Tips Menulis Konten Artikel yang Berkualitas

KABARMEDANKU.com – Ngeblog bukanlah sesuatu yang sulit dalam menulis konten artikel, banyak diantara kita yang terkadang memiliki presepsi demikian tanpa mau mencobanya terlebih dahulu.

Nah, pada kesempatan ini kami akan melanjutkan pembahasan artikel tentang panduan belajar ngeblog sampai menghasilkan uang dengan membahas poin utama yang tak lain adalah tips menulis konten artikel berkualitas.

Berdasarkan pengalaman para blogger diluar sana, menulis artikel bukanlah sesuatu yang mudah karena dalam setiap ketikan yang dibuat harus terkonsep dengan baik dan mengandung banyak komponen yang lengkap.

Silahkan anda pahami terlebih dahulu panduan menulis artikel blog yang berkualitas dibawah ini.

Apa Pentingnya Artikel dalam Sebuah Blog ?

Tidak sedikit yang selalu bertanya kepada kami tentang pentingnya artikel untuk sebuah blog, secara umum istilah konten artikel ini mengacu pada isi blog yang sedang kita kelola dari awal pembuatan sampai dititik dimana blog tersebut produktif untuk menghasilkan uang.

Konten adalah segalanya, karena tanpa sebuah konten, blog anda seperti kotak kosong yang tidak memiliki fungsi apapun kecuali di isi.

Konten artikel berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan sebuah blog, contoh simple saja untuk website besar seperti portal berita, berlomba-lomba untuk memasok konten artikel setiap harinya kurang lebih 5 – 10 konten per hari.

Hal ini dilakukan demi membuat pembaca mereka selalu mendapatkan konten fresh setiap harinya. Selain itu juga, konten artikel akan membantu anda mencapai tujuan ngeblog di kemudian hari, baik itu sebagai blog personal maupun blog bisnis.

Panduan Menulis Konten Artikel Berkualitas

Secara umum ada banyak sekali blogger diluar sana yang menyediakan tips hingga panduan menulis artikel berkualitas, terlepas dari itu semua, kami disini juga akan memberikan tips yang sama namun berbeda versi.

✅Baca Juga:  Keuntungan Daftarkan Blog ke Webmaster dan Google Analisis

Panduan yang kami berikan lebih ke teknik penulisan yang kiranya bisa diterima oleh pembaca dan tentunya tidak mengurasi optimasi seo pada blog anda.

Silahkan pahami dengan baik panduan yang akan kami berikan ini, karena jarang sekali pengalaman blogger profesional dituangkan di konten website.

Tentukan Konsep dan Ide Artikel

Sekali lagi, untuk mendapatkan karya novel maupun cerpen yang bagus dan berkualitas, maka seorang seniman harus berpikir matang untuk menentukan konsep dan ide.

Sama halnya dengan seorang blogger, ketika ingin mendapatkan artikel dengan kualitas diatas rata-rata jelas harus berpikir keras demi mendapatkannya.

Namun itu semua tergantung dari diri anda ingin memilih cara yang mana, apakah ingin memilih cara cepat dengan menggunakan materi viral / yang sedang trend sekarang, atau mungkin ingin merumuskan ide sendiri dengan melihat prospek kedepan.

Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menentukan konsep maupun ide menulis konten artikel.

  • Menggunakan rekomendasi google trend untuk mendapatkan ide konten artikel
  • Menggunakan materi yang sedang viral atau banyak dibahas
  • Menggunakan konsep “ evergreen “ atau konten yang tidak mudah termakan waktu
  • Atau bisa saja sesuai dengan pengalaman pribadi dari pemilik blog

Silahkan gunakan semua cara diatas yang menurut anda mudah dilakukan, pada dasarnya ini akan membantu anda dalam menentukan ide artikel terbaik. Karena rata-rata saat ini banyak blog dengan isi artikel yang secara umum biasa-biasa saja.

Perhatikan Teknik Penulisan dan Target Pembaca

Sekali lagi dalam menulis artikel tidaklah sembarangan, anda harus bisa mengetahui target pembaca dan teknik penulisan yang benar.

Contoh saja disini kalau sasaran utama anda adalah pembaca dengan rentan umur 18 tahun keatas, maka gunakan tata bahasa yang lebih semi formal, ini untuk membuat artikel anda lebih profesional dan terlihat berpengalaman.

✅Baca Juga:  Tips Membangun Toko Online Dari Platform Wordpress

Membahas hal-hal yang mungkin belum sama sekai diketahui oleh pembaca, dan perlu di ingat selalu berikan solusi jika itu adalah artikel panduan / tips.

Jika artikel edukasi, maka gunakan kesimpulan dan saran terbaik untuk para pembaca anda. Penting juga dalam teknik penulisan, perhatian unsur tanda baca dari setiap paragraf yang anda ketik, karena ini penting sekali untuk membatasi informasi yang ingin anda sampaikan.

Idealnya Konten Artikel Blog

Umumnya konten artikel memiliki jumlah masing-masing kata yang cukup beragam, tergantung dari setiap pembahasannya.

Contoh untuk artikel deskripsi produk biasanya memiliki rata-rata banyak kata sekitar 300 an, sedangkan untuk artikel tutorial bisa mencapai 700 – 1000 kata dan artikel dengan bahasan panduan bertahap bisa sampai 3000 kata.

Sekali lagi, kualitas yang akan menentukan apakah artikel anda berbobot atau tidak. Jumlah kata itu relaktif, jika anda ingin “ to the point “ maka bahas dengan jumlah yang sedikit misalnya 400 – 500 kata saja. Ini sangatlah fleksible sesuai dengan kebutuhan anda, yang pasti isi maupun inti bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Struktur Penulisan Artikel

Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia blogging, perlu di ingat bahwa dalam menulis artikel harus memperhatikan yang namanya struktur konten.

Jangan pernah berpikir kalau artikel website/blog itu sama persis dengan konten-konten yang ada di media massa seperti halnya majalah, buku cerita, koran dan lain-lain.

Ada bumbu-bumbu SEO yang perlu diperdalam disini, terlebih penggunaan keyword yang tepat dan tertaget, sehingga artikel anda bisa bersiang di serp engine dan mudah ditemukan pembaca. Mari kita lihat seperti apa penulisan artikel yang baik.

  • Judul harus mengandung keyword target yang tentunya ini sangat penting sekali untuk diterapkan dalam sebuah blog. Sebagai contoh seperti ini “ Cara Membuat Artikel Berkualitas “. Secara tidak langsung judul yang sudah anda buat ini mengandung kata kunci yang banyak dicari pembaca, membuat maupun menulis artikel yang dasarnya banyak dibutuhkan dalam dunia blogging.
  • Berikutnya yang tidak kalah penting adalah penggunaan kata diawal paragaf, anda bisa langsung masuk ke materi ataupun menggunakan basa basi terlebih dahulu. Namun ingat tetap menyematkan keyword karena ini akan meningkatkan peluang konten anda ditemukan di mesin pencari. Contoh “ hay gaes bertemu lagi dengan kami disini, pada artikel ini kami akan membahas cara membuat artikel “. Nah misalnya seperti itu.
  • Kemudian penggunaan media juga sangatlah penting untuk membuat konten anda lebih berbobot dan bagus dimata google, contoh saja menerapkan minimal 2 gambar milik sendiri bukan hasil comot google. Tempatkan pada awal judul dan bisa bagian tengah konten anda.
  • Selanjutnya adalah Heading atau biasa dikenal dengan istilah H2-H3-H4 dst. Gunakan kata sub keyword untuk pembuatan heading, kalau judul utama tadi “ Cara membuat artikel blog “, maka pada heading bisa dengan kata-kata “ Panduan menulis artikel blog “. Sehingga semua sasaran kata kunci bisa didapatkan.
✅Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Platform Wordpress

Nah sekian informasi dari kami mengenai teknik pembuatan artikel berkualitas di blog baru. Terimakasih.

Untuk Pembahasan Tentang Blog Kamu Bisa Baca Lebih Lanjut disni: kabarmedanku.com

Dapatkan update harian dan update berita pilihan dari Medanku.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Medanku.com Berita Terupdate”. Klik link https://t.me/kabarmedanku untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.