Rahasia Menulis Artikel Blog Yang Ramai Pembaca

KABARMEDANKU.com – Pada kesempatan yang indah ini kami akan memberikan pembahasan menarik untuk anda yaitu tentang menulis artikel blog agar ramai dibaca. Banyak diantara kita yang mungkin pernah merasakan jenuh dan malas ketika menulis artikel, karena tidak ada yang membacanya.

Lantas apakah itu kesalahan kita sewaktu menulis artikel blog konten ? Atau memang karena tidak ditemukan oleh pembaca ? Yuk coba simak penjelasannya dibawah ini, agar anda bisa memahami lebih dalam saat penulisan artikel blog.

Alasan Kenapa Artikel Blog Jarang dibaca Pengunjung

Ada banyak sekali alasan kenapa tidak banyak pengunjung yang membaca artikel di blog anda, pertama bisa jadi karena kurang menariknya judul yang diberikan dan kedua bisa jadi karena media gambar tidak menarik untuk dilihat.

Terkadang unsur media seperti gambar ini berperan penting untuk menjadi daya tarik sendiri, agar pembaca mau melihat-lihat konten yang kita buat.

Selain itu juga, ada unsur SEO yang terkadang berpengaruh terhadap blog kita sehingga sulit ditemukan di serp engine. Mari kita bahas bersama, rahasia konten artikel banyak dibaca oleh pengunjung di internet.

Pada umumnya, artikel ini kami buat berdasarkan pengalaman para blogger diluar sana, yang tak lain admin sendiri dan beberapa partner.

Rahasia Agar Artkel Blog Ramai dibaca Pengunjung

Beberapa tips yang kami berikan ini sudah banyak diterapkan oleh mereka yang baru terjun ke dunia blogging, perbedaanya ada yang benar-benar konsisten dan ada yang vakum untuk menulis konten. Yuk simak dengan baik dibawah ini.

Buatlah Konten dengan Konsep Yang Matang

Pertama jika anda ingin mendapatkan artikel dengan kualitas diatas rata-rata, maka saran terbaik dari kami adalah menyusun konsep dengan matang dan struktural.

✅Baca Juga:  10 Cara Mempercepat Indeks Blog di Google

Ini penting sekali karena pembaca anda bisa menilai kualitas konten yang nantinya sudah dipublish. Kesan pertama dalam membaca konten ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi mereka untuk terus kembali membaca konten-konten lainnya.

Ini penting sekali, konsep dari suatu artikel harus dimatangkan dan dibuat dengan sebaik mungkin, biasanya seorang penulis akan menyusun konsep kurang lebih 1 hari dan mulai membuat kerangka artikel tidak lebih dari 2 harian. Setelah konsep tersusun, kita lanjutkan ke tahap berikutnya.

Buatlah artikel yang unik atau berbeda

Meskipun anda menggunakan pembahasan yang sama dengan artikel lain di website, sebisa mungkin tetap unik atau berbeda dari segi pembahasan, penggunaan media dan tata bahasa yang dipakai.

Contoh disini anda membahas artikel tentang tutorial blogging, umumnya konten semacam ini sudah banyak ditemukan di serp engine, namun sebagai seorang penulis yang menginginkan konten unik yang berbeda, anda harus bisa membuatnya lebih menarik dibandingkan artikel web lainnya.

Nah, disinilah kreatifitas anda sangat dibutuhkan, sehingga pembaca bisa menilai ternyata informasi yang anda sajikan lebih lengkap dan menarik. Bagaimana apakah anda sudah memikirkan hal tersebut ? Jika belum, ayo mulai dari sekarang.

Struktur Penulisan juga sangat penting

Pembaca blog terkadang lebih menyukai konten artikel dengan pembahasan yang lebih tersruktur, mulai dari susunan paragraf hingga susunan kalimatnya. Kami lebih suka susunan paragaf yang rapi dan tidak terlalu padat.

Sebagai contoh saja misal 1 paragraf berisikan 2-3 baris kalimat saja sudah cukup. Jika terlalu banyak, kadang ada pembaca yang kurang menyukainya. Namun ada juga pembaca yang lebih suka dengan konsep lebih rapat dan rapi.

Jadi kombinasikan saja keduanya. Berikut yang tidak kalah penting adalah susunan heading atau sub judul, sebisa mungkin harus dibedakan antara isi – pilihan – judul besar.

✅Baca Juga:  Cara Jitu Agar Blog Ramai Pengunjung

Penggunaan media gambar dan video

Gambar/Infografis ataupun video juga berperan penting agar blog anda terlihat lebih menarik dan unik, salah satu daya tarik sendiri untuk mereka para pembaca karena konten anda dipenuhi dengan gambar.

Namun yang menjadi catatan disini, gunakan gambar yang berkaitan atau ada hubungannya dengan artikel yang sedang dibuat, jangan sampai menggunakan gambar yang sama sekali tidak ada kaitannya.

Terlebih lagi, anda bisa menggunakan video pendukung atau video animasi yang membuat konten anda lebih hidup dan memiliki makna sendiri. Lokasi penyematan media bisa beragam, ada yang biasa disematkan pada bagian judul dan ada yang di tengah – akhir artikel.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari setiap penjelasan yang anda buat. Intinya tetap menggunakan media atau gambar orisinil, jangan hasil comot dari google karena itu bisa melanggar hak cipta, kecuali anda lampirkan sumbernya secara jelas.

Teknik Submit Webmaster

Agar artikel anda bisa ditemukan dan dibaca banyak orang, alangkah lebih baiknya kalau submit ke webmaster. Ini penting sekali agar konten bisa langsung diindeks mesin pencari.

Penting untuk diketahui kalangan blogger, ketika setelah selesai membuat konten sebisa mungkin submit atau inspect URL di webmaster. Tujuannya, agar robot perayap atau dikenal dengan crawl google segera merayapi setiap isi dari halaman artikel anda.

Selanjutnya, tinggal tunggu kurang lebih 1 x 24 jam sampai konten anda tampil di mesin pencari. Jika masih belum, besar kemungkinan untuk beberapa blog membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah silahkan langsung saja dicoba.

Promosikan lewat sosial media

Nah ini adalah teknik yang seringkali kami pakai hingga saat ini, promosi di sosial media itu simple sekali untuk dilakukan.

✅Baca Juga:  Tips Membangun Toko Online Dari Platform Wordpress

Cukup dengan bergabung group facebook atau mungkin komunitas lainnya, anda bisa langsung mensubmit atau menyebarluaskan konten yang baru saja dibuat.

Tujuannya agar konten segera dibaca, mumpung masih fresh. Perlu diingat dalam teknik promosi ini adalah target group maupun komunitas yang anda ikuti harus berhubungan dengan kategori blog anda, jangan sampai berbeda pembahasan karena jelas tidak akan masuk/sinkron nantinya.

Nah teknik semacam ini banyak dipakai web besar seperti portal berita untuk menjaring banyak pembaca, jika mereka ketagihan dengan konten yang disugguhkan, maka pasti besok harinya akan datang kembali. Nah silahkan saja dicoba dan pasti banyak yang membaca.

Buatlah konten yang sedang viral

Teknik lain agar konten artikel anda banyak dibaca oleh pengunjung, cobalah untuk membuat artikel yang berbau viral. Maksud konten yang berbau viral ini adalah jenis artikel yang masih hangat-hangatnya dibahas oleh web portal berita ataupun media saat ini.

Contoh tentang covid ataupun hal lainnya, yang pasti jangan membuat konten hoak demi mendapatkan trafik kunjungan yang tinggi, terapkan saja judul click bait yang masih terlihat natural untuk memancing pembaca dari internet.

Sampai disini dulu konten artikel yang membahas tentang cara mudah menulis artikel blog ramai dibaca, semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.