Tips investasi obligasi Bagi pemula

Tips investasi obligasi bagi pemula – Investasi obligasi merupakan jenis investasi yang sangat digemari oleh masyarakat umum, dan jenis investasi yang satu ini banyak digunakan. Obligasi merupakan instrumen investasi yang dapat dipilih di pasar modal yang diperdagangkan. Berbeda dengan investasi lainnya, investasi obligasi memiliki keunggulan tersendiri.

Obligasi memberikan pinjaman dari investor yang diberikan kepada perusahaan yang ingin menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini, itu adalah obligasi korporasi atau pemerintah jangka panjang dengan nilai nominal dan jatuh tempo tertentu.

Sekalipun termasuk jatuh tempo, bukan berarti obligasi tersebut akan dimiliki hingga jatuh tempo. Ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder dalam investasi obligasi yang telah dibuatnya. Obligasi merupakan salah satu jenis investasi yang kurang berisiko dibandingkan saham. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi yang satu ini.

Tentu saja, agar Anda dapat menjalankan investasi obligasi dengan sukses, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Tidak semudah yang Anda bayangkan untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat ketika Anda melakukan investasi yang satu ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di obligasi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di antaranya sebagai berikut!

Siapkan modal investasi Investasi

Siapapun yang ingin berinvestasi harus terlebih dahulu menyiapkan modal yang diperlukan. Dimana permodalan merupakan kunci penting yang perlu disiapkan oleh investor. Salah satu modal yang dibutuhkan adalah uang, dan uang ini merupakan instrumen yang diinvestasikan dalam perusahaan melalui obligasi.

Sebagai aturan, ada persyaratan pendanaan minimum untuk obligasi investasi yang harus dibayar. Anda dapat melihat panduan melalui obligasi secara langsung. Memiliki modal yang cukup menawarkan Anda yang menjadikan investasi yang satu ini sebagai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan.

✅Baca Juga:  Jenis Reksa Dana Yang Harus Anda Ketahui

Selain modal yang dibutuhkan, Anda juga perlu menyiapkan alat lain seperti smartphone atau komputer yang bisa digunakan. Hampir setiap orang pasti memiliki smartphone atau komputer yang dapat digunakan untuk memantau dan mencari informasi mengenai investasi yang akan dilakukan. Dengan cara ini, investasi obligasi yang Anda operasikan berjalan secara efektif.

Tentukan strategi yang tepat

Strategi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan dengan baik. Di mana investasi obligasi tidak dapat dilakukan tanpa pandang bulu jika Anda tidak mengejarnya dengan serius, Anda menghadapi risiko kerugian yang tinggi. Sangat penting bagi investor untuk menentukan strategi yang tepat agar dapat berjalan dengan lancar.

Dengan investasi obligasi ini, investor tentunya memiliki tujuan yang jelas, tujuan mana yang harus bisa mereka atasi agar bisa sukses dengan investasi obligasi yang dilakukan. Sama seperti bagaimana Anda mengatur investasi jangka pendek atau panjang untuk menjalankannya. Manajemen risiko dan status pajak juga sangat penting agar Anda dapat menghitung dengan benar.

Selain itu, investor juga harus mempertimbangkan untuk melakukan diversifikasi ke beberapa aset yang berbeda. Secara umum, berinvestasi di berbagai instrumen adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Melakukan satu investasi saja mempertaruhkan keuntungan yang bisa Anda hasilkan dan itu berubah menjadi kerugian besar.

Untuk melakukan diversifikasi dalam investasi yang satu ini, portofolio beberapa efek utang harus dibuat. Dimana pemilihan instrumen utang dengan karakter berbeda dari emiten yang melindungi aset Anda. Lebih aman jika Anda bisa menjanjikan obligasi dari penerbit pemerintah yang menawarkan jaminan pembayaran.

✅Baca Juga:  Cara Trading Saham Untuk Pemula 2021 - Trading Saham

Penentuan waktu transaksi yang tepat

Waktu juga merupakan salah satu hal terpenting untuk digunakan dengan benar jika Anda ingin menjalankan investasi obligasi secara efektif. Ini akan membantu Anda bahwa investasi yang dilakukan akan berubah menjadi keuntungan dengan cepat. Investor memiliki opsi untuk menjual kembali surat utang di pasar sekunder.

Sebagai pemilik obligasi, Anda dapat menentukannya sendiri kapan saja. Pastikan Anda juga menentukan harga jual yang benar, dimana harga jual harus lebih tinggi dari harga beli. Ini adalah bagaimana Anda mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga.

Langkah ini sangat efektif untuk Anda agar investor bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga. Sama seperti Anda membeli surat utang di pasar perdana yang nilainya Rp 10 juta dengan harga 100%. Dalam hal ini, Anda dapat menjualnya kembali kepada investor lain di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi seperti 110%.

Perbedaannya adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Keuntungan dari penjualan obligasi ini bisa berlipat ganda jika dihitung secara efektif. Semua obligasi dapat diperdagangkan di pasar sekunder sehingga Anda dapat memperoleh pendapatan bunga yang stabil.

Beli dan simpan

Strategi ini juga sangat efektif bagi Anda jika ingin sukses berinvestasi di obligasi. Anda dapat menyimpannya dan tidak menjualnya kembali di pasar sekunder. Langkah ini sangat masuk akal dengan tujuan seluruh modal dan membayar bunga tetap. Memegang sekuritas utang hingga jatuh tempo menghasilkan penerimaan bunga.

✅Baca Juga:  9 Tips Investasi Properti untuk Pemula 2021

Dengan strategi ini, investor tidak perlu khawatir dengan dampak perubahan suku bunga di pasar obligasi. Kalaupun nilainya naik, sehingga nilai obligasi turun, investor bisa yakin masih akan menerima kupon sesuai dengan perjanjian jatuh tempo. Jika Anda ingin membuat penjualan kembali, Anda harus mempertimbangkan kembali.

Memilih penerbit tepercaya

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih publisher yang terpercaya. Ini sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang benar-benar terjamin pada saat eksekusi. Obligasi atau surat utang ini diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah yang menerima serangkaian suntikan dana yang digunakan untuk ekspansi, pengembangan, atau tujuan lain perusahaan.

Bahkan jika terjadi kegagalan, salah satu risiko yang diterima cukup besar. Untuk menghindari hal seperti ini, sangat penting bagi Anda untuk menghindarinya. Anda dapat melakukan ini dengan cermat dan hati-hati dalam memilih penerbit tepercaya.

Rumah penerbit yang dapat dipercaya lebih disukai oleh investor karena mereka memiliki solvabilitas sendiri. Hindari penerbit dengan rekam jejak yang tidak jelas dan jangan sembarangan memilih penerbit untuk keuntungan besar.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di obligasi, ada beberapa tips di atas yang bisa Anda ikuti agar sukses. Anda pasti akan mendapat manfaat dari ini jika Anda mengoperasikannya secara efektif. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari satu investasi tersebut. Banyak orang telah membuktikan kesuksesan mereka dengan berinvestasi di obligasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.