Perhatikan Ini Sebelum Menandatangani Kontrak Sewa Rumah

KABARMEDANKU.com – Perhatikan ini sebelum menandatangani kontrak sewa rumah. Sewa rumah untuk rumah ialah jalan keluar untuk pasangan baru yang ingin mengirit biaya.

Karena untuk membeli rumah saja saat ini harga benar-benar mahal. Dalam mengontrak rumah, yakinkan harus ada surat kesepakatan dalam kontrak sewa rumah, supaya semua jelas.

Dalam surat kesepakatan sewa rumah itu, Anda pun perlu sama sesuai pada isinya. Hingga yang akan datang tidak ada persoalan yang muncul secara mendadak atau yang bikin rugi salah satunya pihak. Ada surat kesepakatan memberi kepastian dalam soal penuntasan permasalahan.

Nach, saat sebelum Anda betul-betul tanda-tangani kontra sewa rumah, yakinkan Anda memerhatikan hal di bawah ini.

1. Sanksi dan Solusi

Dalam kesepakatan sewa harus tertera sanksi-sanksi yang penting dikasih ke penyewa atau pemilik rumah. Hak dan kewajiban ke-2 pihak memerlukan kontrol, dan sanksi ini yang dapat mengaturnya.

Lantas bagaimana kelak jalan keluarnya, apa bila ada persoal minor perlu disodorkan ke pihak yang berwajib atau dituntaskan secara kekeluargaan.

✅Baca Juga:  Cara Sewa Apartemen di Jakarta yang Irit dan Nyaman

2. Jangan Lupa Pertanda Tangan dan Materai

Yang pasti janganlah lupa untuk menandatanganinya, tanda-tangan memerlukan saksi dari pihak lain misalkan saja RT di tempat. Dan supaya surat kesepakatan ini legal, janganlah lupa untuk memberinya materai. Hingga surat ini semakin lebih syah di mata hukum.

3. Permasalahan Perawatan Rumah

Sebuah rumah pasti ada masanya untuk perawatan donk, contoh tukar ini itu, atau memperbaiki kerusakan rumah. Nach, ini harus juga ada detail poin-poinnya.

Sepanjang jangka waktu sewa apa itu saja yang bisa diperbarui oleh penyewa dan apa yang jangan disentuh sama sekalipun.

Karena ini terkadang terkait dengan biaya. Ada rumah yang bila ada kerusakan karena faktor usia, jadi tanggung-jawab pemilik rumah. Tetapi bila benar ada kerusakan karena faktor penyewa, perlu jadi tanggung-jawab penyewa.

Selanjutnya permasalahan properti bila di dalam rumah ada, perlu diberi detailnya.

✅Baca Juga:  Tips Menjual Properti Dengan Harga Tinggi?

4. Bagaimana Pembayaran Tagihan

Di kesepakatan sewa rumah perlu disetujui bagaimana pembayaran tagihan yang terkait dengan rumah itu, seperti tagihan listrik, air, pajak rumah, telephone, dan lain-lain.

Apa yang perlu dibayar oleh penyewa dan pemilik rumah. Dan apa pada harga sewa itu telah terhitung beberapa biaya tagihan itu sepanjang 1 tahun atau bagaimana. Ini perlu diterangkan.

5. Detail Harga dan Jangka Waktu Sewa

Permasalahan harga harus juga tercantum terang di surat kesepakatan. Dan harga itu untuk jangka waktu sewa berapakah bulan atau tahun. Semua harus terang.

Selanjutnya permasalahan sistem pembayaran dilakukan dengan cara seperti apakah. Bolehkah dicicil /bulan atau bayar 1/2 harga dahulu, atau langsung tahunan.

Untuk jangka waktu sewa, yakinkan tercantum waktunya baik tanggal mulai tempati sampai tanggal selesainya masa sewa. Lantas bila kelak ingin perpanjang sewa rumah, prosesnya harus bagaimana. Semuanya harus tertuang di sini.

✅Baca Juga:  15 Gedung Pernikahan di Jakarta dengan Harga Sewa

Selanjutnya jika Anda ingin akhiri sewa rumah saat sebelum kontraknya habis, apa uang sisanya dapat dibalikkan atau bagaimana.

6. Identitas yang Terang dari Ke-2 Belah Pihak

Identitas penting dalam soal sewa menyewa rumah. Yakinkan dalam surat kesepakatan tercantum identitas yang terang dari ke-2 pihak.

Identitas mencakup nama jelas, alamat lengkap domisili atau yang sama sesuai KTP, Nomor KTP, Pekerjaan, Nomor telpon yang dapat dikontak, dan pihak yang lain dapat menjadi referensi jika pihak khusus tidak dapat dikontak.

Jika identitas saja salah, pasti akan menyusahkan. Apa lagi bila setiap saat terjadi permasalahan, karena itu tuntutan tidak dapat dilayangkan.

Untuk Pembahasan Tentang Properti Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.