Tips Membangun Toko Online Dari Platform WordPress

KABARMEDANKU.com – Apakah anda memiliki sebuah bisnis? Ketika memiliki bisnis, sebaiknya anda buat toko online platform wordpress terlebih dahulu. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada bisnis yang anda jalankan secara efektif.

Membangun toko online tentu tidak begitu sulit, hanya saja memerlukan waktu yang cukup panjang bilamana anda benar-benar ingin berhasil menjalankannya.

Banyak dari mereka yang tertarik untuk membangun toko online, hal ini memudahkan para pembeli yang ingin mendapatkan suatu produk dengan membelinya secara online tanpa harus datang langsung ke tempat.

Dalam membuat toko online sendiri ada banyak hal yang harus anda pelajari dengan baik. Dengan begitu, bisnis yang anda jalankan secara online nantinya akan berjalan dengan lancar.

Anda bisa membangun sebuah website toko online menggunakan wordpress. Banyak dari mereka yang tertarik menggunakan wordpress karena memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan platform lainnya.

Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin supaya toko online yang anda buat bisa berkembang secara efektif melalui platform wordpress yang digunakan.

Cara Membangun Toko Online Platform WordPress

Membangun toko online menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips membangun toko online platform wordpress yang dapat anda lakukan!

  • Siapkan Domain dan Hosting

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menyiapkan hosting dan domain terlebih dahulu. Domain sendiri menjadi pilihan yang menentukan untuk keperluan toko online milik anda.

Kedua hal tersebut menjadi elemen penting yang dimiliki sebelum membuat toko online. Dengan menggunakan domain nantinya akan mempermudah para pengunjung yang ingin datang ke web anda.

Berbagai macam domain yang bisa anda pilih seperti .com, .co.id, .net, dan masih banyak hal lainnya. Selain itu, anda juga harus menyiapkan hosting sebagai tempat atau ruko yang digunakan untuk menyimpan produk.

✅Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger

Dengan keamanan dan kekuatan hosting yang memadai sangat dibutuhkan guna mencegah adanya masalah seperti pencurian data, virus, dan potensi website down akibat muatan.

Anda bisa membeli hosting dan domain di penyedia layanan yang terpercaya. Ada banyak sekali penyedia domain dan hosting yang bisa anda pilih sesuai yang diinginkan. Pastikan anda memilih penyedia layanan yang aman dan terpercaya.

  • Install WordPress

Tips yang selanjutnya dapat anda lakukan adalah menginstall wordpress. Karena anda menggunakan platform wordpress, maka anda harus menginstall platform yang satu ini terlebih dahulu.

Dengan mengisntall CMS nantinya akan digunakan sebagai mesin website. Pada cara yang satu ini akan membuat website anda lebih efektif untuk toko online anda.

Dalam melakukan install wordpress cukup mudah untuk anda. Terdapat beberapa provider hosting yang bahkan memberikan fitur softaculous yang dapat anda gunakan untuk install wordpress dan CPanel.

Anda dapat membaca panduan lengkap dan cara install wordpress dengan melihat panduan yang ada. Atau anda juga bisa memanfaatkan youtube, karena ada banyak sekali tutorial yang bisa anda gunakan.

  • Buat Layout

Tips yang selanjutnya dapat anda lakukan adalah membuat layout yang merupakan cara pemilik web dalam menonjolokan kelebihan dari perusahaannya.

Idealnya, tata letak website dibuat unik dan juga elegan supaya konsumen mudah dalam melakukan pembelian di web anda. Dengan cara yang satu ini tentu akan lebih efektif dalam menyetting web milik anda.

Untuk membuat layout toko online bisa anda cari referensinya melalui website toko online yang sudah ada. Kemudian anda melakukan analisa mengenai bagian apa saja yang perlu ditambahkan atau dihilangkan.

Setiap orang pastinya memiliki pandangan tersendiri terkait toko online yang ingin dibuatnya. Anda bisa membuat tata letak sesuai yang diinginkan.

✅Baca Juga:  Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas di tahun 2021

Selain itu, ada juga beberapa fitur ideal dari toko online yang sederhana. Anda bisa mengecek di halaman produk, checkout, halaman informasi pembayaran, fitur chat, member area, dan masih banyak hal lainnya. Anda harus mengetahuinya secara efektif untuk menempatkan fitur secara efektif.

  • Install Plugin

Plugin akan dapat membantu anda dalam melakukan setting toko online. Dimana ada banyak sekali jenis plugin yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah install plugin WooCommerce yang direkomendasikan untuk toko online.

Plugin yang satu ini merupakan etalase toko yang dapat mengkoordinir tata letak barang, pelabelan harga, hingga pencatatan transaksi untuk setiap penjualan yang terjadi.

Plugin yang satu ini bisa anda dapatkan secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Meski gratis, sistem yang ada di dalamnya cukup powerfull dan cukup baik digunakan untuk toko online milik anda.

Namun itu tergantung dari diri anda sendiri ingin menggunakan plugin yang berbayar atau tidak. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Tambahkan Produk

Bilamana toko online yang sudah anda buat bisa digunakan, anda bisa menambahkan produk pertama. Menambahkan produk ke website menjadi salah satu hal yang sulit dilupakan.

Dimana hal seperti ini akan membuat penggunanya senang karena bisa memosting produk dalam toko online sendiri. Pebisnis online pastinya akan memilih produk unggulan yang dapat dijual nantinya.

Cara menambahkan produk sendiri cukup mudah untuk melakukannya. Anda dapat melakukannya dengan cara manual pada toko online milik anda.

Namun ada juga tools import yang dapat digunakan untuk menambahkan produk secara otomatis. Sehingga prosesnya akan menjadi lebih cepat untuk menambahkan produk yang ingin diposting pertama kali.

✅Baca Juga:  Cara Memilih Kategori Blog Yang Prospek di Tahun 2021

Dalam mempostik produk, jangan lupa juga untuk memberikan keterangan pada produk. Buatlah keterangan yang kiranya membuat pelanggan tertarik untuk membelinya.

Buatlah berbagai macam cara sesuai dengan kreativitas yang anda miliki untuk bisa membuat toko online anda semakin berkembang. Semakin banyak pengunjung maka semakin besar kesempatan produk anda yang laku.

  • Optimasi Website

Tips yang terakhir dapat anda lakukan adalah melakukan optimasi website agar bisa berada di halaman pertama Google. Siapapun yang memiliki bisnis online pastinya ingin laku di pasaran.

Khususnya google yang menjadi salah satu media pemasaran paling efektif. Toko online milik anda pun memiliki banyak kesempatan untuk bisa berada di bagian palinga tas.

Disini anda harus bisa melakukan optimasi website. Perlu pembelajaran yang lebih giat agar anda mampu meguasainya. Jadi tidak asal posting produk dan anda akan mendapatkan keuntungan.

Asal posting produk tentu cukup sulit untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan website milik anda berada di peringkat bawah.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk optimasi website, seperti halnya membuat konten berkualitas, melakukan link building, mempercepat loading website, dan lain sebagainya.

Banyak hal yang perlu anda pelajari agar website anda bisa berada di halaman pertama Google. Dengan begitu, potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung pastinya akan semakin besar.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membangun toko online dari wordpress. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.