Perbedaan Ngeblog dengan Blogspot dan WordPress di Tahun 2021

KABARMEDANKU.com – Sebagai seorang penulis pasti tahu dengan blogspot dan wordpress, pasti merasakan ada banyak sekali perubahan-perubahan yang diberikan dari kedua platfrom blog yang paling terkenal di kalangan blogger diluar sana.

Istilah blogspot dan wordpress selalu menjadi bahan pertimbangan utama untuk mereka para pemula, menentukan mana yang paling mudah dioperasikan dengan biaya yang terbilang lebih murah dan mana yang mampu memberikan peningkatan lebih baik di search google.

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan pembahasan secara tuntas tentang blogger dan wordpress yang selalu menjadi perdebatan para blogger pemula.

Platform Blogspot dan WordPress di mata Pengguna

Tidak sedikit yang bisa kita bahas untuk mengetahui dari keduanya mana yang paling baik, hanya saja disini kami akan memberikan pengalaman-pengalaman baik itu dari segi kelebihan dan kekurangan yang diberikan.

Sekali lagi, kami tidak memaksakan anda untuk memilih diantara kedua platform tersebut, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan anda sendiri. Karena kami tahu bahwa setiap orang atau blogger memiliki batasannya masing-masing terlepas dari biaya yang digunakan untuk perawatan setiap harinya.

Pada intinya, disini kami akan memberikan pembahasan secara detial perbedaan dari keduanya yaitu blogger dan wordpress, sehingga anda bisa memilih mana yang terbaik untuk digunakan.

Platform Blogger : Tools Blogging Milik Google Paling Legendaris

Tidak bisa dipungkiri bahwa blogger merupakan salah satu platform ngeblog yang paling banyak dipakai oleh kalangan masyarakat di luar sana untuk berbagai keperluan mulai dari membuat blog personal, komersil hingga blog bisnis yang menguntungkan.

Jika kita lihat perkembangan platform satu ini, sudah ada banyak perubahan yang dilakukan mulai dari segi tampilan hingga syarat dan ketentuan yang ada.

Jika saya disuruh menceritakan tentang pengalaman dan pandangan saya terhadap platform satu ini, jelas sangatlah lengkap karena blogger menjadi platform pertama saya untuk terjun ke dunia blogging sampai detik ini.

✅Baca Juga:  Tips Membangun Blog dan Website di Tahun 2021 Yang Benar

Bahkan dari awal mengenal istilah blog juga dari aktivitas membaca-baca di internet. Mari kita lihat sisi kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Platform Blog Menurut Pandangan Admin

Secara umum ada banyak kelebihan yang bisa ditawarkan oleh platform ini kepada setiap penggunanya, mulai dari tampilan yang sederhana dan mudah dipahami hingga form untuk menulis postingan yang mirip dengan ms word, sehingga memudahkan setiap pengguna untuk menulis informasi yang mereka butuhkan.

Berikut list kelebihan dari platform blogger menurut kami.

  • Akses yang gratis dengan menggunakan akun gmail, anda bisa membuat lebih dari 100 blog dengan 1 akun gmail saja
  • Tampilan yang sederhana, simple dan mudah dipahami untuk pemula sekalipun
  • Server aman dan tidak mudah down, karena menggunakan server google yang tentunya sudah tidak diragukan lagi
  • Tertaut dengan program google adsense, dimana kalau blog anda sudah siap menghasilkan iklan bisa secara otomatis didaftarkan
  • Anda bisa menulis, membaca komentar dan melakukan kegiatan lain hanya dari satu tempat saja
  • Tidak ada biaya bulanan yang dikeluarkan untuk perawatan blog, kecuali anda membeli domain dan menyewa jasa perawatan blog
  • Mudah untuk dioptimasi di google webmaster dan google analisis
  • Tersedia banyak pilihan tools seo yang bisa digunakan untuk mengoptimasi blog anda
  • Tersedia banyak pilihan template yang bisa anda gunakan

Itulah sisi kelebihan dari blogspot yang sampai detik ini kami ketahui selama menggunakannya, mungkin anda yang sudah pernah memakai blogspot bisa menambahinya di kolom komentar.

Mungkin masih banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh blogspot yang belum saya tuliskan. Selanjutnya kita akan lihat sisi kekurangan dari blogspot yang selalu menjadi momok untuk para penggunanya. Silahkan simak dibawah ini.

✅Baca Juga:  Cara Setting Blog Yang Benar Saat Awal Pembuatan

Kekurangan Platform Blogspot Menurut Admin

Sisi kekurangan yang akan kami sebutkan dibawah ini sekiranya jangan sampai anda jadikan sebagai acuan untuk tidak memilih blogspot, karena kami rasa dengan adanya sisi kekurangan ini akan membantu anda memahami penggunaan blogspot dan siapa tahu bisa membantu developer untuk menyempurnakannya.

  • Platform blogspot belum memiliki template maupun tema yang terbilang elegan dan premium layaknya wordpress. Anda wajib membeli dari penyedia template atau pihak ketiga untuk mendapatkan tampilan yang elegan dan premium.
  • Seringkali dengan domain blogspot, akan terlihat kurang profesional sehingga banyak para pelaku bisnis yang menggunakan blogspot sebagai blog personal dibandingkan untuk mendatangkan penghasilan.
  • Blogspot tidak memiliki banyak plugin seo yang lengkap, sehingga cukup sulit untuk meningkatkan ranking di halaman pencarian. Namun setidaknya ada banyak informasi dasar-dasar seo yang bisa anda pelajari.
  • Karena sifatnya gratisan, maka segala bentuk konten yang anda publish disana semuanya harus dikontrol oleh google. S dan K akan selalu berlaku, sehingga anda tidak bisa melakukan hal diluar s dan k dari google. Jika tetap melanggar sudah bisa dipastikan akan out / suspend.

Nah itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang blogspot, lantas bagaimana dengan wordpress yang sampai detik ini selalu menjadi pilihan para pengguna bisnis online ?  Yuk simak langsung penjelasannya.

WordPress – Platform Web Hosting Untuk Profesional Blog

Tentu anda tahu kenapa dibagian sub judul ini kami tulis “ profesional blog “. Terlihat jelas bahwa platform ini sebenarnya diperuntuhkan untuk mereka yang sudah benar-benar paham tentang dunia blogging, sudah bisa menetapkan tujuan utama ngeblog mereka nanti mau kemana dan seperti apa tampilan blog yang akan dibuat nantinya. Nah, platform ini merupakan platform berbayar yang artinya anda harus merogok kocek untuk berlangganan setiap tahunnya. Minimal untuk yang premium blog itu sekitar Rp. 500.000 – 600.000 untuk sekali perpanjangan baik domain dan kebutuhan hosting. Sisi lain yang menakjubkan tentu ada banyak sekali, terlepas dari biayanya yang mahal.

✅Baca Juga:  Tips Ngeblog Untuk Pemula Hingga Menghasilkan di Tahun 2021

Kelebihan Platform WordPress Menurut Admin

  • Tersedia secara bebas dalam membuat blog dengan kontrol ada ditangan kita sendiri, layaknya rumah sendiri yang sama sekali tidak menumpang tidur dan makan di tempat lain.
  • Anda bisa membuat dan menentukan berapa kapasitas penyimpanan data dengan istilah yang mudah dipahami yaitu “ hosting “
  • Tersedia banyak pilihan tema premium yang bisa anda terapkan ke dalam situs
  • Mudah terindeks oleh google karena sudah mendukung banyak tools dan plugin seo yang bisa didapatkan secara free dan berbayar
  • Terlihat profesional dan tentunya lebih mandiri
  • Cocok untuk blog personal maupun bisnis

Nah kita lihat dari sisi kekurangannya, apakah lebih banyak dari keuntungan yang didapatkan ? Mari simak dibawah ini.

  • Harga berlangganan yang terbilang cukup mahal
  • Rentan down jika server terlalu banyak yang mengunjungi
  • Rentan diretas karena tingkat keamanan yang mungkin tidak sebaik blogspot

Itulah setidaknya beberapa informasi dari perbedaan antara blogspot dan wordpress, lebih kurangnya informasi diatas bisa anda tambahan di komentar yang sudah kami sediakan. Terimakasih.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.