Tips Membangun Blog dan Website di Tahun 2021 Yang Benar

KABARMEDANKU.com – Hay sahabat blogging, bertemu lagi dengan kami di website ini untuk membahas informasi tentang membangun blog dan website yang baik untuk pembaca dan rama seo friendly.

Nah, di artikel ini kami akan bahas secara bertahap seperti apa tahap awal memulai membangun blog dan website di tahun 2021 yang terbilang sudah sangat populer di miliki oleh setiap orang.

Mungkin selama ini anda hanya berperan sebagai seorang pembaca, tetapi anda juga bisa mencoba untuk menjadi blogger dan menulis informasi dan tips yang anda inginkan.

Mudah sebenarnya belajar ngeblog, asalkan anda mau konsisten dan tekun. Mari kita mulai dari tahap paling awal sebelum masuk ke pembuatan blog.

Tahap Awal Memulai membangun Blog atau Website di tahun 2021

Penting untuk diketahui, pada artikel ini kami tidak memberikan cara instan memiliki blog keren, namun kami jelaskan secara detail sehingga anda bisa benar-benar paham dan siap memiliki blog sukses kedepannya.

Tentukan Kategori dan Nama Blog Anda

Pada tahap pertama ini anda wajib sekali menentukan kategori blog apa yang akan dibuat, sekarang kalau anda searching di internet bisa menemukan ratusan bahkan ribuan kategori blog yang bermacam-macam mulai dari kesehatan, keuangan, tips android, forex, perbankan dan lain-lain.

Nah, disini anda harus menentukan kategori sesuai dengan kesukaan maupun passion anda sendiri, contohnya kalau hoby gambar bisa juga memberikan tips menggambar dan berbagi hasil gambar, hoby dengan otomotif bisa memberikan tutorial dan berita otomotif dan lain-lain.

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah memberikan nama blog anda, cek terlebih dahulu apakah nama yang anda pilih sudah ada di internet atau belum, jika tidak ada bisa anda pakai.

Pastikan menggunakan nama yang unik dan belum dipakai orang lain. Ingat, dalam membuat nama blog tidak boleh menggunakan nama instansi lain, menggunakan nama brand lain maupun merek terkenal lainnya. Gunakan nama pribadi jika perlu, namun kalau sudah punya nama unik bisa dipakai juga.

✅Baca Juga:  10 Template Blog SEO Friendly di Tahun 2021

Pilih Pakai Blogger atau Pakai WordPress ?

Nah pilihan kedua sebelum anda memutuskan untuk belajar ngeblog, silahkan tentukan dulu platform yang paling mudah digunakan. Saran dari saya gunakan dulu blogger.com, karena ini miliki google dan tentunya gratis dipakai selamanya.

Asalkan saja anda sudah memiliki akun gmail, maka anda bisa membuat akun blogger dengan mudah. Kenapa tidak memakai wordpress saja?

WordPress ini merupakan paltform berbayar, meskipun ada yang gratisan namun jauh lebih maksimal kalau anda manfaatkan dulu blogger dari google.

Nanti kita akan bahas seperti apa perbedaan keduanya, yang pasti banyak blogger pemula yang memakai www.blogger.com untuk memulai karirnya.

Tentukan Nama Domain Anda

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kita bahas adalah menentukan nama domain, apa sih nama domain ? Merupakan instasi yang biasa kita temukan di internet sebagai identitas kempemilikan sebuah blog, biasanya setiap blogger memiliki nama domainnya masing-masing dengan nama-nama unik dan branded.

Contoh seperti : Kompas.com, Detik.com, Tribunnews.com. Domain ini yang paling disoroti ada penggunaan instansi seperti .COM, NET,ORG, CO.ID, ID, dan lain-lain.

Nah saran untuk blogger pemula yang mana? Kami sarankan pakai yang murah-murah dulu seperti MY.ID dan COM. Mendapatkan atau membeli domain bisa langsung dari Niagahoster dan ID WEBHOST.

Disana mereka menyediakan nama domain murah dengan harga perpanjangan yang tetap. Silahkan dicoba saja.

Mendaftarkan Nama Domain

Setelah semua persiapan sudah selesai, sekarang anda tinggal mendaftarkan nama domain tadi ke niagahoster maupun idwebhost, silahkan pilih dari kedua penyedia nama diomain ini.

✅Baca Juga:  Cara Jitu Agar Blog Ramai Pengunjung

Keduanya memiliki pelayanan yang baik dan cepat, jika kesulitan untuk menyambungkan nama domain ke blogger, minta bantuan cs yang bertugas.

Pasti akan dibantu dan anda siap memulai menjalankan aktivitas blogging. Sampai disini anda sudah selesai dan pastinya sudah siap untuk ngeblog.

Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster

Penting untuk diketahui, setiap blog baru yang selesai dibuat biasanya membutuhkan waktu tertentu agar bisa terindeks oleh mesin pencari baik itu google dan bing.

Nah, ada salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempercepat proses indeks yaitu mendaftarkan blog anda ke webmaster google. Akan kami ulas juga tutorial mendaftarkan blog ke webmaster di website ini, jadi pantau terus update harinnya yah.

Jangan sampai ketinggalan. Tools yang tidak kalah penting selain webmaster, ada juga seperti google analytic, alexa, smalltools untuk menganalisa perkembangan blog anda secara berkala.

Pada intinya, kedua tools dari google seperti webmaster dan analytic ini sangatlah berguna membantu google mendapatkan analisa blog yang anda kelola sampai detik ini.

Memasang Template Blog dan Mengatur Setelan

Langkah berikutnya setelah semua proses diatas sudah selesai, silahkan anda siapkan template yang nantinya akan digunakan sebagai tampilan utama dari blog anda.

Tampilan template ini bisa anda dapatkan secara gratis langsung dari platform blog, namun anda juga bisa membelinya secara premium di beberapa penyedia template seperti goomsite dan sugengid.

Disana ada banyak sekali pilihan template premium yang bisa anda dapatkan dengan harga murah mulai dari 100.000 – 250.000 an saja. Kenapa saya menyarankan untuk memakai template premium? Karena yang gratisan saat ini kurang dilengkapi dengan meta seo, sehingga sulit membantu blog untuk merangkak di serp engine.

✅Baca Juga:  Tips Menentukan Nama Domain Sebuah Blog

Mulai Tentukan Konten dan Media Posting

Berikutnya setelah semuanya sudah siap dan lengkap, langkah paling utama untuk anda lakukan adalah mengisi web/blog yang kosong tadi dengan konten artikel dan media yang sudah disiapkan.

Perlu di ingat dalam menulis konten artikel ada beberapa persiapan penting yang tak lain adalah konsep, ide dan banyaknya kata yang perlu anda tulis.

Jika tujuan utama dari konten untuk menarik minat dan mengedukasi pembaca, kami sarankan gunakan setidaknya 800 – 1000 kata, sedangkan kalau konten untuk deskripsi produk kurang lebih 300 kata sudah cukup.

Fleksible saja sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda dalam membuat konten, paling tidak setiap harinya selalu ada postingan terbaru. Kami ingatkan juga untuk mensubmit artikel yang sudah dibuat lewat google webmaster, ini berguna sekali mempercepat proses indeking nantinya.

Optimasi Seo dan Perbaikan Lain-lain

Terakhir yang bisa anda lakukan setelah semua blog sudah memiliki konten dan sudah berjalan kira-kira 1 bulan lebih, selanjutnya lakukan hal penting agar blog siap bersaing dengan web-web lain di internet yaitu teknik seo.

Nah, belajar teknik seo ini memerlukan banyak waktu, tidak hanya 1 hari atau 2 hari saja. Bahkan pembahasan tentang seo akan kami ulas di website ini bertahap dari paling dasar sampai tingkat tinggi.

Itulah caranya untuk membangun blog dan website semoga bisa membantu kamu yang sedang mengembangkan web. Sekian informasi dari kami, Terimakasih.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.