus mendorong, area kulit yang ditusuk dapat terbuka. Hal ini dapat menyebabkan luka terbuka. Luka terbuka rentan terhadap infeksi, jadi perlakukan dengan hati-hati.

Kerusakan gigi atau gusi

Jika permata bergesekan dengan email gigi atau permukaan gusi, hal itu dapat menyebabkan masalah pada gigi atau gusi Anda. Ini adalah efek samping umum dari tindik bibir. Dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan gigi atau penyakit gusi.

Epidemi

Risiko infeksi lebih besar dengan tindikan bibir dan mulut dibandingkan dengan tindikan lain di tubuh. Ini karena bakteri di mulut Anda dapat dengan mudah masuk ke tempat tindik setelah makan, minum, atau menyentuh mulut Anda.

✅Baca Juga:  Eksfoliasi Wajah: Manfaat, Jenis dan Cara Yang Tepat untuk Melakukannya

Bengkak

Bibir dan mulut bengkak dan nyeri selama beberapa hari pertama setelah prosedur. Jika kondisi ini berlangsung selama beberapa minggu atau Anda mengalami gejala lain seperti pendarahan dan keputihan, segera temui dokter Anda.

Gangguan sistem saraf

Sebuah studi 2011 terhadap empat orang yang memiliki tindikan di wajah dan bibir menemukan bahwa tindik bibir dapat mengganggu saraf di area wajah.

Gangguan pada saraf berlanjut hingga mencapai otak kecil sehingga menimbulkan nyeri tulang belakang dan gangguan posisi mata. Keluhan membaik dengan cepat setelah melepas tindik.

Tindik bibir vertikal biasanya dilakukan bersama dengan tindikan wajah lainnya. Lakukan hanya oleh personel penindik terlatih menggunakan peralatan steril.

Proses pemulihan biasanya berlangsung 6-8 minggu. Sementara itu, selalu pastikan bahwa tempat penindikan dalam keadaan steril. Tindik bibir lebih mungkin menyebabkan infeksi bakteri dengan tindik bibir karena bakteri di mulut dapat dengan mudah menembus area yang ditindik.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.