Pelajari Tentang Tindik Pipi dan Bahayanya

KABARMEDANKU.com – Pelajari tentang tindik pipi dan bahayanya. Tindik pipi, biasa disebut tindik lesung pipi, adalah perhiasan yang diletakkan di sisi wajah.

Biasanya terletak tepat di atas mulut di mana lesung pipit muncul secara alami. Tindik jenis ini lebih jarang dilakukan, mengingat risikonya jika tidak dilakukan dengan benar.

Seperti halnya jika Anda memutuskan untuk melakukan tindik pada vagina, lidah, atau puting, pastikan untuk melakukannya melalui layanan tindik atau tindik yang berpengalaman.

Prosedur tindik pipi

Bagi yang masih awam dengan konsep pipi piercing, berikut adalah gambaran prosedurnya. Pertama, penusuk mencari kelenjar parotid, yang bertanggung jawab untuk memproduksi air liur dengan mulut.

Ini penting karena jika kelenjar ini rusak saat ditindik, tidak ada cara untuk memulihkannya

Kemudian lokasi penindikan ditunjukkan. Anda kemudian akan diminta untuk berkumur. Jika rasa sakit menjadi perhatian, pilihan anestesi atau anestesi lokal tersedia.

Tindik bola dapat dilakukan di dalam atau di luar mulut. Alat ini berupa jarum suntik, bukan suntikan seperti prosedur tindik badan lainnya.

Jika Anda melakukannya di luar mulut Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan dudukan ke dalam mulut Anda sehingga jarum tidak menyentuh gusi atau lidah Anda.

✅Baca Juga:  Beragam Cara Efektif Menebalkan Rambut Tanpa harus ke SaloN

Dalam beberapa kasus, tindikan menggunakan jarum berulir untuk memungkinkan perhiasan langsung masuk ke lubang dalam satu gerakan.

Timbul rasa sakit

Berapa banyak rasa sakit yang Anda alami dengan tindik bola akan tergantung pada toleransi Anda. Karena pipi tidak memiliki tulang rawan atau jaringan ikat, biasanya rasa sakitnya lebih ringan daripada tindik telinga atau hidung bagian atas.

Juga akan ada reaksi berupa pembengkakan di tempat tindik. Anda mungkin merasakan atau melihat darah selama proses pemulihan. Namun, hal ini akan mereda dengan sendirinya dengan proses penyembuhan.

Efek samping tindik pipi

Sangat penting untuk mempertimbangkan risiko dan efek samping sebelum melakukan prosedur apa pun pada tubuh. Risiko dan kemungkinan efek samping tindik bola meliputi:

  • Cedera kelenjar parotis

Sebenarnya, siapa yang akan memberi Anda tanda pertama penindikan untuk menghindari menyentuh kelenjar parotid. Namun, ada risiko kecelakaan. Ketika ini terjadi, Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk mengembalikannya ke keadaan semula.

  • Risiko cedera dan infeksi
✅Baca Juga:  Pelajari Tentang Kelenjar Sebaceous, bintik-bintik di Wajah Yang Sering Disalahartikan Sebagai Komedo

Beberapa efek samping yang mungkin juga terjadi adalah peradangan pada pipi. Jika disertai infeksi, muncul gejala seperti keputihan berwarna kekuningan, bengkak, nyeri terus-menerus, kemerahan, dan gatal-gatal.

Selain itu, karena penindikan dilakukan pada selaput lendir di dalam rongga mulut, proses penyembuhan di daerah mulut biasanya lebih cepat.

Biasanya, seseorang yang mengalami tindik bola tidak merasakan sensasi di mulutnya keesokan harinya. Bahkan jika pemulihannya cepat, jaringan parut mungkin terjadi.

  • Penolakan tubuh

Terkadang tubuh mungkin mengenali tindik sebagai benda asing dan menolaknya. Ketika ini terjadi, jaringan kulit mendorong permata keluar.

  • Gigitan

Anda biasanya akan merasakan pipi Anda membengkak setelah prosedur. Jadi, sebaiknya pilih perhiasan yang panjang terlebih dahulu agar tidak tersangkut atau sulit dibersihkan.

Jangan mengganti perhiasan sampai 8-12 minggu setelah prosedur. Jika ada pembengkakan, maka ada kemungkinan gigitan yang sangat tinggi. Jadi kunyah dengan hati-hati. Menerapkan es dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Tindakan pencegahan sebelum tindik pipi

Tindik bola dianggap prosedur yang sangat berisiko karena sangat dekat dengan kelenjar parotis. Ini adalah kelenjar yang mengalirkan air liur ke rahang atas dan belakang gigi.

✅Baca Juga:  Apakah Boleh Keramas Setiap Hari? Begini Penjelasannya

Oleh karena itu, Anda tidak boleh melakukan tindik pipi kecuali luka sembuh secara optimal setelah 2 bulan. Mungkin ada tugas yang memakan waktu, dll karena harus menempuh perjalanan jauh.

Ingatlah untuk membersihkan luka di pipi di tempat tindik setidaknya dua kali sehari. Perhatikan juga kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Jika Anda sudah memiliki gigi berlubang, enamel menipis, atau gusi menipis, sebaiknya tunda tindik bola Anda sebelum masalah teratasi. Ini karena bagian dalam permata bergesekan dengan gigi dan gusi Anda.

Bersihkan perhiasan Anda dengan sabun antibakteri setidaknya sekali setiap dua hingga tiga hari setelah tindik pipi Anda. Jika sabun terlalu kuat, tambahkan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan ke area tindik dengan kapas.

Lanjutkan membersihkan area tindik hingga 8 minggu setelah prosedur. Selain itu, penindikan harus dilakukan dengan penindikan bersertifikat dan peralatan steril.

Leave a Reply

Your email address will not be published.