Suatu sampel urin memperlihatkan hasil berwarna ungu setelah dilakukan uji menggunakan biuret

Suatu sampel urin memperlihatkan hasil berwarna ungu setelah dilakukan uji menggunakan biuret. Hal tersebut dapat mengindikasikan adanya gangguan pada ginjal. Berdasarkan informasi tersebut, bagian ginjal yang mengalami gangguan adalah….

a. tubulus distal

b. tubulus proksimal

c. tubulus kolektivus

d. badan malpighi

e. glomerulus

Jawaban: E

Pembahasan

Uji Biuret merupakan pengujian yang digunakan untuk menguji ada tidaknya kandungan protein dari suatu zat. Zat yang mengandung protein akan memperlihatkan hasil positif berupa perubahan warna menjadi ungu.

Berdasarkan informasi yang diberikan pada soal, urin memperlihatkan perubahan warna menjadi ungu setelah dilakukan uji biuret, sehingga urin tersebut positif mengandung protein.

Terdapatnya protein dalam urin terjadi akibat adanya kegagalan dalam proses filtrasi pada bagian glomerulus nefron. Molekul-molekul air dan molekul lainnya seperti glukosa, asam amino, urea, garam, dan ion-ion natrium, bikarbonat akan melintasi dinding kapiler glomerulus dan kapsula Bowman menuju tubulus proksimal saat proses filtrasi.

Bersamaan dengan proses penyaringan, sel-sel darah, keping-keping darah, dan protein akan diikat agar tidak ikut tersaring dan tetap berada di dalam darah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button