Tips Menentukan Nama Domain Sebuah Blog

KABARMEDANKU.com – Apakah anda ingin menjadi blogger, untuk menjadi seorang blogger anda harus menentukan nama domain yang sesuai dengan keinginan dan brand sendiri.

Banyak dari mereka yang tertarik untuk terjun ke dunia blogger. Hal ini dikarenakan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bilamana menjadi blogger.

Anda bisa memanfaatkannya secara efektif, khususnya bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan secara online. Menjadi blogger tentu adalah pilihan yang paling tepat untuk anda lakukan.

Selain memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan, ada juga blogger yang hanya sekedar mengaplikasikan karya tulisannya melalui sebuah blog.

Mereka yang suka menulis bisa diunggah melalui blog yang dibuatnya untuk diketahui oleh banyak orang. Hal ini tentu akan menjadikan keuntungan tersendiri bagi anda pastinya.

Ada banyak hal yang harus anda pelajari tentang dunia blogger. Pada awal-awal, anda akan menentukan domain yang bakal digunakan terlebih dahulu.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya juga yang cukup penting untuk anda terapkan secara efektif. Bilamana anda mampu menguasainya dengan baik, maka akan sangat menguntungkan bagi anda yang terjun ke dunia blogger.

Tips Menentukan Domain Blog

Bagi anda yang ingin membuat blog, anda harus menentukan domainnya terlebih dahulu. Hal ini menjadi salah satu langkah penting yang harus anda pahami dengan baik. Tentukan sesuai keinginan anda sendiri supaya lebih efektif.

Bagi anda yang masih bingung menentukan domain, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menentukan domain blog!

  • Buat Yang Singkat dan Mudah Diingat

Tips yang pertama dapat anda lakukan adalah membuat domain yang singkat dan juga mudah diingat. Sebetulnya anda bebas dalam memilih domain untuk panjang dan juga pendeknya nama domain.

Namun akan lebih efektif jika anda menggunkan yang singkat dan mudah diingat saja. Dengan menggunakan satu atau dua kata menjadi pilihan yang paling efektif.

✅Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Platform Wordpress

Nama domain yang pendek juga akan lebih diingat oleh orang-orang. Mereka yang baru saja membaca domain milik anda akan langsung nyantol ke dalam otak.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk domain yang anda gunakan. Domain yang singkat dan mudah diingat menjadi pilihan yang paling tepat untuk anda pilih.

  • Domain Mudah Diketik

Domain yang mudah diketik juga menjadi salah satu tips yang penting untuk anda terapkan. Pastinya seseorang akan mengetikan nama domain milik anda bila ingin mengunjunginya kembali.

Namun bila penulisan domain yang anda buat ribet, kesalahan yang besar kemungkinan bisa saja terjadi.

Domain yang mudah diketik berarti tidak mengandung symbol di dalamnya. Selain itu, nama domain yang dibuat biasanya hanya berupa kata saja tanpa ada singkatan tertentu yang menjadikan nama domain sulit diketik di kolom pencarian.

Sangat penting bagi anda untuk menerapkan tips yang satu ini.

  • Selipkan Kata Kunci Bila Perlu

Kata kunci pada domain jarang yang menerapkannya. Namun bilamana masih belum banyak digunakan, anda bisa menerapkan kata kunci di dalam blog anda supaya pengunjung lebih mudah datang ke blog anda.

Sebagai pemilik usaha pastinya ingin usahanya mudah ditemukan oleh orang-orang di pencarian Google. Anda bisa berkesempatan untuk meletakan kata kunci di dalam domain yang dibuat. Hal ini akan membantu blog anda berada di bagian atas yang lebih populer.

  • Gunakan Nama Brand Sebagai Domain

Setiap bisnis biasanya memiliki nama brand tersendiri. Hal ini menjadikan ciri khas dari bisnis yang dijalankannya. Brand dapat membuat bisnis diingat oleh masyarakat bilamana sudah mulai berkembang.

Bagi anda yang membuat domain untuk bisnis, menggunakan nama brand menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda lakukan.

✅Baca Juga:  10 Template Blog SEO Friendly di Tahun 2021

Bagi anda yang sudah memiliki nama brand sendiri, gunakan saja nama brand anda untuk domain website milik anda. Selain memungkinkan terkenal, pihak lain juga tidak dapat menggunakan domain dengan nama brand milik anda kedepannya.

Cara yang satu ini tentu akan sangat efektif untuk anda lakukan.

  • Pikirkan Nama Yang Relevan

Menentukan nama domain sepertinya menjadi salah satu hal yang lumayan sulit untuk dilakukan. Dimana anda perlu memikirkannya terlebih dahulu sebelum membuat brand tersendiri.

Relevansi pemilihan domain sangat penting untuk anda perhatikan. Dimana anda harus membuat naman domain yang relevan dan juga tepat untuk web milik anda.

Seperti halnya bisnis anda berputar ahluan dari menjual sabun herbal menjadi penyedia pewangi alami. Padahal anda sebelumnya memiliki nama domain sabunherbal.com tentunya domain tersebut tidak akan cocok untuk brand yang anda ubah menjadi pewangi alami.

Maka dari itu, domain yang relevan sangatlah penting untuk anda tentukan.

  • Cantumkan Nama Daerah Bila Perlu

Bilamana anda menjalankan sebuah bisnis di daerah tertentu, menggunakan nama domain yang berkaitan dengan nama daerah menjadi pilihan yang sangat tepat. Anda bisa memasukan nama daerah ke dalam domain yang ingin anda buat.

Seperti halnya anda akan menjalankan bisnis di wilayah Purbalingga, maka anda bisa menyelipkan kata Purbalingga supaya lebih efektif. Dengan cara yang satu ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk anda lakukan.

  • Gunakan Ekstensi Yang Sesuai

Huruf yang berada di belakang domain juga harus anda tentukan sendiri sesuai yang diinginkan. Beberapa diantaranya seperti .org, .com, .net, .co, .me, dan masih banyak yang lainnya. Disini anda harus bisa menentukan domain di bagian belakang yang tepat untuk anda pilih.

✅Baca Juga:  Cara Mendapatkan Kunjungan Traffik dari Facebook

Masing-masing jenis domain memiliki fungsi tersendiri yang bisa anda tentukan sesuai keinginan anda. Namun kebanyakan orang-orang memilih domain yang sering digunakan, yakni .com. Namun anda bisa memilih domain sesuai keinginan anda sendiri.

  • Pastikan Domain Belum Digunakan Orang Lain

Sebelum membeli domain, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa domain yang akan anda buat belum dimiliki oleh orang lain. Banyak hal yang perlu anda pahami dalam menentukan domain, khususnya hal ini.

Biasanya ketika anda membeli domain akan ada keterangan apakah domain yang akan anda gunakan sudah dibeli atau belum. Bila belum, anda bisa segera membelinya dan menjadikan domain milik anda.

Menghindari nama domain yang belum dimiliki oleh orang lain menjadi pilihan yang sangat penting untuk anda lakukan. Anda bisa menggunakan beberapa situs yang dapat mengecek apakah domain yang digunakan sudah pernah dibeli oleh orang lain atau belum.

  • Beli Domain Yang Sudah Ditentukan

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah membeli domain yang sudah ditentukan. Cari situs penyedia layanan domain sesuai keinginan anda, masing-masing situs memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda bisa memilih sesuai yang diinginkan.

Bila sudah melakukan pembelian, anda tinggal membayar domain tersebut dan menerapkan pada blog atau web milik anda. Dengan begitu,, anda sudah bisa menggunakan domain tersebut.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa tips membeli domain yang efektif. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni : kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.