Tips Memilih Domain Blog Yang Benar di Tahun 2021

Dalam dunia blogging dikenal dengan istilah DOMAIN atau top level domain yang tentunya menjadi bagian penting dari komponen blog maupun website.

Dengan penggunaan domain inilah sebuah alamat atau situs bisa diakses, menariknya untuk sekarang ini anda bisa menggunakan banyak pilihan ekstensi domain dari yang paling murah harganya sampai yang paling mahal.

Setiap ekstensi domain memiliki karakterisik tersendiri dalam penggunaanya, mulai dari yang sifatnya personal sampai yang komersil. Nah, mari kita bahas seperti apa panduan memilih nama domain yang bagus dan seo di tahun 2021 ini. Silahkan simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Panduan Lengkap memilih Nama Domain Blog di tahun 2021

Penting untuk diketahui, memilih nama domain itu tidak bisa sembarangan karena ini berhubungan dengan brand anda nantinya.

Jika domain yang akan anda gunakan untuk sekedar berbagi informasi, maka tidak ada salahnya anda memakai yang lebih murah dalam biaya layanan per tahun, namun kalau anda ingin menggunakan sebagai web jual beli atau bisnis, ada baiknya pakai yang mudah di ingat dan paling populer digunakan. Kita mulai dari yang pertama yaitu.

Kebutuhan Nama Domain

Sebelum memutuskan untuk membeli domain di penyedia layanan, anda harus memikirkan terlebih dahulu kebutuhannya untuk apa.

Jika untuk personal maka silahkan tentukan dulu akan diberi nama apa blog atau website anda nantinya, karena jelas ini akan berhubungan di masa mendatang.

Kemudian yang kedua kalau domain ini nanti akan dipakai sebagai web jual beli online, pastikan yang mudah untuk di ingat. Contoh disini saya akan memberikan gambaran domain untuk website jual kaos.

Saya memiliki dua domain “ www.jualkaos.com “ dan “www.jualkaos.site “. Nah, kalau dari kedua domain ini jelas pengunjung akan memilih yang memakai ekstensi .com, karena menurut mereka ini adalah ekstensi yang populer dan bisa dipercaya dibandingkan .site.

✅Baca Juga:  Istilah-Istilah Penting dalam Dunia Blogger

Tingkat kepopuleran menjadi pertimbangan untuk anda gunakan saat ini, contoh lagi “ www.jualcelana.xyz “ dengan “ www.jualcelana.com “. Kami yakin kalau anda disuruh memilih akan pilih yang kedua, menggunakan ekstensi .com.

Pertimbangan harga perpanjangan setiap tahunnya

Hal penting lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah mengenai biaya perpanjangan atau langganan untuk per tahunnya.

Tidak menutup kemungkinan untuk biaya layanan maupun langganan bisa berbeda dengan pembelian pertama dari domain yang anda miliki.

Contoh untuk domain .com ini rata-rata dijual dengan harga Rp. 125.000 dari setiap penyedia domain yang ada di Indonesia, sedangkan domain seperti ID dan CO.ID jatuhnya lebih mahal karena domain ini cukup ringkas, simple dan cirikhas Indonesia.

Tentukan saja sesuai dengan budget anda masing-masing dengan tetap memperhatikan poin yang pertama. Tetapi kalau anda tidak memikirkan point yang pertama tadi, silahkan bebas pilih domain yang ingin anda gunakan dengan harga paling murah seperti XYZ per tahun hanya 14.000 rupiah saja. Menarik bukan ? Silahkan dicoba.

Pertimbangkan dengan kategori anda

Banyak dari kita para blogger yang seringkali lupa dengan kategori blog yang kita miliki, kadang ketika membeli domain selalu bersimpangan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Contoh gambarannya seperti ini, sepengathuan saja domain.COM ini biasanya dipakai untuk kategori yang cangkupannya luas atau bisa diterima untuk semua kategori yang ada, itulah kenapa .com sangat populer sampai di tahun 2021 ini.

✅Baca Juga:  Tips Membangun Toko Online Dari Platform Wordpress

Kemudian ada juga domain yang bisa berhubungan dengan kategori blog.

Contoh seperti kategori games anda bisa menggunakan domain yang berhubungan seperti halnya.ONLINE maupun .NET, atau kalau anda seorang penjual buku online, bisa juga pakai domain.

Contoh lainnya kalau anda seorang blogger yang menyediakan streaming film gratisan bisa dengan domain .TV. Nah ada banyak kategori domain yang bisa disesukan dengan keperluan dan niche blog kita.

Pada akhirnya, ini akan membuat blog memiliki ciri khas sendiri karena sudah menggunakan nama domain yang mudah di ingat dan pasti sesuai kategori. Silahkan dipikirkan terlebih dahulu.

Domain yang mudah dioptimasi

Pertanyaanya apakah domain seperti xyz dan site ini mudah dioptimasi ? Jawabannya hampir semua domain bisa dioptimasi. Kata “optimasi “ ini sebenarnya tergantung dari setiap pengembang masing-masing, jika pengembang melakukan optimasi bukan tidak mungkin kalau nanti domain bisa bersaing dengan baik di serp engine.

Saya seringkali menemukan domain dengan harga murah seperti my.id, xyz dan site mampu menempati posisi paling atas dari sistem pencarian google, dari sini sebenarnya bisa terlihat jelas bahwa domain bukan menjadi tolak ukur dalam hal SEO, tetapi pengembang atau pemilik situs itu sendirilah yang nantinya akan menentukan.

Jika pemilik situs rajin update dan mencari backlink, kami rasa semakin tinggi  PA DA blog, maka domain yang dioptimasi akan mudah bersaing di serp google. Semua itu tergantung dari pemilik situs, domain apapun yang anda miliki memiiki peluang yang sama untuk bisa bersaing.

Tempat membeli domain terbaik

Berdasarkan pengalaman kami dalam membeli domain, ada banyak pertimbangan yang jelas selalu kami pikirkan dengan matang. Pertama tentang bertahannya perusahaan tersebut, kedua tentang proses pemasangan domain dan ketiga tentang harga layanan.

✅Baca Juga:  Cara Setting Blog Yang Benar Saat Awal Pembuatan

Kita bahas pertama terlebih dahulu, saya pernah memiliki pengalaman membeli domain dari seorang yang ada di Facebook ektensi .com dengan harga kisaran 50 ribu, benar memang domain bisa digunakan dan allhasilnya sudah berjalan 1 tahun dan tepat pada waktu perpanjangan, penyedia domain sudah tidak bisa diakses kembali atau situs tempat parkir domain tidak dapat diakses, selanjutnya domain saya tidak bisa dipakai kembali.

Nah hal seperti ini menjadi pertimbangan kita sebelum memutuskan untuk membeli domain, ada baiknya anda membeli ditempat yang kiranya aman dan bisa bertahan bertahun-tahun lamanya, karena website atau blog yang kita bangun ini menjadi masa depan penghasilan sehari-harinya.

Kemudian saya bahas yang kedua yaitu tentang proses pemasangan domain, ada beberapa penyedia layanan yang memberikan jasa pasang secara gratis dan ada yang tidak sama sekali.

Untuk itu, anda harus mempertimbangan dari segi layanan, jika mereka mau membantu anda maka bisa dipastikan pelayanan bagus dan patut untuk anda pilih sebagai penyedia nama domain yang berkualuitas.

Terakhir adalah soal biaya layanan perpanjangan yang kami rasa seringkali berubah setiap tahunnya, benar adanya kalau ini sangatlah wajar terjadi.  Tetapi pertimbangan dan selektif, dengan memilih yang mungkin terbilang murah namun pelayanan maksimal dibandingkan harga mahal tetapi pelayanan buruk.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa anda jadikan sebagai acuan dalam menentukan nama domain sebuah blog. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dalam belajar mendalami dunia blogging. Terimakasih dan sampai bertemu lagi di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.